Mengenal 7 Gejala Stadium Awal Kanker Pankreas

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   21 November 2022

“Kanker pankreas dapat menimbulkan berbagai macam gejala di awal gangguannya. Meski begitu, tidak semua orang merasakan gejala ini hingga kanker menjadi lebih parah.”

Mengenal 7 Gejala Stadium Awal Kanker PankreasMengenal 7 Gejala Stadium Awal Kanker Pankreas

Halodoc, Jakarta – Pankreas termasuk organ yang memiliki fungsi vital pada tubuh. Salah satunya menghasilkan hormon insulin untuk menjaga kadar gula darah. Seseorang dengan gangguan pankreas, risiko untuk terserang diabetes menjadi lebih tinggi.

Salah satu gangguan yang bisa terjadi pada pankreas adalah kanker. Gangguan ini perlu ditangani secara cepat agar tidak menyebar ke organ di sekitarnya.

Agar bisa mendapatkan diagnosis dini, salah satu cara menilainya adalah dengan memastikan berbagai gejala yang dirasakan. Hal ini juga termasuk berbagai gejala awal dari kanker pankreas.

Berbagai Gejala Awal pada Kanker Pankreas

Kanker pankreas seringkali tidak menimbulkan gejala apa pun di awal gangguannya. Saat seseorang sudah merasakan gejalanya, biasanya kanker sudah tumbuh membesar atau menyebar ke area di sekitarnya.

Memiliki salah satu atau lebih dari gejalanya belum berarti seseorang terserang kanker ini. Bisa jadi gejalanya disebabkan oleh kondisi lainnya. Perlu pemeriksaan dokter untuk memastikan penyebab yang mendasarinya.

Jika seseorang mengalami gejalanya, salah satu yang paling umum dirasakan adalah penyakit kuning. Kondisi ini menyebabkan menguningnya kulit dan bagian putih mata, akibat kelebihan bilirubin – zat kuning kecoklatan yang diproduksi hati.

Selain itu, pengidap juga bisa mengalami penurunan berat badan secara tiba-tiba sebagai tanda peringatan awal dari kanker pankreas. Hal ini bisa disertai beberapa gejala lainnya, seperti:

  • Urin yang berwarna gelap.
  • Mengalami masalah pencernaan, termasuk tinja yang dihasilkan tidak normal.
  • Merasa nyeri pada perut bagian atas bahkan ke arah punggung.
  • Kehilangan nafsu makan.

Beberapa gejala yang ditemukan setelah melakukan pemeriksaan ke dokter, yaitu:

  • Pembesaran pada kandung empedu atau hati

Jika kanker menyumbat saluran empedu, penumpukan terjadi pada organ tersebut sehingga menyebabkan pembesaran. Selama pemeriksaan fisik, dokter terkadang dapat merasakan benjolan besar di sisi kanan tulang rusuk. Benjolan ini juga dapat dilihat melalui tes pencitraan.

  • Bekuan darah

Gejala lainnya yang bisa dirasakan akibat kanker pankreas adalah gumpalan darah pada pembuluh darah besar, terutama di kaki. Kondisi ini disebut juga dengan trombosis vena.

Saat gangguan ini terjadi, ada rasa nyeri, bengkak, kemerahan, hingga kehangatan pada kaki yang mengalaminya. Bekuan darah ini juga bisa berpindah ke paru-paru sehingga menyebabkan kesulitan untuk bernapas atau nyeri dada (emboli paru).

Meski begitu, tidak selamanya memiliki bekuan darah berarti seseorang terserang kanker. Bisa saja masalah ini disebabkan masalah lainnya.

  • Terserang diabetes

Pada kasus yang jarang, kanker ini dapat menyebabkan diabetes karena kerusakan pada sel yang memproduksi insulin. Gangguan ini juga dapat menyebabkan perubahan pada kadar gula darah tetapi tidak menimbulkan gejala diabetes, tetapi bisa dideteksi dengan tes darah.

Itulah berbagai gejala awal yang bisa terjadi saat seseorang terserang kanker pankreas. Jika kamu merasakan salah satunya, ada baiknya memang segera melakukan pemeriksaan. Semakin dini masalah ini terdeteksi, penanganan yang dilakukan bisa semakin efektif.

Jika kamu ingin melakukan pemeriksaan kanker pankreas, fitur janji medis dari aplikasi Halodoc bisa digunakan untuk pemesanan di rumah sakit atau klinik rekanan. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Makanya, segera unduh aplikasinya!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
American Cancer Society. Diakses pada 2022. Signs and Symptoms of Pancreatic Cancer.
Cancer Treatment Centers of America. Diakses pada 2022. Pancreatic cancer symptoms.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan