Ketahui 13 Gejala Umum Peradangan Amandel

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Mei 2023
Ketahui 13 Gejala Umum Peradangan AmandelKetahui 13 Gejala Umum Peradangan Amandel

“Peradangan amandel merupakan kondisi ketika amandel atau tonsil mengalami radang atau infeksi. Kondisi ini juga dikenal dengan istilah tonsilitis atau tonsilofaringitis, dan sering dialami oleh anak-anak. Lantas, apa saja gejala yang perlu diwaspadai?”

Halodoc, Jakarta - Sebagian besar kasus radang amandel disebabkan oleh infeksi virus, tetapi juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri. Pengobatan yang dilakukan tergantung pada penyebabnya yang mendasari. Agar tidak terlambat, berikut ini gejala yang perlu diwaspadai pengidapnya!

Gejala Umum Peradangan Amandel

Gejala utama tonsilitis adalah amandel yang meradang dan bengkak, terkadang cukup parah hingga membuat pengidapnya kesulitan bernapas melalui mulut. Gejala lainnya termasuk:

  1. Radang tenggorokan.
  2. Kesulitan atau sakit saat menelan.
  3. Suara yang serak.
  4. Batuk.
  5. Napas bau.
  6. Kehilangan nafsu makan.
  7. Sakit kepala.
  8. Leher kaku.
  9. Nyeri pada rahang dan leher akibat pembengkakan kelenjar getah bening.
  10. Amandel yang tampak berwarna merah dan bengkak.
  11. Amandel yang memiliki bercak putih atau kuning.
  12. Kesulitan membuka mulut.
  13. Mudah lelah.

Pengobatan Peradangan Amandel 

Dalam mendiagnosis peradangan amandel, dokter akan memulai dengan pemeriksaan tenggorokan, sekaligus mengajukan pertanyaan perihal gejala-gejala yang dirasakan. Jika peradangan disebabkan oleh infeksi bakteri, biasanya gejala dapat berupa pembengkakan kelenjar getah bening di bagian tenggorokan, munculnya bintik-bintik nanah di sekitar amandel, dan/atau demam.

Sementara itu, jika peradangan amandel disebabkan oleh infeksi virus, gejala-gejala yang muncul dinilai lebih ringan dari infeksi bakteri, dan sering disertai gejala batuk dan pilek. Tes lebih lanjut di laboratorium, seperti tes darah, biasanya diperlukan dokter untuk memastikan apakah pengidap juga mengalami kondisi lain, seperti demam kelenjar.

Sebagian besar kasus peradangan amandel biasanya akan sembuh dalam waktu satu minggu, dan jarang sekali berlanjut menjadi kondisi yang serius. Tidak ada obat khusus untuk menangani peradangan amandel. Obat biasanya diberikan untuk meringankan gejala, misalnya ibuprofen atau parasetamol sebagai pereda rasa sakit.

Langkah lain yang dapat dilakukan di rumah untuk memulihkan gejala ketika peradangan amandel terjadi adalah sebagai berikut:

  • Minum banyak air putih.
  • Istirahat yang cukup.
  • Berkumur dengan air garam hangat beberapa kali sehari.
  • Mengonsumsi pelega tenggorokan (lozenges).
  • Gunakan humidifier untuk melembabkan udara di ruangan.
  • Hindari tempat-tempat yang banyak asap, debu, dan polusi.

Namun, jika peradangan amandel yang terjadi cukup parah, dokter biasanya akan melakukan tindakan medis seperti:

1. Pemberian Antibiotik

Diberikan apabila infeksi bakteri merupakan penyebab tonsilitis. Gejala akan membaik dalam beberapa hari penggunaan antibiotik. Penting untuk menghabiskan dosis untuk mencegah kambuhnya kondisi atau resistensi antibiotik.

2. Operasi

Operasi pengangkatan amandel dilakukan untuk mengangkat amandel yang terinfeksi apabila kondisi kronis, berulang, dan tidak merespon terhadap perawatan serta menyebabkan komplikasi.

Itulah sedikit penjelasan tentang peradangan amandel, gejala dan langkah pengobatan yang dapat dilakukan. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk tanyakan dengan dokter ✔️ lewat aplikasi Halodoc, ya!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Tonsillitis.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Tonsillitis.
Medline Plus. Diakses pada 2022. Tonsillitis.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan