• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata

Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata

Halodoc, Jakarta - Mata dengan fungsinya sebagai organ untuk melihat sangat vital sehingga perlu terus dijaga kesehatannya. Banyak cara yang dilakukan agar organ penglihatan tersebut tetap sehat, salah satunya adalah mengonsumsi makanan yang memberi manfaat pada mata. Nah, pada artikel ini akan membahas makanan apa saja yang direkomendasi agar dapat menjaga kesehatan mata. Berikut ulasannya!

Makanan untuk Jaga Kesehatan Mata

Banyak orang yang percaya bahwa penglihatan yang buruk disebabkan oleh penuaan atau ketegangan mata sulit untuk dihindari. Padahal, sebenarnya jika menerapkan pola hidup sehat dapat mengurangi risiko gangguan kesehatan mata secara signifikan. Beberapa nutrisi yang terkandung pada makanan, seperti seng, tembaga, vitamin C, vitamin E, dan beta karoten, dapat mengurangi risiko gangguan mata sebesar 25 persen.

Baca juga: Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Pola hidup sehat yang terbaik harus terdiri dari protein, produk susu, buah-buahan, dan sayuran. Kamu disarankan untuk menggabungkan banyak jenis makanan dengan berbagai macam warna. Selain itu, kamu juga harus membatasi konsumsi makanan tidak sehat yang diproses, mengandung lemak jenuh, serta kaya kandungan gula. Berikut ini beberapa makanan yang cocok untuk menjaga kesehatan mata:

1. Ikan

Makanan pertama yang cocok untuk dikonsumsi agar dapat menjaga kesehatan mata adalah berbagai macam ikan. Jenis ikan yang paling direkomendasikan adalah salmon karena kaya akan kandungan asam lemak omega-3 atau disebut juga lemak sehat. Nutrisi tersebut berkontribusi pada perkembangan visual dan kesehatan retina pada bagian belakang mata serta mencegah mata kering. Pastikan untuk mengonsumsi ikan beberapa kali dalam satu minggu agar mata tetap sehat.

2. Telur

Kamu juga dapat menjaga kesehatan mata dengan rutin mengonsumsi telur. Kuning telur mengandung vitamin A, lutein, zeaxanthin, dan zink, yang sangat penting agar mata berfungsi dengan baik. Vitamin A dapat melindungi kornea yang merupakan permukaan mata. Selain itu, lutein dan zeaxanthin dapat menurunkan beberapa kondisi mata yang berhubungan dengan penambahan usia. Zink berguna untuk menjaga kesehatan retina dan membantu mata guna melihat lebih baik di malam hari.

Baca juga: Suka Bermain Gadget? Intip Cara Jaga Kesehatan Mata Ini

Selain itu, kamu juga dapat bertanya tentang semua hal yang dapat menjaga kesehatan mata agar tidak mudah terserang gangguan pada dokter dari Halodoc. Caranya mudah, cukup dengan download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari dan nikmati kemudahan terkait akses kesehatan!

3. Wortel

Wortel termasuk salah satu makanan yang dapat menjaga kesehatan mata. Sayuran ini kaya akan kandungan vitamin A dan juga beta karoten. Kedua nutrisi tersebut dapat menjaga permukaan mata, mencegah infeksi mata, dan kondisi mata yang berbahaya lainnya. Kamu dapat dengan mudah mengonsumsi wortel dalam bentuk utuh atau dipotong kecil-kecil menjadi camilan di waktu senggang.

4. Kale

Sayuran lainnya yang sangat menyehatkan untuk dikonsumsi dan juga bermanfaat bagi kesehatan mata adalah kale. Makanan ini mengandung banyak vitamin, nutrisi, dan mineral yang penting untuk tubuh. Kale memiliki antioksidan lutein dan zeaxanthin yang ditemukan pada beberapa makanan sebelumnya. Dengan mengonsumsi 100 gram kale, tubuh bisa mendapatkan 11,4 miligram lutein dan disarankan untuk mencukupi sekitar 10 miligram per hari. Sayuran lainnya yang dapat mencukupi kebutuhan lutein harian adalah paprika merah dan bayam.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak selama Belajar Online

Sekarang kamu tahu makanan apa saja yang dapat menjaga kesehatan mata agar segala gangguan yang terjadi karena penambahan usia dapat dihindari. Pastikan kamu mengonsumsi semua pilihan makanan tersebut karena kebanyakan orang sekarang ini bekerja di depan layar. Hal tersebut dapat meningkatkan gangguan pada mata. Jagalah kesehatan mata agar tetap dapat melihat dengan baik seumur hidup.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 7 Best Foods for Healthy Eyes.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Top 10 foods for healthy eyes.