Kerap Disamakan, Ini Beda Xenophobia dan Rasisme

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 Januari 2023

“Meski mirip, xenophobia dan rasisme adalah hal yang berbeda. Xenophobia lebih cenderung seperti ketakutan pada orang asing.”

Kerap Disamakan, Ini Beda Xenophobia dan RasismeKerap Disamakan, Ini Beda Xenophobia dan Rasisme

Halodoc, Jakarta – Xenophobia adalah istilah luas yang menggambarkan ketakutan berlebihan terhadap orang asing atau orang di luar kelompok, yang dianggap berbeda atau tidak dikenal. Baik dalam hal fisik, budaya, agama, etnis, dan banyak faktor lainnya. 

Istilah ini berasal dari bahasa Yunani, yaitu phobos yang berarti ketakutan dan xenos yang berarti orang asing. Fobia ini sering tumpang tindih dengan bentuk prasangka, seperti rasisme. Namun, sebenarnya keduanya memiliki perbedaan. 

Xenophobia Berbeda dengan Rasisme

Xenophobia berbeda dengan rasisme, meski keduanya mirip. Rasisme adalah kepercayaan bahwa karakteristik fisik, seperti warna kulit dan jenis rambut, menentukan sifat, kemampuan, dan nilai seseorang secara keseluruhan. Orang dengan sifat rasis merasa lebih unggul daripada mereka yang tidak memiliki sifat tersebut.

Sebagai praktiknya, rasisme juga melibatkan penindasan sistemik terhadap kelompok-kelompok yang dianggap inferior. Misalnya, ideologi supremasi kulit putih, yang menganggap orang kulit putih memiliki posisi superior. Sementara orang kulit hitam dianggap rendah.

Meskipun xenophobia dan rasisme sering bersinggungan, xenophobia tidak secara otomatis berfokus pada karakteristik fisik, perilaku, atau kemampuan sekelompok orang tertentu.

Sebaliknya, orang dengan xenophobia mengelompokkan orang lain menjadi dua kelompok, yaitu orang dalam dan orang luar. Orang dalam merasa takut, menghindari, dan menolak semua orang luar karena mereka dianggap sebagai ancaman. 

Misalnya, takut orang luar mengambil pekerjaan dan membuat orang dalam tersingkir, atau takut orang luar membawa virus yang mematikan. Kriteria yang membedakan xenophobia dan rasisme ada pada ras. Sebab, xenophobia tidak selalu berpusat pada perbedaan ras.

Mau tahu lebih jauh mengenai sifat rasisme? Baca di laman ini: Mengenal Tindakan Rasis, dan Dampaknya pada Kesehatan Mental.

Terlebih lagi, orang yang memiliki pemikiran rasisme tidak selalu menghindari semua elemen budaya. Banyak kelompok rasis sebenarnya mendapat manfaat dari gagasan atau kontribusi orang-orang dari budaya lain, alih-alih menolaknya sama sekali.

Jenis-Jenis Xenophobia

Ada dua jenis utama xenophobia, yaitu:

  1. Xenophobia Budaya 

Jenis ini melibatkan penolakan objek, tradisi, atau simbol yang terkait dengan kelompok atau kebangsaan lain. Ini dapat mencakup bahasa, pakaian, musik, dan tradisi lain yang terkait dengan budaya.

  1. Xenophobia Imigran 

Jenis ini melibatkan penolakan terhadap orang-orang yang tidak diyakini oleh individu xenophobia sebagai bagian dari orang dalam. Ini dapat melibatkan penolakan terhadap orang yang berbeda agama atau kebangsaan dan dapat menyebabkan penganiayaan, permusuhan, kekerasan, dan bahkan genosida.

Apa Penyebabnya?

Ada sejumlah faktor berbeda yang berkontribusi terhadap xenophobia, yaitu: 

  • Ketidakamanan Sosial dan Ekonomi. Orang sering mencari seseorang untuk disalahkan pada saat kesulitan ekonomi atau pergolakan sosial. Imigran dan minoritas sering jadi kambing hitam sebagai penyebab penyakit yang mewabah di masyarakat.
  • Kurangnya Kontak. Orang-orang dengan sedikit atau tanpa kontak dengan orang-orang dari budaya atau latar belakang lain cenderung takut atau tidak percaya pada mereka.
  • Penggambaran Media. Cara imigran dan minoritas digambarkan di media juga dapat memengaruhi sikap orang terhadap mereka. Jika mereka hanya ditampilkan secara negatif, itu dapat meningkatkan risiko fobia ini.
  • Takut pada Orang Asing. Secara umum, orang lebih cenderung takut pada hal-hal yang tidak mereka kenal. Ini dapat berlaku untuk penampilan fisik dan perbedaan budaya.

Itulah pembahasan mengenai perbedaan xenophobia dan rasisme. Meski berbeda, keduanya adalah sikap yang kurang baik dan perlu kamu hindari. Xenophobia seringkali berasal dari ketidaktahuan. Jadi, cobalah edukasi diri sendiri dengan berbagai fakta dan informasi mengenai budaya lain.

Jika kamu mengalami fobia ini dan sulit untuk mengatasinya sendiri, jangan ragu untuk mencari bantuan ahlinya. Agar mudah, download Halodoc saja untuk berbicara dengan psikolog melalui chat.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. Unpacking Xenophobia, or the Fear of Outsiders.
Very Well Mind. Diakses pada 2023. What Is Xenophobia?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan