• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Malas Berolahraga, Atasi dengan 7 Cara Ini

Malas Berolahraga, Atasi dengan 7 Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Malas Berolahraga, Atasi dengan 7 Cara Ini

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu termasuk orang yang malas berolahraga? Padahal, olahraga termasuk aktivitas yang direkomendasikan untuk dilakukan secara rutin sebagai bagian dari hidup sehat. 

Bukan hanya kesehatan fisik yang bakal kamu peroleh dari berolahraga, tetapi juga meningkatkan kesehatan mental dan mood. Selama berolahraga, tubuh melepaskan bahan kimia yang dapat meningkatkan suasana hati dan membuat kamu lebih rileks. Ini baik untuk mengatasi stres dan mengurangi risiko depresi. Belum tergugah juga untuk berolahraga? Simak cara mengatasi kemalasan latihan fisik di sini!


Supaya Tidak Malas Berolahraga


Seperti sudah disinggung sebelumnya, berolahraga dapat berdampak signifikan pada kesehatan fisik dan mental. Ikuti tips di bawah ini untuk mendapatkan semangat berolahraga!


Baca juga: 6 Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan dengan Bersepeda


1. Ganti Jenis Olahraga 

Berada di lingkungan baru akan membuat kamu tidak monoton dan ini cocok untuk kamu yang malas melakukan aktivitas itu-itu saja. Cobalah untuk mengombinasikan jenis latihanmu. Misalnya hari ini kamu sepedaan, besok lari, besoknya lagi yoga. 


2. Cobalah Sesuatu di Luar Zona Nyaman 

Jika kamu terlalu nyaman melakukan satu jenis olahraga saja, bisa jadi ini yang membuat kamu malas. Karena kamu sudah tahu langkah-langkahnya bagaimana. Nah, supaya kamu tidak bosan, cobalah untuk melakukan sesuatu di luar zona nyamanmu. Ini bisa dilakukan dengan tetap melakukan jenis olahraga yang sama, tetapi menambah durasi ataupun tantangan berbeda supaya kamu juga dapat meningkatkan kualitas latihanmu. 


3. Mengenakan Pakaian Olahraga yang Fun 

Siapa bilang olahraga hanya soal mengolah fisik? Ternyata mengenakan pakaian yang nyaman, fun, dan keren juga dapat meningkatkan mood. Kalau dengan tampil fashionable bisa bikin kamu tidak malas berolahraga, kenapa tidak dicoba?


4. Perbarui Playlist 

Musik juga dapat memberikan pengaruh pada semangat berolahraga. Cobalah untuk memang playlist yang menyenangkan dan dapat meningkatkan semangatmu untuk mengolah badan. Bila perlu, ganti secara perkala playlist-mu supaya kamu tidak bosan. 


Baca juga: Gerakan Squat Bisa Hilangkan Selulit di Paha


5. Bergabung pada Kompetisi

Bergabung pada suatu kompetisi olahraga juga bisa membuat kamu semakin semangat berolahraga. Nah, misalnya nih kamu lagi asyik-asyiknya mencoba olahraga lari, cobalah untuk bergabung dengan kegiatan lari di gunung. Suasana baru dan semangat berkompetisi akan memompa energi untuk tetap berolahraga. 


6. Olahraga Bareng Teman 

Kalau kamu butuh seseorang untuk memotivasi, bisa jadi olahraga dengan teman-teman akan memompa semangatmu. Positifnya kalian bisa saling menyemangati kalau satu sama lain sedang loyo untuk olahraga.


 7. Apa yang Memotivasimu?

Pada akhirnya seberapa banyak pun list yang kamu buat untuk mengatasi rasa malas berolahraga, tips yang paling mujarab adalah memotivasi diri sendiri. Coba tanyakan pada diri sendiri, kira-kira apa yang paling memotivasi dirimu untuk berolahraga?

Berat badan, mengidap sakit tertentu, atau anggota keluarga yang mengalami sakit keras? Situasi pandemi saat ini juga menjadi motivasi kuat untuk berolahraga. Menjaga kesehatan fisik di masa pandemi adalah kunci meningkatkan imunitas tubuh.


Baca juga: Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Lari Pagi

Jika kamu berencana mangkir berolahraga dengan alasan lelah, tanyakan pada diri apakah itu kelelahan fisik atau mental. Jika kelelahan bukan karena kurang tidur, sakit, atau pekerjaan yang menuntut fisik, kemungkinan besar kamu lelah secara mental. 

Walaupun kelelahan mental sering kali terasa secara fisik, salah satu pengobatan terbaik adalah berolahraga. Namun, kalau ternyata lelahmu itu karena sakit, segera tanyakan solusinya pada dokter di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.



Referensi:
MedlinePlus. Diakses pada 2020. Benefits of Exercise.
Very Well Fit. Diakses pada 2020. How Your Mind Keeps You From Exercising.
My Virtual Mission. Diakses pada 2020. HOW TO OVERCOME WORKOUT LAZINESS.