• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Libur Telah Dekat! Lakukan Ini Agar Tetap Semangat Kerja

Libur Telah Dekat! Lakukan Ini Agar Tetap Semangat Kerja

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Libur Telah Dekat! Lakukan Ini Agar Tetap Semangat Kerja

Halodoc, Jakarta - Musim liburan yang semakin dekat kerap membuat kamu yang lagi sibuk kerja justru mulai loyo dan enggak semangat. Bagaimana tidak, bayangan pantai yang biru atau pegunungan yang hijau telah mulai memenuhi hari. Harus bagaimana ya, kalau rasa seperti ini muncul?

Sebenarnya, sah-sah saja kamu merasa bersemangat dalam menyambut libur panjang, namun pastikan kamu tidak melewatkan kewajiban untuk bekerja, ya. Apalagi kalau sampai produktivitas menurun. Agar hal itu tak terjadi, lakukan beberapa hal berikut agar tetap semangat bekerja meski liburan telah dekat!

       1. Sarapan

Sarapan adalah waktu makan terpenting dalam satu hari. Nah, sebaiknya sebelum berangkat ke kantor biasakan untuk menyantap sarapan sehat. Hal ini tentu akan membantu menjaga produktivitas dan semangat kamu dalam bekerja.

Sebuah penelitian menemukan bahwa menyantap sarapan sehat setiap pagi dapat meningkatkan kemampuan mengingat. Selain itu, sarapan sehat dan penuh gizi juga dapat membuat konsentrasi terjaga. Membiasakan sarapan juga bisa membantu menghindari penyakit seperti obesitas, diabetes hingga penyakit jantung.

       2. Bangun Pagi

Salah satu kebiasaan yang bisa dilakukan untuk membuat lebih semangat adalah bangun pagi. Sebab saat bangun pagi, kamu memiliki lebih banyak waktu untuk menyiapkan segala hal sebelum bekerja. Tentunya hal ini pun akan sangat memengaruhi mood. Memiliki waktu yang sempit untuk bersiap di pagi hari sering membuat mood seseorang berantakan.

Selain itu, bangun pagi juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Biasakan juga untuk selalu menyempatkan diri mendapatkan sinar matahari pagi. Sinar matahari adalah sumber vitamin D dan terbukti dapat meningkatkan mood positive seseorang. Pertimbangkan untuk mengisi bangun pagi dengan berolahraga ringan, seperti berlari. Nah, tentunya untuk dapat bangun pagi kamu perlu tidur yang cukup di malam hari. Untuk itu hindari pula begadang dan tidurlah sesuai jadwal.

       3. Atur Meja Kerja

Untuk memastikan kenyamanan dan semangat saat bekerja, tentunya harus dimulai dari tempat kamu bekerja. Kamu bisa mengatur ulang atau merapaikan meja kerja sehingga membuat lebih semangat dan produktif.

Kamu bisa menerapkan gaya yang disukai seperti boneka, pajangan meja, bingkai foto atau sekadar kertas dan pulpen berwarna cerah. Memajang poster artis idola juga bisa membuat kamu lebih betah dan semangat dalam bekerja. Namun tentunya kamu harus menyesuaikan dengan kebijakan perusahaan dan kenyamanan teman kantor yang lain, ya.

       4. Kreasikan Penampilan

Karena hampir tak ada orang yang tidak menyukai keindahan, jadi kamu bisa lebih kreatif dengan penampilan kamu. Setiap pagi sebelum berangkat kerja, pilihlah beberapa pakaian terbaik dan kreasikan untuk mendapat penampilan sempurna. Kamu bisa mencoba untuk mencocokkan warna-warna yang cerah untuk menampilkan kesan ceria. Sebaliknya, jika kamu sedang ingin tampil kalem namun tetap berkelas, pilihlah pakaian berwarna gelap dengan bantuan aksesoris seperlunya. Penampilan yang baik akan menunjang rasa percaya diri dan tentunya akan membuat kamu lebih bersemangat dalam bekerja.

       5. Tersenyumlah

Tak hanya untuk orang lain, kamu juga perlu untuk tersenyum pada diri sendiri. Kebiasaan tersenyum telah terbukti dapat membuat seseorang lebih bersemangat dan sehat. Dengan tersenyum, tubuh akan memberitahu pada otak untuk lebih bahagia.

Saat tersenyum, terjadi pelepasan senyawa neuropeptida. Tersenyum juga menular, sehingga saat kamu tersenyum mungkin orang di sekitar yang melihat akan ikut melakukannya. Hal itu dapat membangun atmosfer positif di ruang kerja dan membuat pekerjaan menjadi lebih ringan.

Selain harus bersemangat, hal lain yang harus kamu persiapkan sebelum masa liburan adalah kesehatan dan kebugaran tubuh. Agar dapat menikmati liburan, pastikan kamu tidak memiliki keluhan apapun. Untuk menjaga tubuh tetap fit, bicarakanlah seputar kondisi tubuh dengan dokter. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Membeli produk kesehatan pun sangat mudah dengan Halodoc. Ayo, download Halodoc di App Store dan Google Play.