• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lakukan 5 Hal Ini saat Asam Lambung Kambuh

Lakukan 5 Hal Ini saat Asam Lambung Kambuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Penyakit asam lambung menjadi salah satu gangguan pencernaan yang umum terjadi, terlebih pada remaja dan usia dewasa produktif. Kondisi ini terjadi ketika asam dari lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan berbagai gejala yang tidak nyaman.

Dilansir dari Medical News Today, gejala asam lambung yang cukup umum adalah munculnya rasa tidak nyaman dengan sensasi seperti terbakar di dada (heartburn). Menurut American College of Gastroenterology (ACG), pengidap asam lambung melaporkan bahwa perasaan tidak nyaman tersebut bisa menjalar sampai ke belakang tulang dada.

Rasa tidak nyaman saat asam lambung kambuh bisa terasa di leher dan tenggorokan sehingga beberapa orang merasakan rasa pahit atau asam di dalam mulut. Gejala asam lambung naik bisa berlangsung selama beberapa jam. Bagi sebagian pengidap, gejala bisa memburuk setelah makan, sementara itu yang lain mungkin mengalami gejala sebelum makan.

Baca juga: Bukan Cuma Mag, Ini Penyebab Asam Lambung Naik

Cara Mengatasi Asam Lambung

Penyakit asam lambung yang kambuh biasanya dipicu oleh makanan yang dikonsumsi, terutama makanan pedas, berlemak, atau asam. Jika kondisi ini semakin sering terjadi, pemicunya mungkin adalah gastroesofageal reflux disease (GERD), yaitu suatu kondisi kronis dengan banyak kemungkinan penyebabnya.

Apa pun penyebabnya, asam lambung yang kambuh bisa membuat pengidapnya merasa tidak nyaman. Berikut ini beberapa cara mengatasi asam lambung yang bisa kamu coba lakukan saat asam lambung kambuh:

  • Melonggarkan Pakaian

Beberapa kasus asam lambung yang kambuh mungkin disebabkan oleh pakaian yang terlalu ketat hingga menekan perut. Bila memang itu masalahnya, hal pertama yang perlu kamu lakukan sudah pasti melonggarkan ikat pinggang, celana, baju, atau apa pun itu yang membuat tubuh terasa sesak.

  • Berdiri Tegak

Postur tubuh tertentu ternyata juga bisa memicu asam lambung kambuh. Jadi, bila asam lambung naik ketika kamu sedang duduk atau berbaring, cobalah berdiri. Bila kamu sudah berdiri, cobalah untuk berdiri dengan postur yang lebih tegak. 

Bukan tanpa alasan, postur tubuh yang tegak dapat meringankan tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah (LES), yaitu cincin otot yang membantu menghentikan naiknya asam lambung ke kerongkongan.

  • Konsumsi Jahe

Jahe sudah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi gejala heartburn. Tanaman rempah ini juga membantu meredakan mual sehingga dipercaya baik untuk membantu mengatasi asam lambung yang kambuh. 

Cobalah untuk menambahkan parutan jahe atau jahe yang dipotong kecil ke dalam masakan. Kamu juga bisa minum teh jahe hangat atau air rebusan jahe saat asam lambung kambuh untuk meredakan rasa tidak nyaman pada perut.

Namun, sebaiknya kamu menghindari minum ginger ale. Minuman berkarbonasi menjadi pemicu asam lambung yang paling umum, dan sebagian besar produk minuman ginger dibuat dengan perasa buatan.

  • Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet selama setengah jam setelah makan juga bisa menjadi cara mengatasi asam lambung yang sedang kambuh. Mengunyah permen karet dapat memicu mulut untuk memproduksi air liur dan menelan. Cara alami ini dipercaya dapat membantu mengencerkan dan membersihkan asam lambung dari kerongkongan.

Baca juga: Mitos atau Fakta Mengunyah Permen Karet Bantu Atasi Stres

  • Konsumsi Obat Asam Lambung

Tak ada salahnya untuk mengonsumsi obat asam lambung jika berbagai cara lain tidak mengurangi gejala yang kamu rasakan. Ada beberapa jenis obat asam lambung yang dijual bebas, yaitu antasida, H2 blocker, dan obat penghambat pompa proton atau PPI.

Obat jenis PPI dan H2 mampu mengurangi jumlah asam yang dikeluarkan oleh lambung sehingga membantu mengatasi asam lambung naik kembali. Sementara obat jenis antasida bermanfaat untuk menetralkan asam lambung. 

Sebelum mengonsumsi obat asam lambung, pastikan kamu membicarakannya terlebih dahulu dengan dokter. Pasalnya, beberapa obat bebas atau resep untuk mengobati asam lambung dapat berinteraksi dengan obat lain. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter penyakit dalam tanpa perlu keluar rumah. Jadi, sehat sudah pasti lebih mudah. 

Baca juga: Ini Tanda Jika Penyakit Asam Lambung Sudah Parah

Itulah beberapa cara mengatasi asam lambung yang bisa kamu lakukan ketika asam lambung kambuh. Penyakit asam lambung biasanya bisa sembuh dalam beberapa jam setelah melakukan beberapa perawatan di atas. Namun, bila kamu mengalami heartburn yang disertai dengan gejala keringat dingin dan sesak napas, sebaiknya segera ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan. Pasalnya, kondisi tersebut bisa mengindikasikan masalah jantung.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. How can you stop acid reflux?
Healthline. Diakses pada 2021. How to Get Rid of Heartburn.