Ketahui 4 Manfaat Sorbitol sebagai Pengganti Gula

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 Agustus 2022

“Sorbitol adalah gula alkohol yang sering digunakan dalam makanan. Gula ini rendah kalori dan bisa memberi beberapa manfaat kesehatan, seperti menjaga kesehatan gigi, pencernaan, dan baik untuk pengidap diabetes.”

Ketahui 4 Manfaat Sorbitol sebagai Pengganti GulaKetahui 4 Manfaat Sorbitol sebagai Pengganti Gula

Halodoc, Jakarta – Sorbitol adalah sejenis karbohidrat yang termasuk dalam kategori gula alkohol yang disebut poliol. Senyawa yang larut dalam air ini ditemukan secara alami di beberapa buah, seperti apel, aprikot, kurma, beri, persik, dan buah ara.

Sorbitol juga sering digunakan sebagai bahan pemanis pada berbagai produk makanan. Contohnya seperti permen bebas gula, makanan penutup beku, makanan yang dipanggang, dan permen karet. 

Bisa memberi rasa manis dan dingin, sorbitol bisa menjadi pengganti gula yang baik untuk kesehatan, bahkan bagi pengidap diabetes. Yuk, simak manfaat sorbitol di sini.

Manfaat Sorbitol untuk Kesehatan

Sorbitol sering digunakan dalam produk permen, cokelat, dan makanan yang dipanggang, di mana produk-produk tersebut mudah menjadi kering dan mengeras. Tidak seperti poliol lain, sorbitol bisa melindungi makanan ketika kadar air menurun. Sifatnya yang menstabilkan kelembaban bisa melindungi makanan agar tidak kering dan tetap segar selama penyimpanan.

Jenis karbohidrat ini juga sering digunakan dalam formula produk perawatan mulut, seperti pasta gigi dan obat kumur, lho. Hal itu karena sorbitol bisa mendukung kesehatan mulut. Berikut manfaat sorbitol untuk kesehatan:

1. Membantu Melindungi dari Kerusakan Gigi

Seperti semua poliol, sorbitol bersifat non-kariogenik. Artinya, gula alkohol tersebut tidak dimetabolisme oleh bakteri mulut yang memecah gula dan pati, serta menghasilkan asam yang bisa menyebabkan gigi berlubang atau erosi email gigi. Jadi, konsumsi sorbitol tidak berkontribusi terhadap terbentuknya karies gigi.

2. Mengurangi Nilai Kalori

Sorbitol diserap secara perlahan oleh tubuh dan tidak sepenuhnya dicerna. Senyawa yang tersisa akan bergerak ke usus besar di mana ia difermentasi, atau dipecah oleh bakteri, sehingga menghasilkan sedikit kalori yang diserap.

Selain itu, sorbitol juga lebih rendah kalori bila dibandingkan dengan sukrosa (gula meja). Kalori yang terkandung dalam sorbitol hanya 2,5 per gram, sementara sukrosa menyumbang 4 kalori. Itulah mengapa jenis gula ini sering digunakan dalam produk makanan ‘rendah kalori’ dan ‘ringan’.

3. Baik Bagi Pengidap Diabetes

Sorbitol mungkin bisa menjadi pengganti gula yang baik untuk pengidap diabetes. Hal itu karena gula alkohol ini mampu secara signifikan mengurangi kadar glukosa darah, dan respons insulin yang terkait dengan konsumsi glukosa.

Nilai kalorinya yang rendah juga membuat sorbitol bisa membantu pengidap diabetes untuk mengendalikan berat badan. Namun, sebelum memilih makanan yang dimaniskan dengan sorbitol atau gula alkohol lainnya, manfaat poliol ini harus dibicarakan dengan dokter terlebih dahulu. 

Pasalnya, beberapa produk tersebut bisa mengandung bahan lain yang mungkin tidak sesuai dengan pola makan untuk pengidap diabetes.

4. Membantu Mengatasi Sembelit

Manfaat sorbitol yang terakhir adalah sebagai obat pencahar untuk membantu mengatasi sembelit. Gula alkohol ini bersifat hiperosmotik, yang artinya bisa menarik air ke usus besar dari jaringan di sekitarnya untuk mendorong pergerakan usus. Sorbitol sebagai pencahar bisa dibeli di toko obat tanpa resep dokter.

Efek Samping yang Perlu Diketahui

Sorbitol sudah terbukti aman untuk digunakan dalam produk makanan oleh berbagai penelitian ilmiah. Joint Food and Agriculture Organization/World Health Organization Expert Committee on Food Additives (JECFA) mengungkapkan, bahwa gula alkohol ini aman dan menetapkan asupan harian yang dapat diterima untuk sorbitol dengan “tidak ditentukan”, yang merupakan kategori teraman di mana JECFA dapat menempatkannya sebagai bahan makanan.

Meski begitu, mengonsumsi sorbitol dan gula alkohol lainnya secara berlebihan bisa menyebabkan efek samping, seperti kembung dan diare pada beberapa orang. Apalagi bila kamu belum terbiasa mengonsumsinya secara rutin. 

Efek samping tersebut merugikan bagi sebagian orang, tapi bisa menguntungkan bagi orang yang ingin meningkatkan aktivitas usus mereka. Namun, tidak perlu khawatir karena efek samping sorbitol tersebut jarang terjadi.

Itulah penjelasan mengenai manfaat sorbitol sebagai pengganti gula. Untuk menjaga kesehatan, penting untuk memeriksakan kesehatan kamu secara berkala dengan buat janji medis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc

Dengan begitu, masalah kesehatan bisa diketahui lebih awal, sehingga bisa ditangani sebelum terlambat. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi
Diabetes.co.uk. Diakses pada 2022. Sorbitol.
Healthline. Diakses pada 2022. What Is Sorbitol? Benefits, Uses, Side Effects, and More

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan