• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan untuk Meningkatkan Hormon pada Wanita

6 Makanan untuk Meningkatkan Hormon pada Wanita

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Hormon estrogen memiliki peran yang sangat penting di dalam tubuh wanita. Fungsi hormon estrogen di antaranya mengatur kinerja sistem reproduksi, meningkatkan peluang kehamilan, hingga menunjang perkembangan organ janin di dalam kandungan. Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga kadar hormon estrogen tetap seimbang. 

Pada dasarnya, hormon estrogen diproduksi secara alami oleh tubuh dalam kadar yang berbeda-beda. Wanita yang tengah merencanakan kehamilan atau tengah hamil umumnya membutuhkan lebih banyak hormon ini. Maka dari itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hormon pada wanita, salah satunya melalui makanan. Lantas, apa saja makanan yang bisa dikonsumsi? Berikut pembahasannya!

Makanan yang Kaya kandungan Estrogen

Estrogen adalah hormon yang penting bagi wanita. Kendati begitu, hormon ini sebenarnya juga ada di dalam tubuh pria namun dalam jumlah yang lebih sedikit. Hormon estrogen bukanlah hormon utama pria. 

Tubuh akan secara alami memproduksi hormon estrogen. Namun, ada beberapa jenis makanan yang disebut bisa meningkatkan kadar hormon estrogen dalam tubuh. Hal itu dianjurkan bagi wanita yang tengah hamil atau merencanakan kehamilan.

Ada berbagai jenis makanan yang kaya kandungan estrogen, sehingga bisa meningkatkan kadar hormon di dalam tubuh, di antaranya: 

  • Kacang Kedelai 

Salah satu makanan yang bisa meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh adalah kacang kedelai. Kandungan protein dan isoflavon dalam makanan ini bisa bekerja, seperti hormon estrogen alami. Selain kacang kedelai, kamu juga bisa mengonsumsi edamame yang memiliki kandungan nutrisi serupa. 

  • Sayuran 

Mengonsumsi sayuran sudah terbukti bisa memberi manfaat untuk kesehatan, karena banyak mengandung serat. Namun ternyata, jenis makanan yang satu ini juga bisa membantu meningkatkan hormon pada wanita. Beberapa jenis sayuran yang bisa dikonsumsi untuk menambah kadar estrogen adalah brokoli, kubis, atau kol. 

  • Buah Kering 

Beberapa jenis buah kering, seperti kurma atau kismis bisa menjadi camilan pilihan untuk meningkatkan kadar hormon estrogen dalam tubuh. Pasalnya, buah kering ini memiliki cukup banyak kandungan fitoestrogen. Tak hanya itu, jenis makanan yang satu ini juga banyak mengandung serat dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

  • Bawang Putih 

Siapa sangka, bahan makanan yang satu ini ternyata juga bisa meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh. Wanita yang banyak mengonsumsi makanan berbahan bawang putih disebut memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami kekurangan hormon estrogen. 

  • Tempe dan Tahu 

Kacang kedelai disebut bisa membantu mencegah tubuh kekurangan estrogen. Tempe dan tahu merupakan jenis olahan yang cukup populer dari kacang kedelai. Kedua makanan ini memiliki kandungan isoflavon yang cukup tinggi dan bisa memenuhi kebutuhan tubuh. Tak hanya itu, kedua makanan ini juga kaya akan prebiotik, vitamin, dan mineral, sehingga baik untuk dikonsumsi. 

  • Flaxseed 

Flaxseed merupakan salah satu jenis makanan yang paling banyak mengandung estrogen. Selain itu, jenis makanan ini juga kaya akan serat, sehingga baik untuk pengidap kolesterol tinggi serta gangguan pencernaan. Flaxseed bisa dicampur ke dalam salad atau dikonsumsi bersama yoghurt.

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice call dan chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 11 Estrogen-Rich Foods.
Time of India. Diakses pada 2020. Eat these foods to boost estrogen level in the body.
Parents. Diakses pada 2020. A Cheat Sheet to Pregnancy Hormones.
Berrywell Health. Diakses pada 2020. What Women Should Know About Having Low Estrogen.
Web MD. Diakses pada 2020. Normal Testosterone and Estrogen Levels in Women.