Ketahui Tes untuk Diagnosis Kondisi Penoscrotal Webbing

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   07 Februari 2023

“Pemeriksaan penoscrotal webbing dapat dilakukan secara mandiri dengan merentangkan penis dan skrotum ke arah yang berlawanan. Bila setelah direntangkan terdapat selaput lebar, itu berarti orang tersebut mengalami penoscrotal webbing.”

Ketahui Tes untuk Diagnosis Kondisi Penoscrotal WebbingKetahui Tes untuk Diagnosis Kondisi Penoscrotal Webbing

Halodoc, Jakarta – Penoscrotal webbing adalah kondisi ketika kulit skrotum melekat dengan batang penis. Perlekatan ini terkadang bisa sampai ke kepala penis yang mengakibatkan penampakan penis dan kulit skrotum seperti selaput. 

Penoscrotal webbing terkadang sering disalahartikan dengan kondisi penis terkubur. Walaupun sekilas mirip, tetapi dua hal ini adalah jenis gangguan yang berbeda. Seperti apa tes untuk diagnosis kondisi penoscrotal webbing? Baca selengkapnya di sini!

Pemeriksaan untuk Diagnosis Penoscrotal Webbing

Dokter dapat mendiagnosis penoscrotal webbing melalui pemeriksaan fisik. Sebenarnya, pemeriksaan ini juga bisa dilakukan secara mandiri. Caranya adalah:

1. Menarik penis perlahan ke atas dan pada saat bersamaan, tarik kulit skrotum ke arah bawah.

2. Jika setelah ditarik kamu melihat tampilan kulit seperti selaput, kemungkinan kamu memiliki penis berselaput.

Setelah melakukan pemeriksaan mandiri demikian dan menemukan gejala penoscrotal webbing, ada baiknya untuk segera melakukan kunjungan ke dokter. Pada umumnya, dokter akan melakukan hal yang sama, baru kemudian merekomendasikan tindakan operasi. 

Kamu akan merasakan ketidaknyamanan atau nyeri ringan setidaknya selama tiga sampai lima hari setelah dilakukannya tindakan operasi. Butuh beberapa minggu untuk pulih. 

Selama masa pemulihan, kamu bisa saja mengalami pembengkakan dan ketidaknyamanan di area skrotum. Dokter akan memberikan informasi bagaimana penanganan untuk perawatan pascaoperasi, seperti menggunakan cawat olahraga.

Pemulihan dan penyembuhan total memakan waktu sekitar enam minggu. Selama kurun waktu tersebut, kamu diminta untuk menghindari aktivitas seksual. 

Jenis Operasi untuk Kondisi Penoscrotal Webbing

Penanganan penoscrotal webbing dilakukan dengan tindakan operasi. Ada beberapa metode operasi yang dilakukan untuk kondisi ini yaitu: 

1. Byars preputial skin

Ini adalah jenis operasi flap (cangkok kulit) yang digunakan untuk mengobati berbagai gangguan kondisi penis. Pembedahan melibatkan pengambilan kulit dari kulit khatan dan menggunakannya untuk menutupi kelenjar (kepala) penis. 

2. Diamond-shaped skin flap

Disebut diamond karena pada  persimpangan penoscrotal (pertemuan antara skrotum dan penis) akan dibuat potongan berbentuk berlian. Dua area kulit dipotong, dan dua lainnya ditarik ke sisi yang berlawanan dan dijahit dalam bentuk Z dengan jahitan chromic catgut.

3. VY plasty

VY plasty adalah prosedur pembedahan di mana sayatan berbentuk “V” ditempatkan pada sayatan penoscrotal untuk memperbaiki penis yang berselaput. 

4. Sayatan melintang dengan penutupan vertikal

Sayatan melintang dengan prosedur vertikal melibatkan pembuatan sayatan melintang di pangkal penis, dan kemudian menutup sayatan secara vertikal. Prosedur ini efektif untuk menangani penoscrotal webbing dan dapat membantu memperbaiki penampilan penis.

5. Insisi parapenile

Operasi melibatkan membuat sayatan di jaringan penis sejajar dengan batang penis. Operasi ini biasanya dilakukan pada anak laki-laki untuk memisahkan penis dari skrotum.

Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan, dan pilihan metode tergantung pada tingkat keparahan pembentukan selaput. Itulah informasi mengenai diagnosis kondisi penoscrotal webbing.

Kalau kamu punya masalah dengan kesehatan reproduksi, kamu bisa buat janji pemeriksaan dan tanya dokter spesialis reproduksi lewat aplikasi Halodoc.

Dengan aplikasi ini, kamu juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan lain sesuai dengan kebutuhanmu ataupun keluarga. Cek selengkapnya dengan klik gambar berikut:

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Webbed Penis (Penoscrotal Webbing).
New York Urology Specialists. Diakses pada 2023. Penoscrotal Webbing Repair Surgery: Experienced Specialists in NYC.
Icliniq The Virtual Hospital. Diakses pada 2023. Webbed Penis – What Does It Mean?
Journal of Pediatric Urology. Diakses pada 2023. Correction of congenital penoscrotal webbing in children: A retrospective review of three surgical techniques.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan