• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Olahraga Tenis Meja Baik Dimainkan Single atau Double
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Olahraga Tenis Meja Baik Dimainkan Single atau Double

Manfaat Olahraga Tenis Meja Baik Dimainkan Single atau Double

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani : 30 November 2020
Manfaat Olahraga Tenis Meja Baik Dimainkan Single atau Double

Halodoc, Jakarta – Selain aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga dan teman, tenis meja juga menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa. Seperti kebanyakan olahraga, tenis meja memberikan manfaat stimulasi pikiran-tubuh yang sinkron, latihan aerobik, dan juga interaksi sosial. 

Tidak seperti banyak olahraga lainnya, risiko cedera tenis meja secara keseluruhan cukup rendah. Tenis meja juga membantu membangun kekuatan, kecepatan, dan ketangkasan tanpa menimbulkan risiko cedera serius. Informasi selengkapnya mengenai manfaat olahraga tenis meja bisa dibaca di sini!

Baca juga: 6 Alat Olahraga untuk Latihan di Rumah

Manfaat Fleksibilitas dan Koordinasi

Ada banyak manfaat olahraga tenis meja baik dimainkan single maupun double, berikut diantaranya:

1. Meningkatkan koordinasi tangan-mata. Permainan tenis meja yang intens merangsang kewaspadaan mental dan konsentrasi serta mengembangkan ketajaman mental.

2. Meningkatkan refleks. Karena sifat olahraga yang bergerak cepat dan jarak pendek, gerakan otot kasar dan halus ditingkatkan.

3. Melumaskan persendian. Tenis meja adalah pilihan sempurna untuk orang yang pernah menjalani operasi lutut, riwayat masalah punggung, atau mereka yang pernah lelah pergelangan kaki terkilir saat bermain olahraga lain.

4. Main tenis meja adalah salah satu cara membakar kalori dengan cara menyenangkan, kalau kamu bosan latihan ke gym.

5. Interaksi sosial sangat penting untuk kesehatan mental. Di dunia yang begitu terhubung melalui teknologi, orang-orang semakin merasa terputus satu sama lain. Tenis meja membuat kamu terhubung dengan orang lain. 

6. Membuat otak tetap tajam karena sangat aerobik, menggunakan tubuh bagian atas dan bawah, dan sangat bagus untuk koordinasi mata dan refleks. Tenis meja juga menggunakan banyak area otak yang berbeda secara bersamaan saat kamu melacak bola, merencanakan tembakan dan strategi, dan memikirkan putaran.

Baca juga: Lakukan Gerakan Ini untuk Mengecilkan Lengan

7. Sport and Art Educational Foundation memulai program terapi tenis meja yang dirancang untuk manula dengan Alzheimer stadium awal dan berbagai bentuk demensia. Ini dikarenakan tenis meja mengaktifkan berbagai area otak secara bersamaan, pemain dapat merangsang keadaan kesadaran mereka secara keseluruhan.

8. Meningkatkan keseimbangan. Tetap seimbang dan bisa dengan cepat mengubah arah adalah kunci untuk menjadi pemain tenis meja yang baik. Semakin banyak kamu bermain, semakin bagus keseimbanganmu.

9. Meningkatkan refleks. Karena sifatnya yang bergerak cepat dengan jarak pendek, ini meningkatkan gerakan otot kasar dan halus. Pada akhirnya, gerakan-gerakan pada tenis meja dapat meningkatkan refleks. 

Baca juga: 5 Latihan untuk Bokong Kencang

10. Awet muda. Selain sebagai latihan fisik yang oke, tenis meja juga merupakan latihan mental yang bagus. Kamu harus merencanakan strategi dan memutuskan putaran apa yang akan dilakukan pada bola, sambil mencoba untuk tetap selangkah lebih maju dari lawan dan bereaksi terhadap tembakan yang dimainkan pada saat yang bersamaan. 

Keputusan harus dibuat dalam hitungan detik, ini meningkatkan konsentrasi, memori jangka pendek dan kemampuan pengambilan keputusan. Semua latihan mental ini meningkatkan kadar hormon dan menjaga otak tetap muda, yang dapat memperlambat penurunan kognitif yang terjadi seiring penuaan. 

Bagaimana, tertarik menjalani olahraga ini? Jika kamu butuh panduan olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuhmu, tanyakan saja langsung ke dokter di Halodoc. Kamu bisa menanyakan apa saja dan dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:
Killerspin. Diakses pada 2020. Health Benefits of Table Tennis.
Metro.co.uk. Diakses pada 2020. 10 unexpectedly great benefits of playing table tennis.
Table Tennis Table.uk. Diakses pada 2020. The Health Benefits of Table Tennis.