• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Tingkatan Kadar Trigliserida pada Tubuh

Ketahui Tingkatan Kadar Trigliserida pada Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta -  Trigliserida adalah jenis lemak yang ditemukan dalam darah. Saat kamu makan, tubuh mengubah kalori apa pun yang tidak diperlukan menjadi trigliserida. Trigliserida disimpan dalam sel-sel lemak. Trigliserida akan dilepaskan oleh hormon di antara waktu makan untuk memenuhi energi di dalam tubuh. 

Ketika kamu makan lebih banyak kalori daripada yang bisa tubuh bakar, maka kadar trigliserida semakin meningkat. Memiliki kadar trigliserida yang tinggi dalam darah meningkatkan risiko penyakit jantung. Penting untuk rutin mengukur kadar trigliserida, terutama jika kamu mengidap obesitas atau punya riwayat jantung. 

Baca juga: 5 Pantangan Makanan saat Kadar Trigliserida Tinggi

Cara Mengukur Kadar Trigliserida

Kadar trigliserida dalam darah dapat diukur dengan tes darah sederhana. Seringkali, trigliserida diukur sebagai bagian dari panel lipoprotein, di mana trigliserida, kolesterol, HDL (lipoprotein densitas tinggi) dan LDL (lipoprotein densitas rendah) diukur pada waktu yang sama. Sebelum melakukan tes ini, kamu perlu berpuasa selama 8-12 jam sebelum tes. Alasannya karena trigliserida dipengaruhi oleh makan dan pencernaan. 

Hasil bisa tidak akurat jika tes darah dilakukan setelah makan. Trigliserida yang meningkat menempatkan seseorang pada risiko penyakit aterosklerosis, yakni penyempitan atau pengerasan pembuluh darah arteri. Melansir dari Mayo Clinic, berikut ini tingkatan kadar trigliserida yang perlu kamu ketahui :

  • Kadar trigliserida normal dalam darah jumlahnya kurang dari 150 miligram per desiliter (mg / dL). Batas atas trigliserida antara 150-200 miligram per desiliter.
  • Kadar trigliserida yang tinggi yakni lebih dari 200 miligram per desiliter. Tingginya kadar trigliserida dikaitkan dengan peningkatan risiko aterosklerosis, penyakit arteri koroner dan stroke.
  • Kadar trigliserida dikatakan sangat tinggi jika melebihi 500 miligram per desiliter. Kadar trigliserida yang sangat tinggi menyebabkan pankreatitis (radang pankreas).

Kalau kamu berencana mengukur kadar trigliserida, kamu memesan cek lab melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, lewat fitur cek lab kamu bisa melakukan tes di rumah. Buka aplikasi Halodoc, lalu tentukan jenis dan waktu pemeriksaan. Petugas lab akan datang sesuai waktu yang ditetapkan. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Baca juga: Lebih Bahaya Mana, Trigliserida Tinggi dan Kolesterol Tinggi?

Cara Mengontrol Kadar Trigliserida dalam Tubuh

Kalau kamu ingin terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan kadar trigliserida yang tinggi, kamu mungkin perlu memilih gaya hidup sehat berikut ini:

  • Rutin berolahraga. Pastikan kamu rutin berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Olahraga teratur menurunkan trigliserida dan meningkatkan kolesterol "baik" (HDL). Kamu juga bisa menambahkan lebih banyak aktivitas fisik ke dalam tugas-tugas harian, seperti menaiki tangga di tempat kerja atau berjalan-jalan saat istirahat.
  • Hindari gula dan karbohidrat olahan. Karbohidrat sederhana, seperti gula dan makanan yang dibuat dengan tepung putih atau fruktosa, dapat meningkatkan trigliserida.
  • Menurunkan berat badan. Jika kamu mengidap hipertrigliseridemia ringan hingga sedang, sebaiknya turunkan berat badan dengan cara yang sehat. Mengurangi kalori otomatis akan mengurangi trigliserida.
  • Pilih lemak yang lebih sehat. Lemak jenuh yang ditemukan dalam daging dapat meningkatkan kadar trigliserida secara signifikan. Oleh sebab itu, pilihlah lemak sehat yang ditemukan pada tanaman, seperti minyak zaitun dan minyak kanola. Kurangi asupan daging merah dan ganti dengan ikan yang mengandung asam lemak omega-3, seperti salmon. 
  • Batasi konsumsi alkohol. Alkohol tinggi kalori dan gula, sehingga memiliki efek yang sangat kuat pada trigliserida. 

Baca juga: 4 Cara Mencegah Trigliserida Tinggi pada Lansia

Itulah gaya hidup sehat yang perlu kamu lakukan untuk mengontrol kadar trigliserida dalam tubuh. Jangan lupa untuk memenuhi cairan tubuh dengan minum air putih minimal delapan gelas sehari. 

Referensi :
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Triglycerides: Why do they matter?.
Medicinet. Diakses pada 2020. Triglyceride Test (Lowering Your Triglycerides).