Ketahui 6 Daftar Buah yang Mengandung Vitamin B

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   03 Januari 2023

“Ada banyak pilihan buah yang mengandung vitamin B. Termasuk buah-buahan sitrus seperti jeruk, serta alpukat, apel, dan mangga.”

Ketahui 6 Daftar Buah yang Mengandung Vitamin BKetahui 6 Daftar Buah yang Mengandung Vitamin B

Halodoc, Jakarta – Selain daging dan sayuran, ada juga beberapa buah yang mengandung vitamin B. Vitamin B adalah vitamin yang larut dalam air yang penting untuk berbagai proses tubuh. 

Vitamin B banyak terkandung dalam berbagai variasi makanan, termasuk buah-buahan. Setiap harinya, tubuh memerlukan asupan vitamin dan nutrisi yang cukup, agar bisa hidup sehat

Buah yang Mengandung Vitamin B

1. Alpukat

Alpukat adalah sumber vitamin B6 selain mikronutrien penting lainnya seperti magnesium dan tembaga. Berbagai kandungan nutrisi ini membuat alpukat bisa membantu sistem kekebalan tubuh melawan bakteri dan virus.

Selain vitamin B6, alpukat juga mengandung berbagai jenis vitamin B lainnya. Termasuk vitamin B2, B3, B5, dan B9 (folat). Alpukat juga tinggi lemak tak jenuh tunggal. Buah ini memberikan berbagai manfaat jika kamu memasukkannya ke dalam pola makan yang bervariasi dan sehat.

2. Jeruk

Buah lainnya yang juga mengandung vitamin B adalah jeruk. Jeruk secara alami tinggi vitamin B12, serta mengandung antioksidan, beta-karoten, dan kalsium. Semuanya merupakan nutrisi penting bagi tubuh.

3. Apel

Apel mengandung vitamin B12 yang tinggi. Selain itu, buah ini juga mengandung riboflavin atau vitamin B2, yang bisa membantu tubuh menyerap energi dari makanan dan bertindak sebagai antioksidan dengan melawan radikal bebas.

4. Pisang

Buah lainnya yang mengandung vitamin B adalah pisang. Jenis vitamin B yang terkandung dalam buah ini adalah vitamin B12. Selain itu, pisang juga kaya akan serat, yang dapat membantu mengatasi sembelit.

5. Blueberry

Blueberry adalah buah yang memiliki kandungan B12 yang tinggi. Selain itu, buah ini juga kaya akan antioksidan, yang membantu menjaga kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan.

6. Mangga

Mangga juga merupakan buah yang mengandung vitamin B. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut, membuat banyak orang menyukai buah ini. 

Mengapa Vitamin B Penting?

Berbagai jenis vitamin B memainkan peran khusus dalam tubuh. Terutama membantu membantu enzim yang berfungsi memecah makan dan minum yang dikonsumsi dengan beberapa fungsi, antara lain: 

  • Melepaskan energi dari protein, karbohidrat, dan lemak.
  • Menghancurkan asam amino.
  • Memindahkan oksigen dan energi ke seluruh tubuh.

Selain itu, vitamin B juga membantu sel tumbuh dan berkembang biak. Beberapa jenis vitamin ini juga membantu produksi hemoglobin tubuh yang penting untuk sel darah merah. 

Beberapa manfaat kesehatan lain dari vitamin B meliputi: 

  • Mendukung fungsi kekebalan tubuh. Vitamin B6 (piridoksin) mendukung reaksi biokimia dalam sistem kekebalan tubuh. Jadi, vitamin ini dapat meningkatkan respons imun pada orang yang sedang sakit.
  • Menjaga kesehatan otak. Vitamin B dapat mendukung fungsi otak, terutama yang melibatkan memori, pemecahan masalah, dan pembentukan kata dan kalimat.
  • Mencegah penyakit. Vitamin B6 dan B12 berperan dalam mengurangi risiko berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung. 

Itulah pembahasan mengenai buah yang mengandung vitamin B dan manfaat penting vitamin ini bagi tubuh. Konsumsilah berbagai variasi makanan bernutrisi setiap harinya. Kalau sakit, download Halodoc saja untuk membuat janji rumah sakit dengan dokter.

Referensi:
Healthier Steps. Diakses pada 2023. Best Vitamin B Fruits.
Nourish by WebMD. Diakses pada 2023. Foods High in B Vitamins.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan