Ketahui Waktu Penyembuhan Cedera Tendon Achilles

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   26 Desember 2022

“Cedera tendon achilles adalah masalah yang pemulihannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Maka dari itu, tindakan yang tepat perlu dilakukan agar lebih cepat pulih.”

Ketahui Waktu Penyembuhan Cedera Tendon AchillesKetahui Waktu Penyembuhan Cedera Tendon Achilles

Halodoc, Jakarta – Cedera adalah masalah yang dapat terjadi pada semua orang, terutama pada seseorang yang rutin berolahraga. Salah satu jenis cedera yang bisa terjadi adalah tendon achilles. Bagi seseorang yang mengalaminya, gangguan ini disebut-sebut membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh. Namun berapa lama, ya?

Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Menyembuhkan Cedera Tendon Achilles

Dengan bantuan terapi fisik, seseorang dapat kembali beraktivitas normal dalam 4 hingga 6 bulan setelahnya. Saat terapi ini dilakukan, pengidapnya akan mempelajari latihan untuk membuat otot betis menjadi lebih kuat, serta tendon achilles lebih lentur.

Saat seseorang sudah mulai mampu menggerakkan tumit, kemungkinan dapat sembuh setelah 2 hingga 3 minggu dan maksimal selama 6 minggu. Maka dari itu, tindakan terapi sangat diperlukan agar lebih cepat untuk pulih.

Saat otot betis sudah mulai meregang, cobalah untuk menggerakkannya secara perlahan. Jangan melakukan lompatan atau menggunakan bagian kaki yang sakit saat beraktivitas hingga benar-benar pulih total.

Bahkan setelah sembuh, risiko untuk mengalami cedera tendon achilles cukup tinggi. Maka dari itu, hal yang perlu dilakukan, antara lain:

  • Menjaga kebugaran tubuh dan melakukan peregangan sebelum olahraga.
  • Hindari sepatu dengan hak tinggi.
  • Pastikan ke dokter terkait olahraga yang boleh dilakukan.
  • Melakukan pemanasan dan peregangan dan porsi yang tepat.

Alasan Cedera Tendon Achilles Lama untuk Pemulihan

Berbeda dengan jaringan otot, tendon tidak mendapatkan suplai darah yang signifikan. Darah dibutuhkan oleh bagian yang cedera untuk memberikan cairan dan nutrisi yang penting untuk penyembuhan.

Semakin sedikit darah yang dikirim, waktu yang dibutuhkan untuk kesembuhan jadi lebih lama. Terlebih lagi pada tendon Achilles yang tipis, pemulihannya bisa membutuhkan waktu yang lebih lama lagi. Pada para atlet, kondisi ini dapat mengakhiri karir seseorang.

Untuk rencana perawatan bergantung pada banyak faktor, terutama tingkat keparahan dari cedera yang dialami. Pendekatan non-bedah perlu dilakukan dengan penggunaan gips disertai terapi fisik.

Hal ini dilakukan agar robekan tersebut dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, banyak kasus yang membutuhkan pembedahan agar bisa mendapatkan penyembuhan yang tepat dan waktu yang lebih singkat.

Tindakan Operasi untuk Mengatasi Cedera Tendon Achilles

Tindakan bedah perlu dilakukan diikuti dengan penggunaan gips atau sepatu bot selama beberapa minggu. Terapi fisik dan pelatihan juga diperlukan segera setelah sayatan bedah sembuh.

Untuk tindakan operasi, seseorang akan dibius untuk membuka kulit betis dan belakang pergelangan kaki. Pada beberapa kasus, tindakan invasif yang kecil perlu digunakan dengan sayatan sekitar 7 sampai 10 cm.

Setelah itu, pembedahan akan mengangkat jaringan yang rusak dan memperbaikinya. Lalu, ahli bedah mungkin mengangkat sepotong kecil tendon dari kaki satunya, untuk digunakan sebagai pengganti pada bagian yang bermasalah. Akhirnya, sayatan ditutup dan pasien boleh pulang.

Itulah pembahasan mengenai lama penyembuhan cedera tendon achilles disertai alasan kenapa penyembuhannya lama. Saat mengalami cedera, memang sebaiknya langsung melakukan pemeriksaan agar benar-benar diketahui penyebab utamanya. Sehingga, tindakan yang tepat bisa dilakukan.

Kamu bisa, lho, memesan tindakan pemeriksaan cedera di rumah sakit melalui fitur janji medis dari aplikasi Halodoc. Segala kemudahan dalam akses kesehatan ini bisa didapatkan kapan dan dimana saja hanya melalui akses dari smartphone. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medline Plus. Diakses pada 2022. Achilles tendon rupture – aftercare.
UT Southwestern Medical Center. Diakses pada 2022. Achilles tendon injuries: Why do they take so long to heal?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan