Ketahui Cara Memakai Masker yang Benar untuk Anak-Anak

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   03 Februari 2022

“Masker juga perlu digunakan oleh anak-anak saat melakukan aktivitas di luar rumah. Hal ini tentu saja dapat membantu menurunkan risiko anak terserang virus corona. Tentunya, penggunaan masker yang tepat perlu dilakukan agar cara pencegahan ini efektif.”

Ketahui Cara Memakai Masker yang Benar untuk Anak-AnakKetahui Cara Memakai Masker yang Benar untuk Anak-Anak

Halodoc, Jakarta – Di masa pandemi seperti sekarang ini, semua orang diwajibkan untuk menggunakan masker saat melakukan aktivitas di luar rumah. Tentu saja hal ini perlu dilakukan oleh semua orang, tidak terkecuali anak-anak. Meski begitu, tidak semua ibu tahu cara memakai masker yang benar untuk anak-anak. Untuk tahu secara lengkap, baca ulasan berikut!

Cara Memakai Masker yang Benar untuk Anak-Anak

Memakai masker sangat penting dilakukan untuk membantu dalam menghindari hingga menghentikan penyebaran COVID-19. Di Indonesia masih diwajibkan untuk menggunakan masker tanpa terkecuali. Saat keluar rumah untuk bepergian dengan anak-anak, ibu terkadang bingung tentang cara memakaikan masker yang benar pada Si Kecil.

Memang hal yang wajar jika anak-anak tidak ingin memakai masker dan juga merasa kesulitan untuk memakainya. Beberapa anak mungkin merasa panik dan tidak nyaman saat menggunakan masker. Maka dari itu, setiap orangtua perlu tahu cara memakai masker yang benar pada anak agar ia betah dan nyaman.

Lalu, bagaimana sih cara benar yang dapat dilakukan? Berikut beberapa caranya:

  • Sebelumnya, cuci tangan dengan sabun dan air.
  • Pastikan masker yang digunakan bersih dan tidak ada sobekan atau lubang.
  • Sesuaikan masker dengan memastikan telah menutupi mulut, hidung, dan dagu tanpa adanya celah.
  • Pastikan anak dapat merasa nyaman untuk bernapas.

Lalu, bagaimana cara menjelaskannya pada anak terkait pentingnya menggunakan masker di masa pandemi ini?

  • Untuk anak di bawah 3 tahun, cara terbaik yang dapat ibu lakukan adalah menjawab pertanyaannya dengan bahasa yang dapat dipahami. Jika anak bertanya alasannya, jelaskan jika semua orang perlu menggunakannya agar tetap sehat dan menghindari penyakit.
  • Untuk anak di atas 3 tahun, ibu dapat memberikan penjelasan yang fokus terhadap kuman yang dapat masuk ke tubuh. Saat masuk ke tubuh, orang yang terkena dapat merasa sakit. Maka dari itu, sangat penting untuk menjauhkan kuman tersebut dengan cara menggunakan masker.

Dengan membiasakan anak menggunakan masker tiap keluar rumah, tentunya ia tidak merasa aneh saat memakainya. Dengan begitu, hal ini dapat menjadi sesuatu yang normal bagi anak dan tentunya seluruh keluarga. Hal ini juga dapat membuat anak paham jika setiap keluar rumah perlu menggunakan masker.

Bagaimana Jika Ibu Memiliki Anak dengan Kebutuhan Khusus?

Anak-anak dengan sistem kekebalan yang lemah atau dengan kondisi kesehatan yang rentan terkena infeksi, ibu perlu memastikan jika ia menggunakan masker N95 untuk mendapatkan perlindungan. 

Lalu, untuk anak dengan kondisi medis yang mengganggu fungsi kognitif atau paru-paru mungkin kesulitan untuk menoleransi masker wajah. Untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus, tindakan pencegahan khusus mungkin diperlukan. Ibu perlu memastikannya ke dokter untuk mendapatkan jawaban masker yang tepat dan tindakan pencegahannya.

Nah, sekarang ibu tahu tentang cara memakai masker yang tepat pada anak. Ibu perlu memastikan hal ini pada anak agar terhindar dari virus corona yang masih merebak. Tentu saja jangan lupa untuk ajarkan anak agar rutin mencuci tangan, terutama setelah menyentuh suatu benda atau akan makan. Pastikan kesehatan anak yang paling utama di tengah pandemi ini.

Jika ibu memiliki pertanyaan lainnya terkait masker pada anak, dokter dari Halodoc siap membantu untuk memberikan jawaban yang tepat. Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan.

Referensi:
Unicef. Diakses pada 2022. COVID-19 and masks: Tips for families.
Healthy Children. Diakses pada 2022. Face Masks for Children During COVID-19.
University of Rochester Medical Center. Diakses pada 2022. Masks Toolkit.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan