Mengalami Penyumbatan Saluran ASI, Ini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 Oktober 2020
Mengalami Penyumbatan Saluran ASI, Ini Cara MengatasinyaMengalami Penyumbatan Saluran ASI, Ini Cara Mengatasinya

Halodoc, Jakarta - Semua wanita yang sehabis melahirkan sangat direkomendasikan untuk memberikan ASI kepada bayinya. Hal tersebut karena ASI memiliki kandungan yang lebih baik dibandingkan dengan susu formula. Meski begitu, terkadang keinginan untuk memberikan yang terbaik bagi anak dapat terhalang oleh suatu kendala yang salah satunya adalah terjadinya penyumbatan pada saluran ASI.

Ibu yang mengalami penyumbatan ini dapat membuat ASI tidak dapat keluar seperti ibu-ibu lainnya. Maka dari itu, ibu harus tahu beberapa cara yang efektif untuk mengatasinya. Dengan begitu, aliran ASI dapat keluar dengan normal tanpa adanya gangguan sedikit pun. Berikut adalah beberapa cara yang ampuh untuk dilakukan agar ASI dapat mengalir dengan normal!

Baca juga: Lakukan Ini Agar Terhindar dari Mastitis

Cara Mengatasi Penyumbatan Saluran ASI

Seorang ibu yang baru melahirkan atau menyusui memiliki masalah yang sama terkait ASI, yaitu terjadinya sumbatan. Air susu tersebut mengalir melalui payudara di dalam sistem saluran pada dada menyerupai pipa. Saat ada saluran ASI yang tidak terkuras dengan baik, maka area tersebut dapat mengalami sumbatan sehingga air susu tidak dapat mengalir.

Saat ibu mengalami gangguan ini, beberapa dampak buruk yang dapat dirasakan adalah terdapat benjolan kecil di payudara yang mungkin terlihat sedikit kemerahan dan agak perih saat disentuh. Memang, gangguan ini umum untuk terjadi pada ibu yang sedang menyusui dan dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti mulai menghentikan memberikan susu hingga menggunakan bra yang terlalu ketat.

Karena itu, sumbatan pada area payudara dapat mengganggu dan sedikit mengkhawatirkan. Meski begitu, gangguan ini terbilang mudah untuk diatasi dan biasanya dapat dikelola di rumah. Lalu, bagaimana cara terbaik untuk mengatasi penyumbatan pada saluran ASI? Berikut ini beberapa cara yang efektif untuk dilakukan:

1. Pastikan Anak Mengonsumsi Banyak ASI

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi dan bahkan menghilangkan sumbatan adalah dengan memastikan anak mengonsumsi banyak ASI, terutama yang jarang diisapnya. Memang, payudara yang jarang diminum oleh anak akan terasa sakit saat masuk ke mulut anak. Namun, hal tersebut ampuh untuk memastikan penyumbatan pada saluran ASI hilang. Ibu juga harus memastikan anak menghabiskan cairan air susu yang ada setiap kali menyusui.

Baca juga: Demam Saat Menyusui, Saatnya Kenal dengan Penyakit Mastitis

2. Temukan Posisi yang Tepat

Ibu juga dapat mencari posisi yang nyaman untuk memberikan ASI agar penyumbatan yang terjadi dapat hilang. Cobalah untuk mencari posisi yang terbaik agar air susu keluar lebih banyak. Salah satu cara yang dapat dicoba adalah menyusui sambil menggendong bayi, sehingga dagu dan hidungnya langsung mengarah ke area yang tersumbat. Bagian dagu anak dapat membantu untuk memijat area tersebut sehingga sumbatan dapat teratasi.

3. Memijat Payudara

Agar penyumbatan saluran ASI dapat teratasi, cobalah untuk memijat dengan lembut pada saluran yang tersumbat sebelum dan selama menyusui. Cobalah untuk membuat gerakan memutar di bagian luar payudara dan gerakkan ke arah benjolan. Pastikan untuk melakukannya perlahan, karena jika terlalu berlebihan mungkin saja memar dapat terjadi yang menimbulkan rasa sakit hingga nyeri.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyumbatan pada saluran ASI. Dengan melakukan semua hal tersebut, diharapkan masalah yang terjadi dapat teratasi sehingga anak tidak kekurangan asupan air susu. Cara tersebut dapat memastikan anak untuk tumbuh dengan baik karena nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya terpenuhi.

Baca juga: Atasi Benjolan Payudara saat Menyusui dengan 5 Cara Ini

Jika ibu masih memiliki pertanyaan terkait cara untuk mengatasi penyumbatan pada saluran ASI atau hal lainnya yang berhubungan dengan menyusui, dokter dari Halodoc dapat memberikan saran yang paling baik untuk dilakukan. Caranya mudah, cukup dengan download aplikasi Halodoc dan dapatkan kemudahan terkait akses kesehatan hanya dalam genggaman smartphone!

Referensi:
What to Expect. Diakses pada 2020. How to Relieve Clogged Milk Ducts.
Healthline. Diakses pada 2020. How to Identify and Clear a Clogged Milk Duct.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan