• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Berbagai Mitos dan Fakta seputar Air Tajin
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Berbagai Mitos dan Fakta seputar Air Tajin

Ketahui Berbagai Mitos dan Fakta seputar Air Tajin

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 06 Oktober 2022

“Mitos terkait penggunaan air tajin sangat mudah tersebar dan bahkan banyak orang yang mempercayainya. Maka dari itu, perlu tahu berita yang didapatkan termasuk mitos atau fakta.”

Ketahui Berbagai Mitos dan Fakta seputar Air TajinKetahui Berbagai Mitos dan Fakta seputar Air Tajin

Halodoc, Jakarta – Saat mencuci beras, air yang digunakan tersebut dan biasanya dibuang ini disebut juga dengan air tajin. Oleh beberapa orang, air tajin kerap digunakan kembali karena dipercaya dapat memberikan berbagai macam manfaat pada tubuh.

Zaman dahulu kala, air bekas mencuci beras ini bahkan dipercaya mampu menggantikan ASI. Terlalu banyak mitos dari air tajin membuat banyak orang tidak tahu jika berita yang diterima merupakan kebenaran atau bukan. Maka dari itu, perlu tahu berbagai mitos dan fakta dari air tajin.

Mitos dari Air Tajin yang Perlu Diketahui

1. Sebagai Obat Jerawat

Beberapa orang percaya jika air beras ini mampu mengatasi jerawat yang tumbuh. Memang benar jika cairan ini mampu membuat kulit lebih sehat, tetapi tidak ada kandungan di dalamnya yang mampu membunuh bakteri pada kulit berjerawat. Maka dari itu, penggunaan air tajin untuk atasi jerawat tidak benar adanya.

2. Meredakan Diare

Ada mitos lainnya yang banyak orang percaya, yaitu air tajin mampu meredakan diare. Umumnya, tindakan ini diberikan oleh ibu yang anak bayinya alami diare, sebagai pengganti cairan agar tidak dehidrasi. Padahal, cairan yang disarankan untuk diberikan adalah ASI, air putih, atau oralit.

3. Sebagai Pengganti ASI

Meski mengandung nutrisi yang menyehatkan, air tajin tidak dapat menjadi pengganti ASI. Sejatinya, kandungan ASI merupakan nutrisi penting yang utama, sementara air tajin bisa menjadi makanan tambahan. Maka dari itu, jangan salah sangka jika air beras ini dapat menggantikan peran ASI.

Fakta Air Tajin yang Bisa Dimanfaatkan

1. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Kamu bisa, lho, memanfaatkan air beras untuk meningkatkan kilau rambut dan membuatnya lebih kuat. Air yang dihasilkan dari rendaman beras ini mengandung pati, sehingga mampu memberikan manfaat saat diaplikasikan pada rambut. Selain itu, ada beberapa nutrisi menyehatkan rambut pada cairan ini, seperti asam amino dan mineral.

2. Mendukung Pertumbuhan Rambut dan Mencegah Kerontokan

Air beras dapat mendorong rambut tumbuh lebih cepat karena kandungan asam linoleat dan gamma-oryzanol. Kedua kandungan tersebut mampu membentuk folikel rambut, sehingga penggunaannya secara rutin mampu meningkatkan volume dan pertumbuhan rambut.

Selain itu, air tajin juga dapat menjaga kelembapan pada rambut berminyak yang rentan menimbulkan kerontokan, rambut kusam, hingga ketombe. Jika kamu alami salah satu masalah tersebut, cobalah aplikasikan air beras untuk mengatasinya.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Air tajin dipercaya mampu merangsang pertumbuhan sel kulit baru serta melancarkan aliran darah. Dengan begitu, wajah dapat terlihat lebih cerah, halus, dan terjaga kelembapannya. Selain itu, kandungan vitamin E pada cairan ini dapat mengangkat kulit mati, sehingga jerawat tidak mudah tumbuh.

Itulah beberapa mitos dan fakta terkait air tajin yang perlu diketahui kebenarannya. Jadi, jangan sampai salah, ya, dalam penggunaan air beras ini, terlebih saat diberikan pada bayi. Jika anak alami diare, pastikan ia mendapatkan nutrisi dan cairan yang cukup agar tidak alami dehidrasi, bukan hanya tergantung pada air beras ini.

Jika ingin memastikan berita yang didapatkan termasuk mitos atau fakta, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk berinteraksi langsung dengan ahlinya. Cukup download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan hanya melalui smartphone di tangan!

Referensi:
Hey Stacey. Diakses pada 2022. Truth or Myth? Does Rice Water Really Promote Hair Growth?
Be Body Wise. Diakses pada 2022. Rice Water for Hair Benefits, 2x Hair Growth, Side Effects, Recipes, More.