Mengandung Banyak Air, Ini Kandungan Kalori dalam Semangka

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 November 2021

“Semangka dikenal akan kandungan airnya yang tinggi sehingga bisa membantu menjaga hidrasi tubuh. Selain itu, buah manis ini juga rendah kalori. Itulah mengapa semangka bisa menjadi pilihan camilan bagi orang yang sedang ingin menurunkan berat badan.”

Mengandung Banyak Air, Ini Kandungan Kalori dalam SemangkaMengandung Banyak Air, Ini Kandungan Kalori dalam Semangka

Halodoc, Jakarta – Makan buah semangka saat musim panas memang sangat nikmat. Selain rasanya manis, buah yang mengandung banyak air ini juga menyegarkan dan bisa membantu menghidrasi tubuh.

Tidak hanya itu, semangka juga memiliki kalori yang rendah sehingga tidak akan menaikkan berat badan. Sebaliknya, buah besar ini memiliki banyak kandungan nutrisi baik sehingga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Yuk, cari tahu berapa kalori semangka di sini.

Baca juga: Selain Air, 6 Buah Ini Juga Bisa Menghidrasi Tubuh

Nutrisi dan Kalori Buah Semangka

Semangka (citrullus lanatus) masih termasuk dalam keluarga Cucurbitaceae. Artinya, buah ini masih satu kerabat dengan melon, labu, mentimun, dan zucchini. Ada lima jenis semangka yang umum ditemui, yaitu semangka berbiji, tanpa biji, mini, kuning, dan oranye.

Semangka sebagian besar terdiri dari air (91 persen) dan karbohidrat (7,5 persen). Buah ini memiliki kalori yang sangat rendah. Dalam 2/3 cangkir (100 gram) semangka mentah, hanya terdapat 30 kalori. Sisa kandungannya terdiri dari:

  • Air: 91 persen;
  • Protein: 0,6 gram;
  • Karbohidrat: 7,6 gram;
  • Gula: 6,2 gram;
  • Serat: 0,4 gram;
  • Lemak: 0,2 gram.

Karbohidrat yang terkandung dalam buah semangka, sebagian besar terdiri dari gula sederhana, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Kandungan fruktosanya dianggap tinggi dalam FODMAP atau karbohidrat rantai pendek yang bisa difermentasi. Mengonsumsi fruktosa dalam jumlah tinggi bisa menyebabkan gejala pencernaan pada orang yang tidak bisa mencerna gula tersebut sepenuhnya, seperti orang yang mengalami malabsorpsi fruktosa.

Selain itu, semangka juga merupakan sumber serat yang buruk, hanya memberikan 0,4 gram per 100 gram. Indeks glikemik buah ini juga termasuk tinggi, yaitu berkisar antara 72–80. Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat makanan bisa meningkatkan kadar gula darah setelah dikonsumsi. Meski begitu, tiap satu porsi semangka mengandung karbohidrat yang rendah, jadi mengonsumsinya seharusnya tidak berpengaruh besar pada gula darah.

Mau tahu cara mudah untuk membuat jus semangka yang menyegarkan? Baca di artikel ini: “Ini 3 Cara Membuat Jus Semangka Ala Rumahan yang Enak dan Segar“.

Selain nutrisi yang sudah disebutkan di atas, semangka juga mengandung:

  • Vitamin. Semangka kaya akan vitamin C dan juga mengandung vitamin A dan B5.
  • Seng, mangan, selenium fluoride, dan mineral penting lainnya.
  • Triptofan, leusin, lisin, arginin, dan antioksidan lainnya

Baik Dikonsumsi Saat Diet

Oleh karena memiliki kalori yang rendah, semangka baik dikonsumsi bagi kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan. Bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, buah yang menyegarkan ini tidak menaikkan berat badan. Jadi, semangka bisa menjadi salah satu pilihan camilan yang baik untuk membantu kamu menghilangkan rasa lapar.

Selain itu, buah yang punya rasa manis ini juga bisa menjadi pengganti makanan penutup berlemak ketika kamu sedang ngidam makanan manis. Kandungan airnya yang tinggi juga bisa membantu kamu untuk menghilangkan keinginan untuk makan. Ketika kamu merasa lapar, kamu mungkin akan terkejut ketika rasa lapar kamu hilang setelah minum segelas air. Hal itu terkadang rasa haus bisa menyatu dengan rasa lapar. Nah, dengan mengonsumsi semangka, tubuh kamu akan terhidrasi yang akan mengurangi rasa lapar.

Namun, penting untuk membatasi jumlah semangka yang kamu konsumsi. Untuk menurunkan berat badan, 1 cangkir semangka (152 gram) biasanya adalah jumlah yang tepat.

Cara Enak Mengonsumsi Buah Semangka

Berikut ini beberapa pilihan cara mengonsumsi buah semangka:

  • Jus. Potong semangka menjadi potongan berukuran lebih kecil, lalu masukkan ke dalam blender dan tambahkan beberapa es batu, lalu blender hingga tercampur sempurna.
  • Salad. Tambahkan potongan semangka, daun mint, dan mozzarella segar di atas beberapa daun bayam untuk salad yang lezat dan sehat. Tuang saus balsamic untuk finishing.
  • Smoothies. Membuat smoothies semangka atau mengombinasikannya dengan jus jeruk juga bisa menjadi cara untuk menikmati kesegaran buah semangka di siang hari.

Baca juga: Inilah Buah-Buahan yang Cocok untuk Diet

Itulah penjelasan mengenai semangka yang rendah kalori. Namun, hati-hati, semangka juga bisa menyebabkan alergi. Bila kamu mengalami gejala alergi setelah makan semangka, segera temui dokter untuk mendapatkan pengobatan. Kamu bisa buat janji di rumah sakit pilihanmu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Watermelon 101: Nutrition Facts and Health Benefits.
Medical News Today. Diakses pada 2021. What are the health benefits of watermelon?.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan