• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Jenis Masker untuk Kulit Berminyak

Ketahui Jenis Masker untuk Kulit Berminyak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Kulit berminyak terjadi ketika kelenjar sebaceous di kulit menghasilkan terlalu banyak sebum. Sebum adalah zat lilin, berminyak yang berfungsi untuk melindungi dan melembapkan kulit.

Sebum sangat penting untuk menjaga kulit tetap sehat. Namun, terlalu banyak sebum dapat menyebabkan kulit berminyak, pori-pori tersumbat, dan jerawat. Mengelola kulit berminyak seringkali mengharuskan seseorang menerapkan perawatan kulit yang teratur. Masker apa yang cocok untuk kulit berminyak? Selengkapnya ada di bawah ini!

Perawatan Kulit Berminyak

Memiliki kulit berminyak membutuhkan perawatan ekstra karena salah menggunakan produk dapat membuat kulit menjadi semakin bermasalah. Kalau kamu berpikir mengaplikasikan bedak akan mengurangi minyak, justru ini akan menutup pori-pori dan menciptakan masalah yang lebih signifikan lagi. 

Baca juga: 3 Perawatan Kulit untuk Wajah Berminyak dan Berjerawat

Ada baiknya buat kamu pemilik kulit wajah berminyak dan sensitif untuk menggunakan masker wajah alami. Berikut rekomendasinya.

  1. Telur, Oat, dan Madu

Putih telur dapat mengencangkan pori-pori wajah yang biasanya mengendur karena kelebihan minyak. Sedangkan oat, berfungsi menyedot minyak dan kotoran serta mengelupas pori-pori sekaligus memberikan efek anti-inflamasi. Kandungan proteinnya akan memberikan perlindungan ekstra. Madu pada kombinasi masker ini sebagai antibakteri dan pelengkap perawatan.

  1. Clay, Charcoal, Green Tea, dan Lemon

Clay mengandung zeolit yang membantu menghilangkan racun dan kotoran dari pori-pori. Saat masker mengering, kamu akan benar-benar melihat minyak dikeluarkan dari kulit. Bubuk charcoal juga aktif mengeluarkan sebum dan minyak dari kulit. Penambahan green tea alias teh hijau dan lemon akan memberikan manfaat vitamin C melalui asam sitrat yang akan membantu merawat jerawat, mengecilkan pori-pori, mencerahkan kulit, dan memudarkan bekas jerawat.

  1. Pisang, Yogurt, dan Kunyit

Pisang memberikan manfaat signifikan pada pengurangan jerawat. Cukup menggosokkan kulit pisang pada jerawat akan mengurangi peradangannya. Pisang mengandung vitamin dan bahan anti jerawat seperti seng dan vitamin A, sehingga sangat bermanfaat untuk kulit berminyak sekaligus memberikan kelembapan yang dibutuhkan. 

Yoghurt mengandung asam laktat (AHA alami), yang membantu melarutkan sel-sel kulit mati, dan mengencangkan serta membersihkan jauh ke dalam pori-pori. Tambahan kunyit akan menjadi antioksidan dan anti-peradangan, sehingga membuat kulit cerah.

Pentingnya Menjaga Kebersihan Wajah

Selain melakukan perawatan masker wajah, sangat penting untuk menjaga kebersihan wajah. Cara sederhananya adalah dengan mencuci wajah secara teratur. Kamu juga bisa mengaplikasikan pengaturan kebersihan wajah dengan cara:

  1. Mencuci wajah dengan air hangat dan sabun lembut

  2. Hindari sabun dengan wewangian, pelembap tambahan, atau bahan kimia keras, yang dapat mengiritasi atau mengeringkan kulit. Jenis-jenis ini dapat memicu respons kulit menghasilkan lebih banyak sebum.

  3. Hindari loofah dan waslap yang kasar, karena menambahkan gesekan dapat merangsang kulit untuk membuat lebih banyak minyak.

Baca juga: Cara Memilih Skincare Sesuai Jenis Kulit

Jika ini tidak efektif, beberapa produk perawatan jerawat dapat membantu. Produk-produk ini mengandung asam yang dapat mengatasi kulit berminyak, seperti asam salisilat, asam glikolat, asam beta-hidroksi, dan benzoil peroksida.

Butuh informasi lebih lengkap mengenai perawatan wajah untuk kulit berminyak, tanyakan saja langsung di HalodocDokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja tanpa perlu keluar rumah.

Referensi:

Huda Beauty. Diakses pada 2020. The Best DIY Face Masks For Oily Skin.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Top six home treatments for oily skin.