• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Seluk-Beluk Tentang Cat Flu pada Kucing Peliharaan

Ketahui Seluk-Beluk Tentang Cat Flu pada Kucing Peliharaan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Cat flu atau flu kucing sama seperti flu manusia. Cat flu dapat menyebabkan hidung dan mata berair dan sakit tenggorokan pada kucing. Gejala yang mungkin terasa yaitu nyeri pada otot dan persendian, sariawan, dribbling, bersin, kehilangan suara, dan demam. 

Cat flu biasanya tidak serius pada kucing dewasa, meskipun rasanya sangat sakit. Semua kucing dengan gejala cat flu harus mendapatkan perawatan dari dokter hewan. Kondisi ini bisa menjadi serius atau fatal bila terjadi pada anak kucing dan kucing dewasa yang memiliki penyakit serius lainnya. 

Baca juga: Sedang Hamil? Hati-hati Ancaman Toksoplasma

Penyebab Cat Flu pada Kucing Peliharaan

Kekhawatiran yang biasa terjadi dari cat flu adalah risiko kerusakan mata yang berlangsung lama, bahkan pada hewan yang tampaknya mengalami cat flu ringan. Pada kondisi ini, biasanya juga sering ditemukan borok atau luka mata, terutama pada anak kucing. Borok mata dapat berkembang menjadi masalah kesehatan serius dan bahkan menyebabkan hilangnya mata. 

Jika kucing atau anak kucing peliharaan kamu terlihat sakit atau matanya tertutup sebagian, segeralah hubungi dokter hewan melalui aplikasi Halodoc, bila perlu untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Cat flu biasanya disebabkan oleh salah satu dari dua jenis virus, yaitu Feline Viral Rhinotracheitis Virus atau Feline Calicivirus, atau terkadang jenis bakteri tertentu. Setelah terinfeksi, kucing akan mengeluarkan partikel virus di kotoran hidung dan mata serta air liur. Meskipun kucing sakit adalah sumber infeksi terbesar, beberapa kucing yang sehat juga bisa menjadi pembawa virus. 

Meskipun kucing sehat tidak mengidap cat flu, tapi mereka dapat melepaskan partikel virus dan menginfeksi kucing lain. Partikel tersebut dapat bertahan hingga seminggu di lingkungan, jadi kucing bahkan tidak perlu bertemu dengan kucing lain untuk tertular penyakit. 

Penyakit ini mudah menyebar melalui kontak dengan mangkuk makanan atau mainan kucing yang terinfeksi. Atau bahkan pada pakaian orang-orang setelah menyentuh kucing yang terinfeksi. Cat flu dapat didiagnosis dengan mengambil sampel dan mencari virusnya.

Baca juga: Bolehkah Memelihara Kucing Saat Hamil? Temukan Jawabannya Di Sini

Mengobati Cat Flu pada Kucing Peliharaan

Sebenarnya belum ada obat antivirus yang efektif dan umum digunakan. Antibiotik, vitamin peningkat daya tahan tubuh, dan penguapan dengan nebulizer dapat diberikan untuk membantu penanganan. Sama seperti flu manusia, begitu virus merusak lapisan halus hidung dan saluran udara, infeksi bakteri dapat masuk dan menyebabkan komplikasi seperti pneumonia. 

  • Berikan Makanan Bernutrisi dan Air Minum yang Cukup

Merawat kucing peliharaan yang mengalami cat flu sangat penting dilakukan. Gejala gangguan hidung tersumbat dan sariawan dapat membuat kucing berhenti makan dan minum. Hal ini bisa menyebabkannya dehidrasi, yang berbahaya pada anak kucing. Berikan kucing makanan bernutrisi dan minuman dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhnya. 

  • Bersihkan Mata, Tubuh, dan Hidung Kucing

Ketika sedang flu, tubuh, mata dan hidung kucing akan kotor atau berlendir. Sebaiknya tetap jaga kebersihan setiap bagian tubuh kucing. Mata dan hidung kucing yang sedang flu biasanya mengeluarkan kotoran karena mengalami peradangan. Seka kotoran mata atau hidung yang terkumpul dengan bantalan kapas yang dicelupkan ke dalam air garam hangat. 

  • Hindari Memandikan Kucing

Meskipun kamu harus menjaga kebersihan kucing saat ia sedang flu, namun hindari untuk memandikannya. Tubuh kucing yang terkena flu harus tetap hangat. Jika dimandikan justru akan memperparah flu. 

Baca juga: Bahaya Cakaran Kucing yang Perlu Diwaspadai

  • Biarkan Kucing Mendapatkan Cukup Istirahat

Kucing membutuhkan cukup istirahat, khususnya saat sedang flu. Dengan mendapatkan istirahat yang cukup, kucing dapat segera pulih dan sembuh. 

  • Jemur Kucing

Dengan menjemur akan membantu menghangatkan tubuh kucing. Tidak perlu lama-lama, kamu bisa menjemur kucing kesayanganmu cukup 10-15 menit di pagi hari sekitar pukul 8-9. 

Itulah yang perlu kamu ketahui tentang cat flu pada kucing peliharaan. Pastikan kucing kesayangan kamu terjaga kesehatannya agar tidak mudah terserang penyakit. 

Referensi:
Blue Cross. Diakses pada 2020. Cat Flu
Purina. Diakses pada 2020. Cat Flu: Symptoms, Treatment & Long-term Effects
PDSA. Diakses pada 2020. Cat flu