• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Keuntungan Olahraga Berkurang Akibat Olahraga Berlebihan

Keuntungan Olahraga Berkurang Akibat Olahraga Berlebihan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Keuntungan Olahraga Berkurang Akibat Olahraga Berlebihan

Halodoc, Jakarta — Aktifitas fisik yang dilakukan secara teratur memang dapat membantu memperpanjang umur. Olahraga tentu baik, tapi harus dilakukan secukupnya saja. Karena berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan justru akan berkurang akibat olahraga berlebihan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh seorang kardiolog bernama Dr. James O’Keefe, olahraga berlebihan itu betul-betul ada. Olahraga bisa mencegah dan bahkan mengatasi penyakit-penyakit kronis. Namun, sama halnya seperti obat, terlalu banyak olahraga berpotensi menyebabkan overdosis olahraga.

(Baca juga: Ingin Ikut Lari Maraton? Persiapkan Diri dengan Cara Ini)

Para peneliti yang mempublikasikan hasil temuan mereka di Mayo Clinic Proceedings mempelajari orang-orang yang mengikuti kompetisi olahraga seperti maraton, triatlon, ultramaraton dan lomba bersepeda jarak jauh.

Secara keseluruhan, para atlet yang fokus pada latihan endurance ini punya kualitas hidup yang jauh lebih baik dari pada orang-orang yang malas berolahraga. Rata-rata, para atlet ini hidup tujuh tahun lebih lama dibandingkan orang yang tidak aktif berolahraga.

Meski begitu, ketika para peneliti fokus pada mereka yang melatih endurance secara ekstrem, para peneliti tidak menemukan manfaat yang didapat oleh subjek penelitian. Bahkan, akibat olahraga berlebihan ini cenderung negatif.

Saat menjalani olahraga berat seperti maraton, jantung harus memompa darah lima kali lebih banyak dibandingkan saat kita sedang beristirahat. Hal ini dapat menyebabkan perubahan jangka pendek di pada jantung dan arteri besar.

Tanpa ada latihan lanjutan, tubuh biasanya kembali ke kondisi semula dalam jangka waktu satu minggu. Olahraga berlebihan yang terus-menerus dilakukan sampai tahap ekstrem dapat membahayakan jantung dan berisiko menjadikan detak jantung tidak stabil. Hal ini bisa berujung pada kondisi yang lebih serius nantinya.

Para peneliti menekankan bahwa olahraga adalah kegiatan yang penting untuk dilakukan, apalagi kalau kamu ingin merasa lebih baik dan memiliki hidup lebih panjang. Tapi, perlu diingat bahwa keuntungan olahraga ini bisa didapatkan ketika kita olahraga cukup sekitar 30 menit sampai 60 menit setiap harinya.

(Baca juga: Tips, Manfaat dan Waktu yang Tepat untuk Lari Pagi)

Enggak mau kan terkena dampak negatif akibat olahraga berlebihan? Kamu bisa bicara dengan dokter kalau mau tahu apa kamu olahraga berlebihan atau tidak. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya jawab dengan dokter dari manapun, kok! Aplikasi Halodoc ini juga menyediakan layanan pesan antar obat/vitamin serta cek lab. Kamu bisa download aplikasi ini di Google Play atau App Store.