• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Etilen Glikol, Kandungan Berbahaya dalam Obat Sirup
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Etilen Glikol, Kandungan Berbahaya dalam Obat Sirup

Mengenal Etilen Glikol, Kandungan Berbahaya dalam Obat Sirup

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 21 Oktober 2022

“Penggunaan etilen glikol diduga bisa menyebabkan gagal ginjal akut pada anak. Selain itu, kandungan ini juga dinilai bisa mengganggu fungsi hati-paru-paru, otak, dan menyebabkan bayi lahir cacat.”

Mengenal Etilen Glikol, Kandungan Berbahaya dalam Obat SirupMengenal Etilen Glikol, Kandungan Berbahaya dalam Obat Sirup

Halodoc, Jakarta –  Penyakit gagal ginjal akut yang menyerang anak-anak secara misterius diduga karena efek samping kandungan etilen glikol yang terdapat pada obat batuk sirup. Itulah sebabnya BPOM menarik beberapa obat sirup yang mengandung etilen glikol. Pemerintah juga mengimbau penghentian konsumsi parasetamol sirup dan menggantinya dengan tablet yang digerus untuk anak.

Walaupun etilen glikol belum menjadi penyebab pasti kondisi gagal ginjal akut, hanya saja etilen glikol memang dikenal cukup berbahaya. Salah satu efek samping yang bisa terjadi karenanya adalah gagal ginjal. Lantas, apa itu etilen glikol? Mengapa kandungan tersebut berbahaya? Cari tahu jawabannya melalui ulasan berikut!

Alasan Etilen Glikol Bisa Memicu Gagal Ginjal Akut pada Anak

Etilen glikol adalah senyawa alkohol yang salah satu fungsinya adalah melarutkan. Akan tetapi, tidak hanya untuk obat-obatan, untuk pelarut makanan saja etilen glikol sebetulnya tidak bisa digunakan. Pasalnya, ini adalah senyawa alkohol yang biasa digunakan untuk industri otomotif dan kosmetik, bukan untuk dikonsumsi 

Penggunaan senyawa ini bisa menyebabkan berbagai efek samping.  Tidak hanya gagal ginjal akut pada anak, melainkan juga mengganggu fungsi hati-paru-paru, otak, dan cacat kelahiran.

Lewat proses metabolisme di dalam tubuh, senyawa ini glikol akan diubah menjadi asam glikolat. Penumpukan asam glikolat dalam tubuh ini pun akan menyebabkan sesak napas. Selain itu, asam glikolat juga akan diubah menjadi kalsium oksalat. Senyawa inilah yang memicu kerusakan ginjal. 

Seperti yang kamu tahu, tubuh menggunakan makanan sebagai asupan energi. Setelah tubuh menggunakan apa yang dibutuhkannya, produk limbah mengalir melalui aliran darah ke ginjal dan dikeluarkan melalui urine. 

Nah, urine memiliki berbagai limbah di dalamnya. Jika terlalu banyak limbah dalam cairan, maka ini bisa memicu pembentukan kristal. Kemudian, kristal ini dapat saling menempel dan membentuk massa padat (batu ginjal). 

Oksalat ini adalah salah satu jenis zat yang dapat membentuk kristal dalam urine. Apabila ada terlalu banyak oksalat ditambah dengan kurangnya asupan minum air putih, maka oksalat akan menempel pada kalsium saat urine dibuat oleh ginjal.

Kenapa Etilen Glikol Bisa Ada pada Sirup?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, etilen glikol adalah senyawa pelarut yang digunakan untuk kebutuhan industri berat ataupun kosmetik. Dalam obat-obatan, terkadang ada beberapa kandungan yang tidak bisa larut dalam air, contohnya saja parasetamol. Untuk itulah perlu ada tambahan senyawa alkohol sebagai pelarutnya. Akan tetapi, tentu saja senyawa ini tidak bisa digunakan untuk melarutkan obat karena berbahaya.

Oleh karena itu, dalam industri pengobatan, senyawa alkohol yang bisa dan aman untuk digunakan sebagai pelarut adalah jenis propilen glikol dan gliserin. Kedua jenis ini umum juga digunakan sebagai pengawet, penahan kelembapan, dan kosmetik sehingga tidak menyebabkan bahaya secara langsung.

Hanya saja, baik propilen glikol dan gliserin, membutuhkan  waktu pengolahan yang cukup lama dikarenakan titik beku yang lebih tinggi. Sementara itu, etilen glikol memiliki titik beku yang lebih rendah. 

Oleh karena itu, dalam segi bisnis, proses pengolahan ini jauh lebih menguntungkan, efisien, dan tidak memakan biaya yang lebih besar. Efisiensi semacam ini yang kerap digunakan industri-industri yang “nakal” untuk menyiasati menaikkan keuntungan yang lebih besar. 

Namun, sebenarnya ada alasan lain mengapa etilen glikol bisa muncul pada obat. Misalnya, karena ia menjadi produk sampingan dari reaksi kimia tertentu. 

Untuk kondisi-kondisi yang terjadi secara alami demikian, ada batas wajar yang sudah diatur oleh lembaga kesehatan internasional. Sementara, temuan etilen glikol yang ditemukan pada sebagian besar obat sirup bukanlah produk sampingan, melainkan memang senyawa yang digunakan sebagai pelarut. Inilah yang diduga menjadi penyebab kondisi gagal ginjal akut pada anak akhir-akhir ini.

Tentunya penarikan obat sirup dan pelarangan penggunaannya menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan terutama buat para orang tua. Tapi ibu dan ayah semestinya jangan panik dan tetap upayakan yang terbaik untuk anak.

Saat anak sakit, ada baiknya untuk melakukan perawatan rumahan. Berikan air jahe hangat, jeruk nipis, mengompres anak, berikan makanan hangat berkuah seperti sup ayam, jaga kebersihan anak, dan atur sirkulasi udara di rumah sebaik mungkin. 

Bila kondisi anak tidak kunjung membaik, segera buat janji pemeriksaan medis ke rumah sakit lewat aplikasi Halodoc. Belum punya aplikasinya, download Halodoc sekarang juga ya!

Referensi:
Detik. Diakses pada 2022. Pakar Farmasi UGM Sebutkan Alasan Cemaran Etilen Glikol di Obat Sirup.
Kompas. Diakses pada 2022. Apa Itu Etilen Glikol dan Apa Kegunaannya?
National Kidney Foundation. Diakses pada 2022. Calcium Oxalate Stones.
Valid News.id. Diakses pada 2022. Mengenal Etilen Glikol, Senyawa Pemicu Gagal Ginjal Akut.
Detik. Diakses pada 2022. Dosen FMIPA UNS Jelaskan Pengertian Etilen Glikol & Dietilen Glikol.