Kerap Abai, Ini 5 Penyakit yang Menyasar Kesehatan Pekerja Kantoran

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 Januari 2023

“Tuntutan pekerjaan yang membuat seseorang duduk terlalu lama, menatap layar seharian, ditambah gaya hidup tidak sehat membuat para pekerja kantoran rentan terserang penyakit. Beberapa penyakit pekerja kantoran yang umum, antara lain Carpal Tunnel Syndrome, sakit punggung, mata tegang, dan masih banyak lagi.”

Kerap Abai, Ini 5 Penyakit yang Menyasar Kesehatan Pekerja KantoranKerap Abai, Ini 5 Penyakit yang Menyasar Kesehatan Pekerja Kantoran

Halodoc, Jakarta – Duduk di depan meja dan bekerja sambil menatap layar komputer atau laptop hampir sepanjang hari tentu bisa menyebabkan risiko kesehatan tertentu. Belum lagi, tuntutan pekerjaan yang berat yang sering kali membuat stres. Itulah mengapa bila tidak menjaga kesehatan dengan baik, para pekerja kantoran rentan terserang penyakit.

Ada banyak penyakit yang bisa menyerang kesehatan pekerja kantoran, mulai dari yang ringan hingga masalah serius. Sebagian besar penyakit tersebut disebabkan oleh tuntutan pekerjaan yang membuat para pekerja lebih banyak duduk dan menatap layar gadget.

Namun, gaya hidup yang tidak sehat pun juga berperan besar dalam meningkatkan risiko penyakit. Karena itu, yuk ketahui penyakit pekerja kantoran apa saja yang perlu diwaspadai di sini!

Berbagai Penyakit yang Menyerang Pekerja Kantoran

Berikut beberapa penyakit yang umum terjadi pada pekerja kantoran:

1. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Carpal tunnel syndrome menjadi masalah yang sangat umum di kalangan pekerja kantoran modern saat ini. Hal itu karena mereka cenderung sering melakukan gerakan berulang-ulang, seperti mengetik, yang bisa memberi tekanan pada saraf median.

Ini adalah saraf di pergelangan tangan yang menyalurkan perasaan dan gerakan ke bagian tangan. CTS bisa menyebabkan rasa nyeri, kesemutan, mati rasa atau kelemahan di bagian pergelangan tangan dan sekitarnya. 

Untungnya, kondisi tersebut bisa diobati dengan melakukan fisioterapi. Namun, daripada mengobati, lebih baik cegah penyakit pekerja kantoran tersebut dengan cara melakukan peregangan tangan dan ambil waktu istirahat secara teratur selama bekerja.

2. Sakit punggung

Coba perhatikan postur tubuh kamu selama duduk bekerja di kantor. Bila kamu cenderung duduk membungkuk saat bekerja, kamu berisiko tinggi untuk mengalami sakit punggung.

Sebagian besar pekerja kantoran tanpa sadar memiliki postur tubuh yang buruk saat bekerja. Hal itu bisa disebabkan oleh peralatan kantor yang tidak memadai maupun kurangnya kesadaran untuk mempertahankan postur tubuh yang baik. 

Duduk membungkuk selama berjam-jam bisa memberi banyak tekanan di sekitar pinggul dan punggung. Apalagi bila ditambah dengan jarang bergerak.

Itulah mengapa salah satu penyakit yang sering dialami oleh pekerja kantoran adalah nyeri punggung.

Untuk mencegahnya, kamu dianjurkan untuk beristirahat sejenak dan melakukan peregangan.

Kamu juga bisa berdiri dan mengambil air minum agar lebih banyak bergerak. Selain itu, gunakan lah bantal penyangga pinggang untuk mengatasi sakit punggung.

3. Mata Tegang

Karena pekerjaan kantoran biasanya mengharuskan bekerja di depan layar sepanjang hari, mata tegang menjadi penyakit yang umum dialami para pekerja.

Ketegangan mata biasanya dikaitkan dengan mata kering dan sensasi nyeri. Ini bisa terjadi akibat menatap layar komputer dalam waktu lama.

Namun, jangan khawatir, mata tegang bisa dihindari dengan mengatur pencahayaan yang tepat di meja dan mengatur tingkat kecerahan layar komputer.

Selain itu, istirahatkan mata kamu dengan aturan 20-20-20, yaitu setiap 20 menit alihkanlah fokus pandangan kamu ke sesuatu yang berjarak 20 kaki selama 20 detik.

4. Infeksi Virus atau Bakteri

Ketika berbicara tentang tempat paling kotor, kamu mungkin akan langsung membayangkan toilet. Namun, tahukah kamu bahwa kantor memiliki lebih banyak bakteri dan kuman yang 400 kali lebih kotor  daripada toilet?

Kantor, khususnya meja kerja, merupakan tempat yang penuh kuman. Hal itu seringkali disebabkan oleh kebiasaan jarang membersihkan meja setelah makan.  Akibatnya, sisa-sisa makanan atau remah-remah bisa menarik tikus, kecoa, yang menyebabkan paparan kuman yang tidak disengaja.

Menurut ahli, ponsel adalah barang paling kotor yang ada di meja kerja kamu, diikuti dengan keyboard, dan mousse, serta komputer. Nah, bila kamu juga malas mencuci tangan sebelum makan atau setelah makan, kamu akan berisiko tinggi untuk terserang infeksi bakteri atau virus.

Jadi, mulailah menjaga kebersihan meja kerja kamu dan lingkungan kantor agar terhindar dari penyakit pekerja kantoran tersebut.

5. Obesitas

Meskipun ini bukan penyakit, tapi ini adalah kondisi umum yang dialami para pekerja kantoran yang bisa meningkatkan risiko mereka untuk terserang berbagai penyakit serius.

Kurangnya aktivitas fisik, meningkatnya kadar stres, dan meningkatnya konsumsi junk food merupakan beberapa penyebab obesitas di tempat kerja di seluruh dunia.

Berat badan yang berlebih ini merupakan faktor utama peningkatan kadar kolesterol jahat dalam darah, pembekuan darah dan kondisi medis lainnya. Hal itu juga merupakan kontributor utama untuk disfungsi ereksi pada para pria.

Karena itu, cobalah untuk menjaga berat badan tetap sehat dengan berolahraga secara rutin dan mengonsumsi makanan sehat.

Itulah berbagai penyakit pekerja kantoran yang umum terjadi. Bila kamu mengalami salah satu masalah kesehatan pekerja di atas, sebaiknya segera berobat ke dokter agar tidak mengurangi produktivitas.

Kamu bisa memeriksakan kondisi kesehatanmu ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play.

Referensi: 
Pacific Prime. Diakses pada 2023. 10 Biggest Health Problems from Working in an Office.
Vantage Fit. Diakses pada 2023. Office Workers’ Health Problems: 7 Common Ailments & Their Remedies

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan