Ketahui 6 Cara Atasi Cegukan pada Bayi yang Ampuh

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 April 2022

“Cegukan bisa terjadi pada semua orang termasuk bayi. Setiap orang tua perlu tahu cara yang ampuh untuk atasi cegukan pada bayi yang ampuh. Beberapa caranya adalah peluk bayi dan ubah posisi saat menyusui.”

Ketahui 6 Cara Atasi Cegukan pada Bayi yang AmpuhKetahui 6 Cara Atasi Cegukan pada Bayi yang Ampuh

Halodoc, Jakarta – Tidak sedikit ibu yang langsung merasa panik saat bayi alami cegukan. Padahal, hal ini adalah sesuatu yang normal terjadi pada bayi untuk mengendalikan pernapasan. Lalu, bagaimana sih cara yang tepat untuk atasi cegukan pada bayi? Ketahui beberapa caranya di sini!

Cara Ampuh Atasi Bayi Cegukan

Cegukan adalah sebuah reaksi diafragma untuk membantu tubuh mengendalikan pernapasan. Diafragma adalah otot yang memisahkan rongga dada dan perut, tepatnya di bawah tulang rusuk. Hal ini menyebabkan diafragma mengencang dengan tiba-tiba, sehingga pita suara tertutup yang akhirnya mengeluarkan bunyi tertentu, yang disebut juga cegukan.

Cegukan juga dapat terjadi disebabkan adanya iritasi pada diafragma. Terkadang, otot tersebut mulai kejang atau kram, sehingga bayi alami cegukan secara tiba-tiba. Bahkan, janin juga bisa mengalami cegukan saat di dalam kandungan. Biasanya cegukan tidak mengganggu bayi, tetapi mungkin saja menjadi tanda dari gastroesophageal reflux (GERD).

Beberapa tanda saat bayi alami GERD adalah:

  • Batuk.
  • Meludah.
  • Mudah marah dan menangis.
  • Melengkungkan punggung, terutama selama atau setelah menyusui.

Saat masalah ini terjadi pada Si Kecil, ibu tidak perlu panik. Pada dasarnya cegukan bukan sesuatu yang berbahaya dan lumrah terjadi pada bayi. Terlebih, jika bayi tidak menimbulkan berbagai tanda yang berhubungan dengan GERD.

Selain itu, ibu juga perlu tahu beberapa cara yang perlu dilakukan agar cegukan bayi dapat diatasi. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1.  Peluk Bayi

Cara mengatasi bayi cegukan yang paling mudah dilakukan adalah memeluknya. Dipercaya jika memeluk bayi mampu memberi ketenangan saat alami cegukan. Rehat sejenak dari menyusui hingga Si Kecil benar-benar rileks dan tenang, serta cegukan sudah tidak terdengar. Setelah itu, ubah posisi menyusui yang berbeda dari sebelumnya.

2.  Ubah Posisi Menyusui

Mengubah posisi menyusui juga dipercaya dapat mengatasi cegukan pada bayi. Sebab, saat menyusui, udara juga bisa ikut masuk ke dalam mulut bayi, sehingga cegukan terjadi. Ganti posisi agar udara tidak tertarik saat anak menyusu ASI. Jika masih terjadi saat hal ini sudah dilakukan, hentikan proses menyusui untuk mencegah tersedak.

Selain itu, tidak apa-apa untuk mencoba membaringkan bayi atau menopangnya pada posisi duduk. Hal ini bisa tergantung pada posisi saat cegukan terjadi. Memang dengan mengubah posisi tidak selalu dapat menghentikan cegukan pada bayi, tetapi bisa saja membantu agar lebih baik.

3. Buat Bayi Bersendawa

Ibu juga bisa menghentikan menyusui sejenak dan membuat bayi bersendawa agar cegukannya hilang. Sebab, bersendawa dapat menghilangkan kelebihan gas yang dapat menyebabkan cegukan. Ibu dapat menempatkan bayi dalam posisi tegak agar anak lebih cepat bersendawa. Selain itu, ibu juga perlu menyendawakan bayi saat menyusui setelah berganti payudara.

4.  Pastikan Posisi Menyusui Sudah Benar

Saat menyusui anak, ada baiknya ibu benar–benar memperhatikan jika posisi menyusui sudah benar. Pastikan puting beserta areola pada payudara benar-benar masuk ke mulut bayi. Selain itu, hal lain yang harus diperhatikan adalah memastikan perut bayi tegak lurus dengan perut ibu.

5.  Menggosok Punggung Bayi

Cara mengatasi bayi cegukan lainnya adalah dengan menggosok punggung bayi. Ibu bisa menggosok punggung bayi dengan gerakan melingkar untuk membantu melepaskan udara berlebih. Hal ini dipercaya ampuh untuk menghentikan cegukan. Lakukan terus hingga cegukan benar-benar menghilang.

5.  Memberi Makan secara Perlahan

Saat anak sudah bisa mengonsumsi MPASI, cobalah memberikan makanan tersebut secara perlahan. Selain itu, berikan juga makanan tersebut sedikit demi sedikit. Dengan begitu, bayi tidak makan terburu-buru saat makan. Dengan begitu, cegukan bayi tidak mudah terjadi.

6. Coba Gripe Water

Jika bayi terlihat merasa tidak nyaman karena cegukan, ibu dapat mencoba untuk memberikan gripe water. Cairan ini adalah kombinasi herbal dan air dipercaya mampu mengatasi kolik dan ketidaknyamanan usus. Jenis herbal yang digunakan dapat bervariasi, seperti jahe, adas, chamomile, dan kayu manis. Meski begitu, gripe water belum terbukti secara klinis.

Ibu juga perlu paham jika cegukan dapat hilang dengan sendirinya.  Namun, jika Si Kecil merasa tidak nyaman saat mengalaminya, ada baiknya untuk melakukan semua hal yang telah disebutkan. Apabila cegukan bayi tidak kunjung sembuh, ada baiknya segera memeriksakan masalah tersebut ke dokter.

Ibu bisa lo melakukan pemeriksaan di beberapa rumah sakit rekanan Halodoc. Cukup dengan menggunakan download aplikasi Halodoc, pemesanan untuk pemeriksaan kesehatan bayi ini bisa dilakukan menggunakan smartphone yang dimiliki. Maka dari itu, segera unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Here’s What to Do When Your Baby Has the Hiccups.
Very Well Family. Diakses pada 2022. How to Help a Baby With Hiccups.
Healthline. Diakses pada 2022. How Can I Cure My Newborn’s Hiccups?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan