9 Manfaat Scallop untuk Kesehatan, Makanan Sehat Tinggi Protein

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Oktober 2023

“Pencinta makanan laut alias seafood tentu sudah tak asing dengan scallop. Selain memiliki rasa yang lezat, makanan ini ternyata mengandung banyak nutrisi, salah satunya protein sehingga baik untuk kesehatan tubuh.”

9 Manfaat Scallop untuk Kesehatan, Makanan Sehat Tinggi Protein9 Manfaat Scallop untuk Kesehatan, Makanan Sehat Tinggi Protein

Halodoc, Jakarta – Scallop atau kerang kampak adalah jenis makanan laut alias seafood yang memiliki sejumlah kandungan nutrisi. Jika dikonsumsi dan diolah dengan cara yang tepat, makanan ini bisa memberi manfaat sehat untuk tubuh. 

Salah satu nutrisi yang banyak terkandung dalam scallop\ adalah protein. Lantas, apa saja manfaat sehat yang bisa kamu dapat dari konsumsi makanan ini? Yuk, simak ulasannya dalam artikel ini!

Manfaat Scallop untuk Kesehatan

Bagi pencinta makanan laut, scallop mungkin bukanlah hal yang asing. Makanan yang satu ini memiliki tekstur yang lembut dengan rasa gurih dan manis. Tidak berhenti sampai di situ, makanan laut yang satu ini ternyata memiliki banyak kandungan nutrisi.

Berikut kandungan dalam 100 gram scallop:

  • Kalori: 137.
  • Lemak: 1 gram.
  • Sodium: 660 miligram.
  • Karbohidrat: 6,3 gram.
  • Protein: 24 gram.
  • Magnesium: 44 miligram.
  • Zink: 1,8 miligram.
  • Selenium: 25,5 mikrogram.
  • Kolin: 129,4 miligram.
  • Vitamin B12: 2,5 mikrogram.

Dengan beragam kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, scallop bisa memberi manfaat sehat untuk tubuh. Mengonsumsi makanan ini bisa memberi manfaat, seperti:

1. Menurunkan berat badan

Bagi pencinta makanan laut yang takut mengalami kenaikan berat badan, konsumsi makanan ini bisa menjadi pilihan. Karena scallop terkenal sebagai makanan yang rendah kalori. Selain itu, kandungan protein dalam scallop juga cukup tinggi. Karena itu, makanan laut ini cocok untuk dimasukkan ke dalam menu sehat untuk diet.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengonsumsi kerang kampak juga bisa membantu menjaga kesehatan organ jantung. Hal ini berkat kandungan dua mineral yang ada di dalamnya, yaitu kalium dan magnesium. 

Faktanya, risiko penyakit jantung lebih rendah berkat asupan kedua nutrisi tersebut. Magnesium dan kalium dalam makanan juga bisa membantu menurunkan tekanan darah.

3. Meningkatkan fungsi otak

Scallop memiliki kandungan vitamin B12, zink, dan asam lemak omega-3. Asupan nutrisi tersebut nyatanya memiliki peran penting dalam menjaga dan meningkatkan fungsi otak. 

Nutrisi ini juga bisa membantu meningkatkan perkembangan sistem saraf serta mengurangi risiko gangguan Alzheimer, hingga depresi.

4. Menurunkan risiko kanker

Makanan laut ini kaya dengan kandungan selenium yang bisa membantu menurunkan risiko terkena kanker. 

Ada penelitian yang menyebut bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung selenium, bisa membantu menurunkan risiko kanker payudara, kanker paru-paru, kanker prostat, serta kanker usus besar.

5. Mengurangi risiko demensia

Scallop mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, pastikan kamu memenuhi kebutuhan nutrisi ini untuk memperlambat proses perkembangan progresif demensia.

6. Meningkatkan kesehatan tulang

Dalam kerang kampak terkandung kalsium, magnesium, dan selenium. Ketiga nutrisi dapat membantu kamu meningkatkan kesehatan tulang. 

Ketika kondisi kesehatan tulang optimal, maka kamu akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang dapat memengaruhi kondisi tulang.

7. Meningkatkan produksi sel darah merah

Vitamin B sangat penting untuk kebutuhan sehari-hari, khususnya vitamin B12. Dengan terpenuhinya vitamin B12 pada tubuh, maka produksi sel darah merah dalam tubuh akan menjadi lebih optimal sehingga sistem saraf berfungsi baik.

8. Baik untuk ibu hamil

Scallop menjadi makanan laut yang kaya akan vitamin B12. Melansir dari sebuah penelitian dalam jurnal Frontiers in Pediatric yang berjudul Pre-conceptional Maternal Vitamin B12 Supplementation Improves Offspring Neurodevelopment at 2 Years of Age: PRIYA Trial, mengatakan bahwa asupan B12 bagi ibu hamil sangat penting.

Ibu bisa mendapatkan nutrisi tersebut dengan mengonsumsi scallop. Melengkapi kebutuhan vitamin B12 terkait dengan optimalnya perkembangan otak pada janin.

9. Menjaga kesehatan sistem saraf

Kandungan vitamin B12 dan asam lemak omega-3 dalam makanan laut ini juga baik untuk menjaga kesehatan sistem saraf. Gangguan pada sistem saraf bisa memicu penurunan kemampuan kognitif. 

Selain scallop, cari tahu manfaat makanan laut lainnya melalui artikel ini → Jarang Disadari, Ini Berbagai Manfaat Rumput Laut bagi Kecantikan.

Selain dengan makanan laut, jaga juga kesehatanmu dengan produk kesehatan berkualitas yang bisa kamu dapatkan di Halodoc. Klik gambar berikut untuk mengeceknya lebih lanjut:

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Are Scallops Safe to Eat? Nutrition, Benefits and More.
Very Well Fit. Diakses pada 2023. Scallop Nutrition Facts and Health Benefits.
Nutrition Research Reviews. Diakses pada 2023. Seafood Intake and The Development of Obesity, Insulin Resistance and Type 2 Diabetes.
Frontiers in Pediatric. Diakses pada 2023. Pre-conceptional Maternal Vitamin B12 Supplementation Improves Offspring Neurodevelopment at 2 Years of Age: PRIYA Trial.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan