• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Makanan Manis Bisa Memicu Radang Tenggorokan, Ini Faktanya

Makanan Manis Bisa Memicu Radang Tenggorokan, Ini Faktanya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Makanan Manis Bisa Memicu Radang Tenggorokan, Ini Faktanya

Makanan manis tergolong makanan yang mengandung kadar asam tinggi. Keasaman menyebabkan peradangan yang membuat individu dengan kecenderungan kelebihan asam rentan terhadap semua jenis kondisi terkait, seperti iritasi kulit, nyeri sendi, dan juga radang tenggorokan.

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu mengonsumi makanan manis yang kemudian diakhiri dengan radang tenggorokan? Mengapa itu bisa terjadi? Perlu diketahui gula adalah makanan asam yang dapat merusak keseimbangan asam basa tubuh. 

Segala bentuk makanan manis dapat memicu radang tenggorokan terutama pada orang yang sensitif. Namun, jenis yang paling buruk adalah gula putih serta kue, biskuit, puding, dan permen. Fakta selengkapnya mengenai makanan manis bisa memicu radang tenggorokan, bisa dibaca di sini!

Makanan Manis Tinggi Kadar Asam

Tubuh cenderung mengatur sendiri kadar asam/basa dengan bantuan makanan yang bersifat alkali. Namun, makanan yang umumnya dikonsumsi sehari-hari meninggalkan residu asam. Patogen (agen infeksi) menyukai lingkungan asam dan berkembang pada ketidakseimbangan seperti itu di dalam tubuh.

Karena keasaman menyebabkan peradangan, individu dengan kecenderungan kelebihan asam rentan terhadap semua jenis kondisi terkait, seperti iritasi kulit, nyeri sendi, dan juga radang tenggorokan. 

Itulah sebabnya makanan manis mengganggu fungsi kekebalan tubuh, yang mungkin menjadi alasan muncul reaksi lain dari tubuh termasuk radang tenggorokan. Manusia tidak dapat mengubah gula menjadi vitamin C seperti yang dapat dilakukan hewan. Glukosa dan asam askorbat bersaing satu sama lain. Itu berarti mengonsumsi makanan tinggi gula berarti menurunkan kadar vitamin C yang mengakibatkan melemahnya sistem kekebalan tubuh. 

Jika kamu mengalami radang tenggorokan yang dipicu oleh konsumsi makanan manis, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut untuk mengatasinya:

1. Mulailah memperbaiki keseimbangan asam/basa dalam tubuh dengan makanan kaya kalsium dan alkalinisasi seperti sayuran berdaun hijau dan minum segelas air dengan irisan lemon segar.

2. Mengonsumsi probiotik juga baik untuk membantu memulihkan keseimbangan bakteri di saluran pencernaan.

3. Cukup tidur.

4. Konsumsi air dengan suhu kamar .

5. Hilangkan kebiasaan yang merusak kekebalan misalnya, merokok, konsumsi makan bergula, dan lain-lain.

Makanan yang dapat Meringankan Radang Tenggorokan

Mengalami radang tenggorokan adalah kondisi yang tidak nyaman, untuk itu ada beberapa jenis makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi, yaitu:

1. Jus Delima

Studi telah menunjukkan bahwa nutrisi dalam jus delima dapat menangkal infeksi dan mengurangi peradangan. 

2. Pisang

Tekstur buahnya yang lembut membuat pisang sesuai untuk sakit tenggorokan.

3. Sup Ayam

Penelitian menyebutkan sayuran dan dan sup ayam memiliki sifat antiinflamasi dan membantu membersihkan saluran udara, yang dapat mengurangi gejala sakit tenggorokan.

4. Madu

Madu adalah pemanis alami yang dapat membantu melawan infeksi dan membantu penyembuhan luka. Kamu bisa menambahkan madu ke dalam teh untuk mengurangi peradangan.

5. Jahe

Jahe memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu sakit tenggorokan dengan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

6. Orak-Arik Telur

Telur adalah sumber protein yang baik, yang dibutuhkan tubuh untuk perbaikan jaringan. Orak-arik telur biasanya cukup lunak untuk ditoleransi oleh tenggorokan yang meradang.

7. Jeli

Jeli mudah ditelan dan mengandung gelatin, yang merupakan sumber protein yang baik. Jeli bisa tinggi gula, tetapi kamu bisa memilih yang bebas gula. Jello adalah sumber energi yang baik jika seseorang tidak mengonsumsi cukup kalori. 

Itulah informasi mengenai makanan yang direkomendasikan saat mengalami radang tenggorokan serta kenapa makanan manis picu radang tenggorokan. Kalau kamu butuh informasi lebih detail mengenai bahaya makanan manis, langsung saja tanyakan ke dokter melalui aplikasi Halodoc!

Referensi:
Longevity LIVE. Diakses pada 2021. Sugar And Sore Throats: What is the Link?
Drugs.com. Diakses pada 2021. Sore Throat Remedies And Treatments.
Healthline. Diakses pada 2021. What to Eat and Drink When You Have a Sore Throat.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Foods to eat and drink with a sore throat.