Malas Cuci Tangan, 8 Penyakit Ini Mudah Menyebar

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   15 Oktober 2023

“Cuci tangan merupakan hal sederhana tetapi efektif, yang dapat mencegah tubuh dari tertular virus dan bakteri. Dengan mencuci tangan secara teratur kamu bisa mencegah berbagai penyakit menular, mulai dari flu hingga virus corona.”

Malas Cuci Tangan, 8 Penyakit Ini Mudah MenyebarMalas Cuci Tangan, 8 Penyakit Ini Mudah Menyebar

Halodoc, Jakarta – Sejak kecil, kamu mungkin sudah diajari oleh orang tua untuk mencuci tangan secara rutin, terutama setelah menggunakan kamar mandi dan sebelum makan. Selain menjaga kebersihan, cuci tangan juga merupakan cara yang sederhana, tetapi penting untuk mencegah penularan kuman penyebab penyakit.

Bukan tanpa alasan, telapak tangan merupakan bagian tubuh yang sering bersentuhan langsung dengan virus atau bakteri. Jika kamu menyentuh muka, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dibersihkan, hal ini bisa membuat kamu tertular infeksi.

Bukannya ingin menakut-nakuti, tetapi ada beberapa penyakit yang mudah menyebar bila kamu malas mencuci tangan.

Penyakit yang Bisa Menyebar Melalui Tangan Kotor

Sejumlah penyakit infeksi bisa menyebar dari satu orang ke orang lain melalui tangan yang kotor. Penyakit tersebut, antara lain:

1. Norovirus

Norovirus adalah kelompok virus yang sangat menular yang menyebabkan muntah dan diare. Infeksi virus ini bisa menyerang siapa saja dari segala usia, dan bisa menularkannya melalui kontak dengan orang yang terinfeksi, menyentuh permukaan yang terkontaminasi, atau mengonsumsi makanan yang sudah terpapar virus.

Nah, malas mencuci tangan bisa meningkatkan risiko kamu untuk tertular norovirus.

Meskipun penyakit ini biasanya bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi gejala yang timbul bisa mengganggu dan melemahkan daya tahan tubuh.

Namun, ada cara mudah dan efektif yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penyakit ini, yaitu dengan mencuci tangan sampai bersih setelah menggunakan kamar mandi, sebelum menyiapkan makanan, dan hindari menyentuh hidung dan mulut.

2. Flu

Meskipun merupakan penyakit umum, tetapi menyepelekan flu bisa berakibat fatal bagi mereka yang masih sangat kecil, sudah tua, atau yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Selain mendapatkan vaksin flu, kamu juga bisa mencegah virus ini dengan mencuci tangan.  

Pasalnya, penyakit pernapasan tersebut mudah menyebar melalui udara maupun tangan yang sudah terkontaminasi oleh virus. Nah, mencuci tangan bisa mencegah kamu terpapar virus flu yang mungkin menempel di tangan kamu tanpa kamu sadari.

3. Radang Tenggorokan

Virus paling sering menyebabkan radang tenggorokan. Tetapi bisa juga karena bakteri Streptococcus grup A. Tidak hanya mudah menular dan menyebabkan rasa tidak nyaman, radang tenggorokan juga bisa mengakibatkan demam berdarah, demam rematik, dan penyakit ginjal langka.

Menurut Centers for Disease Control (CDC), percikan liur saat orang yang terinfeksi batuk dan bersin merupakan cara utama penyebaran bakteri radang tenggorokan. Kamu mungkin tidak bisa mencegah orang batuk atau bersin, tetapi kamu bisa mengurangi risiko tertular radang tenggorokan dengan menerapkan kebiasaan cuci tangan.

4. Penyakit Tangan Kaki dan Mulut (PTKM)

Ini adalah infeksi virus yang sering menyerang anak-anak di bawah usia 5 tahun. Penyakit tangan kaki dan mulut ditandai dengan luka lepuh pada mulut, ruam di tangan dan kaki, demam, dan kehilangan nafsu makan. 

Bila kamu memiliki anak kecil, ajarilah mereka kebiasaan cuci tangan secara teratur. Pasalnya, partikel yang mengandung virus tersebut bisa menyebar dari hidung, mulut, luka, atau kotoran orang yang terinfeksi, lalu menempel di tangan Si Kecil dan masuk ke dalam tubuh bila ia malas mencuci tangannya.

5. Salmonellosis

Salmonellosis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella.

Bakteri ini hidup di usus hewan dan manusia, dan sering ditularkan melalui makanan yang terinfeksi (daging dan telur) yang tidak dimasak sampai matang atau yang tidak dicuci bersih (buah dan sayuran).

Selain itu, tidak mencuci tangan setelah mengolah daging mentah, unggas atau ikan, atau setelah menggunakan kamar mandi juga bisa menularkan salmonellosis. Jadi, bila kamu malas mencuci tangan, hati-hati, kamu bisa saja tertular penyakit tersebut.

6. Hepatitis A

Mencegah penyakit kronis seperti hepatitis A bisa dicegah dengan mencuci tangan. Hepatitis A adalah infeksi virus yang dapat menyebabkan gejala parah seperti masalah hati, penyakit kuning, sakit perut, demam dan kelelahan.

Virus ini dapat menyebar melalui makanan atau minuman yang telah terkontaminasi. Tentunya ada beberapa hal lain untuk mencegah penyakit ini, tetapi dengan mempraktekkan kebiasaan mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh, merupakan cara yang simpel dan efektif untuk mencegah penularan virusnya.

Kamu juga bisa mengetahui cara lainnya untuk mencegah hepatitis A dengan mengunjungi laman berikut, “Ini Langkah-Langkah Mencegah Hepatitis A.”

7. Diare

Diare ada karena infeksi bakteri E.Coli. Bakteri ini terdapat pada daging yang tercemar atau menyentuh permukaan yang terkontaminasi. Ketika bakteri ini masuk ke dalam tubuh, mereka bisa hidup di usus dan menyebabkan diare.

Selain diare bakteri E.Coli juga bisa menyebabkan kram perut, muntah, bahkan infeksi saluran kemih. Dengan melakukan kebiasaan mencuci tangan secara teratur, kamu dapat membunuh bakteri berbahaya yang kemungkinan menempel di permukaan tangan.

8. Coronavirus

Terakhir yaitu virus corona atau COVID-19. Virus ini bisa menyebabkan pneumonia, gagal pernapasan akut yang parah, hingga kematian. Nah, mungkin kamu masih ingat di awal kemunculan virus ini pemerintah menggalakkan untuk mencuci tangan.

Alasannya karena virus ini dapat menyebar dengan mudah melalui tetesan air liur. Walaupun sekarang kasusnya sudah jarang terjadi, akan tetapi virus ini belum benar-benar hilang. Jadi, tidak ada salahnya untuk tetap rutin mencuci tangan agar terhindar dari penyakit ini.

Nah, itulah beberapa penyakit yang bisa menular jika kamu malas mencuci tangan. Jadi, mulai sekarang, terapkan kebiasaan cuci tangan yang benar secara teratur ya.

Jika kamu mengalami gejala kesehatan tertentu, segera bicarakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter kapan saja melalui Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Reader’s Digest. Diakses pada 2021. 15 Diseases You Can Prevent Just by Washing Your Hands.
Initial. Diakses pada 2021. Infections you can spread by not washing your hands.
Health Shots. Diakses pada 2023. World Hand Hygiene Day: 5 health risks of not washing your hands properly.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan