Ketahui Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Dimiliki

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 Mei 2021
Ketahui Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib DimilikiKetahui Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Dimiliki

Halodoc, Jakarta - Beberapa pasangan sangat menantikan kehamilan yang mungkin sejak awal menikah. Pada bayi yang baru lahir, ada beberapa hal yang perlu disiapkan, termasuk juga kebutuhan sehari-hari bayi. Untuk pasangan yang baru pertama kali memiliki anak, mungkin saja ada perasaan bingung tentang perlengkapan apa saja yang perlu dipenuhi pada bayi yang baru lahir. Untuk lebih jelasnya, baca ulasan berikut ini!

Beberapa Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Ada

Ada banyak yang harus dilakukan menjelang kelahiran bayi, sehingga semuanya siap saat bayi sampai di rumah. Maka dari itu, ibu harus menyiapkan semua kebutuhannya sebelum hari kelahiran. Memilih barang yang tepat tentu penting untuk mengatur pengeluaran agar hanya barang yang penting saja yang dibeli. Nah, perlengkapan bayi baru lahir apa saja yang harus tersedia? Berikut ini daftarnya:

1. Pakaian 

Kebanyakan orangtua yang memiliki anak pertama harus melengkapi pakaian untuk perlengkapan bayi baru lahir. Beberapa ibu ingin anaknya menggunakan pakaian lucu agar penampilan Si Kecil terlihat menawan, meski tidak perlu membutuhkan sesuatu yang mewah. Hal yang paling penting adalah pakaian yang sederhana dan nyaman, serta ramah di kantong.

Jangan beli terlalu banyak pakaian baru saat bayi lahir karena Si Kecil dapat tumbuh lebih besar dalam waktu yang terbilang singkat. Di saat bersamaan, baju yang dibeli dapat tidak muat lagi sehingga memerlukan baju dengan ukuran lebih besar. Maka dari itu, pertimbangkan pembelian pakaian anak dengan matang.

  • Ibu mungkin membutuhkan 5–8 baju bayi baru lahir, tergantung seberapa sering ingin mencuci.
  • 3–4 alas tidur bayi untuk menahan air kencing.
  • 5–7 pasang kaus kaki bayi.

Selain pertimbangan seberapa sering ingin mencuci, pastikan juga sesuaikan dengan iklim yang sedang terjadi. Mungkin saja sedang musim panas sehingga Si Kecil rentan untuk berkeringat dan butuh mengganti baju segera. Perlu diperhatikan jika bayi tidak membutuhkan selimut karena dapat membahayakan, berikan saja kain tipis sebagai penutup tubuh dan jangan sampai ke wajah.

2. Popok

Popok juga salah satu perlengkapan bayi baru lahir yang harus ada. Meski begitu, banyak orangtua yang bingung terkait pilihan popok yang terbaik untuk anaknya. Ada dua pilihan yang bisa dipilih, yaitu popok kain atau popok sekali pakai. Ibu perlu tahu kelebihan dan kekurangan dari masing-masing pilihan ini dan menyesuaikan yang terbaik. Beberapa keluarga ada yang mengombinasikan penggunaan keduanya tergantung kebutuhan.

Perlu diingat jika bayi yang baru lahir dapat menggunakan 8 hingga 10 popok per harinya. Jadi, pastikan untuk mempersiapkan lebih banyak popok. Juga, selalu sesuaikan ukuran popok dengan badan bayi karena mungkin saja setelah beberapa bulan badan Si Kecil mulai membesar.

Jika kamu memiliki pertanyaan tentang semua perlengkapan bayi yang baru lahir, dokter anak dari Halodoc dapat memberikan saran yang terbaik. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, ibu juga dapat berdiskusi dengan ahli medis profesional tentang cara menjaga kesehatan Si Kecil dan hal lainnya. Nikmati kemudahan dalam akses kesehatan tersebut sekarang juga!

3. Perlengkapan Mandi

Dalam satu atau dua minggu pertama hingga tali pusar bayi lepas, dokter menganjurkan untuk memandikan bayi dengan spons. Ibu tidak perlu memandikan bayi setiap hari, cukup tiga kali seminggu. Faktanya, memandikan bayi terlalu sering dapat membuat kulit kering hingga iritasi. Setiap mandi, ibu perlu memastikan untuk membersihkan tempat-tempat yang tersembunyi agar benar-benar bersih.

Perlengkapan bayi baru lahir yang harus untuk kebutuhan mandinya, yaitu:

  • 3–5 kain lap bayi.
  • 1–2 handuk yang lebih besar.
  • 1 spons bayi.
  • 1 botol sabun mandi bayi.
  • 1 botol lotion bayi.
  • Bak mandi bayi.

4. Perlengkapan Tidur Bayi

Tempat tidur bayi juga salah satu perlengkapan bayi baru lahir yang harus dipenuhi, seperti boks bayi, ayunan, dan keranjang bayi. Disarankan agar bayi tidur di kamar yang sama dengan orangtuanya selama 6–12 bulan usianya. Jangan gunakan selimut, bantal yang tebal, hingga mainan yang empuk karena dapat membahayakan. Jika ibu tidur satu ranjang dengan bayi, ada baiknya perhatikan beberapa hal agar tidak membahayakan Si Kecil.

Itulah beberapa perlengkapan bayi baru lahir yang perlu dipenuhi jauh sebelum Si Kecil lahir. Jangan tunggu semakin dekat dengan persalinan karena beban yang ditanggung saat memilih-milih semua perlengkapan tersebut kerap membuat lelah. Bukan tidak mungkin rasa lelah yang berlebihan dapat menimbulkan dampak buruk.

Referensi:
Very Well Family. Diakses pada 2021. Everything You Need for Your Newborn Baby.
Pampers. Diakses pada 2021. Newborn Baby Checklist—The Must-Haves and More.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan