• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Memulai Program Diet Vegetarian
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Memulai Program Diet Vegetarian

Memulai Program Diet Vegetarian

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 04 Juni 2018
Memulai Program Diet VegetarianMemulai Program Diet Vegetarian

Halodoc, Jakarta — Salah satu cara diet yang paling digemari untuk menurunkan berat badan adalah diet vegetarian yang sehat. Kalau kamu menggabungkan berbagai sayuran, buah, gandum utuh, dan kacang-kacangan, menurunkan berat badan adalah hal yang mudah. Tidak hanya menurunkan berat badan, tapi diet vegetarian ini bisa memperbaiki tingkat kolesterol, tekanan darah, gula darah, dan banyak hal lainnya yang berkaitan dengan kesehatanmu. Nah, mau coba?

Salah satu kuncinya adalah dengan menghindari makanan yang mengandung banyak lemak dan sedikit serat. Sebaliknya, konsumsilah makanan berserat yang rendah lemak. Diet vegetarian ini mudah dan aman, kok!

Memulai diet ini adalah langkah yang paling berat. Namun, cobalah lakukan program diet vegetarian ini selama tiga minggu dulu dan lihat perubahannya. Selama tiga minggu itu, tubuhmu akan membiasakan diri dengan rutinitas makan yang baru dan lebih sehat. Orang-orang yang menjalani diet vegetarian biasanya akan merasakan perkembangan dalam sistem pencernaan dan kesehatan secara menyeluruh dalam rentang waktu tiga minggu ini.

Ingat ya, kamu perlu menjaga keinginanmu untuk makan tidak sehat supaya tidak memengaruhi kemajuan program diet vegetarian ini. Supaya kamu bisa melihat kemajuannya dan menilai kembali hasil program ini, kamu sebaiknya mencatat pola makanmu selama program berlangsung.

Prinsip utama program ini adalah memilih sumber makanan nabati, jauhi sumber makanan hewani dan lemak jenuh, serta menggunakan minyak sayur seminimal mungkin.

Supaya kamu enggak bosan, coba variasikan menu makananmu dengan resep-resep baru atau produk makanan yang berbeda-beda. Kalau kamu masih kesulitan meninggalkan daging, kamu bisa mulai dengan mengonsumsi daging yang bebas lemak. Hindari juga penggunaan minyak sayur dengan memasak menggunakan panci yang tidak lengket. Selain itu, kamu bisa memilih jenis masakan yang tidak menggunakan minyak seperti sup atau masakan tumis.

Jangan lupa untuk tetap disiplin selama tiga minggu ini, ya! Tiga minggu sebentar, kok. Coba bayangkan seberapa besar manfaat kesehatan yang akan kamu dapatkan setelah ini.

Mau tanya jawab langsung dengan dokter? Hal itu bisa kamu lakukan melalui aplikasi Halodoc. Di sini kamu juga bisa menikmati layanan pesan antar produk kesehatan serta cek lab. Semua fitur ini hanya bisa kamu dapatkan dengan download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play.