Manfaat Daun Mint untuk Menyegarkan Pernapasan

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 September 2021
Manfaat Daun Mint untuk Menyegarkan PernapasanManfaat Daun Mint untuk Menyegarkan Pernapasan

“Salah satu manfaat daun mint yang paling populer adalah menyegarkan pernapasan dan menghilangkan bau mulut. Namun, daun ini juga punya banyak manfaat lain bagi kesehatan, lho. Termasuk menyehatkan pencernaan, meningkatkan fungsi otak, hingga meredakan stres.”

Halodoc, Jakarta – Daun mint paling dikenal karena hubungannya dengan membuat napas menjadi segar. Hal ini karena daun ini memiliki sensasi dingin di mulut. Tak heran jika produk pasta gigi dan obat kumur sering diberi tambahan mint. Lantas, apakah hanya itu manfaat daun mint untuk kesehatan?

Tentunya tidak. Daun mint juga sering digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan dan minuman. Semua jenis daun mint dapat digunakan segar, dalam bentuk ramuan kering, diseduh sebagai teh, atau dipekatkan menjadi minyak esensial.

Baca juga: Bau Mulut Bisa Jadi Tanda Gangguan Kesehatan Ini

Manfaat Daun Mint untuk Mulut

Manfaat daun mint yang utama dan cukup populer adalah menyegarkan napas dan mengurangi bau mulut. Mengunyah tablet atau daun mint juga dapat membantu menyegarkan napas secara instan.

Studi pada 2006 yang diterbitkan di jurnal Phytotherapy Research, menemukan bahwa minum teh peppermint dan mengunyah daun mint segar dapat menutupi bau mulut dan membunuh bakteri. Hal ini karena penelitian tabung telah menyoroti efek antibakteri dari minyak peppermint.

Namun, efek menghilangkan bakteri di mulut yang menyebabkan bau tidak bisa didapatkan dari produk permen karet rasa mint. Produk seperti ini memang bisa mengurangi bau mulut selama beberapa saat, tetapi tidak bisa menghilangkan bakteri atau senyawa lain yang jadi penyebabnya.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Lainnya

Dalam sekitar satu pertiga cangkir atau setengah ons daun mint, terkandung 6 kalori, 1 gram serat, 12 persen vitamin A, 9 persen zat besi, 8 persen mangan, dan 4 persen folat.

Selain menyegarkan napas, manfaat daun mint bagi kesehatan sebenarnya masih banyak lagi. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Memelihara Kesehatan Pencernaan

Mint dapat bekerja sangat baik untuk hampir semua masalah pencernaan. Menurut buku ‘Healing Foods’ oleh DK Publishing, seperti dikutip dari laman NDTV Food, mentol yang terkandung dalam mint memiliki sifat antiseptik dan antibakteri. Ini membautnya dapat membantu meredakan gangguan pencernaan dan juga menenangkan sakit perut.

Baca juga: Ketahui 6 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan Tubuh

2. Meredakan Pilek

Manfaat daun mint lainnya adalah meredakan gejala pilek yang mengganggu. Hal ini karena mint membantu melegakan hidung tersumbat dan sistem pernapasan lainnya.

Selain saluran pernapasan, sifat antiinflamasi mint juga meredakan iritasi yang disebabkan oleh batuk kronis. Itulah sebabnya banyak produk inhaler atau obat gosok yang diberi tambahan mint.

3. Meningkatkan Kekuatan Otak

Mint bisa meningkatkan kekuatan otak. Mengonsumsi daun mint dapat meningkatkan kewaspadaan, retensi, dan fungsi kognitif. Salah satu penelitian pada 2008 yang diterbitkan di International Journal of Neuroscience mengaitkan efek konsumsi mint dengan daya ingat yang lebih baik.

Penelitian tersebut melibatkan 144 orang dewasa muda yang mencium aroma minyak peppermint selama 5 menit sebelum pengujian. Hasilnya, terdapat peningkatan memori yang signifikan.

4. Mengatasi Stres

Manfaat daun mint yang tak kalah penting adalah sebagai aromaterapi. Aromanya yang kuat dan menyegarkan dapat membantu mengatasi stres dan meremajakan pikiran.

Baca juga: Apa Saja Khasiat Daun Bidara untuk Kesehatan?

Selain itu, mint juga memiliki sifat adaptogenik yang mengatur kadar kortisol dan meningkatkan ketahanan alami tubuh terhadap stres. Adaptogen membantu menyeimbangkan tubuh dengan cara apa pun yang dibutuhkan. Jadi, dengan menghirup aroma mint, pikiran akan menjadi lebih tenang.

Itulah pembahasan mengenai manfaat daun mint dan berbagai produknya. Meski bermanfaat, sebaiknya jangan gunakan daun mint berlebihan juga ya. Bila kamu mengalami masalah kesehatan setelah mengonsumsi daun mint, segera download aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Phytotherapy Research. Diakses pada 2021. A Review Of The Bioactivity And Potential Health Benefits Of Peppermint Tea (Mentha Piperita L.)
International Journal of Neuroscience. Diakses pada 2021. Modulation Of Cognitive Performance And Mood By Aromas Of Peppermint And Ylang-Ylang.
Nourish by WebMD. Diakses pada 2021. Health Benefits of Mint Leaves.
Healthline. Diakses pada 2021. 8 Health Benefits of Mint.
NDTV Food. Diakses pada 2021. Mint Benefits: 10 Incredible Health Benefits Of Mint Or Pudina You Must Know.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan