• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Dampak Negatif Minum Teh Jika Dikonsumsi Berlebihan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Dampak Negatif Minum Teh Jika Dikonsumsi Berlebihan

Ketahui Dampak Negatif Minum Teh Jika Dikonsumsi Berlebihan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 21 Desember 2020
Ketahui Dampak Negatif Minum Teh Jika Dikonsumsi Berlebihan

Halodoc, Jakarta - Teh menjadi salah satu jenis minuman yang menyehatkan bagi tubuh jika dikonsumsi dalam batas wajar. Teh kerap menjadi minuman favorit yang dipesan saat makan di warung pinggir jalan atau restoran sekali pun. Meski menyehatkan, jika dikonsumsi secara berlebihan, kamu tidak akan mendapatkan manfaatnya. Alih-alih sehat, kamu justru mengidap sejumlah masalah kesehatan berikut ini sebagai dampak negatif minum teh berlebihan:

Baca juga: Gemar Minum Teh, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

1. Cemas, Gelisah, dan Stres

Sama seperti kopi, teh juga mengandung kafein. Jika kafein masuk ke dalam tubuh dalam jumlah berlebihan, maka dapat memicu efek samping berupa rasa cemas, gelisah, bahkan stres. Sebaiknya, konsumsi kafein di bawah 200 miligram sehari untuk mencegah terjadinya sejumlah dampak negatif minum teh berlebihan tersebut, ya.

2. Heartburn atau Asam Lambung

Heartburn atau asam lambung ditandai dengan rasa perih dan terbakar di dada karena naiknya isi lambung ke kerongkongan. Kondisi ini menjadi salah satu dampak negatif minum teh berlebihan. Senyawa kafein dalam teh mampu memicu isi lambung lebih mudah naik ke kerongkongan. Bukan itu saja, kafein merangsang produksi total asam lambung menjadi berlebihan.

3. Mengganggu Penyerapan Zat Besi

Senyawa tanin dalam teh berisiko mengganggu penyerapan zat besi. Jika sudah begitu, kamu akan mengalami gangguan penyerapan salah satu mineral penting dalam saluran pencernaan. Hal tersebut dapat menjadi pemicu defisiensi zat besi. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, jangan konsumsi teh saat jam makan tiba, ya.

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Konsumsi Teh Hijau untuk Tubuh Ideal

4. Sulit untuk Tidur

Teh mengandung kafein yang bukan hanya memicu rasa cemas dan gelisah saja, tetapi juga dapat memicu kesulitan tidur. Hal tersebut dikarenakan, kafein bekerja dengan menghambat produksi hormon tidur atau melatonin. Jika sudah kesulitan tidur, maka kamu berisiko mengalami kelelahan, gangguan memori, bahkan obesitas.

5. Sakit Kepala dan Pusing

Dampak negatif minum teh berlebihan selanjutnya adalah sakit kepala dan pusing. Efek samping yang satu ini akan berbeda pada masing-masing orang. Jika kamu mengalami sakit kepala atau pusing hanya minum secangkir atau dua cangkir teh, sebaiknya hindari minuman yang satu ini, ya.

6. Mual

Dampak negatif minum teh berlebihan yang terakhir adalah mual. Teh mengandung tanin yang bukan hanya dapat mengganggu penyerapan zat besi saja, tetapi juga mampu mengiritasi organ pencernaan. 

Jika kadarnya dalam tubuh berlebihan, maka dapat memicu sakit perut dan mual. Untuk menurunkan risiko mual saat minum teh, kamu bisa menambahkan sedikit susu. Hal tersebut terjadi karena tanin dapat berikatan dengan protein dan karbohidrat dalam susu, sehingga mampu menurunkan risiko iritasi pada organ pencernaan.

Baca juga: Bahaya Menyeduh Kantung Teh Terlalu Lama

Itulah sejumlah dampak negatif minum teh berlebihan bagi kesehatan tubuh. Segala hal yang baik akan berujung tidak baik jika takarannya berlebihan. Jika kamu mengalami masalah kesehatan seperti yang telah disebutkan, silahkan diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc untuk menentukan langkah perawatan yang tepat.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 9 Side Effects of Drinking Too Much Tea.
Live Strong. Diakses pada 2020. What Are the Side Effects of Drinking Tea?
NDTV Food. Diakses pada 2020. 5 Side Effects of Tea That Will Compel You to Drop the Cup.