Mengenal Fungsi Terapi Chiropractic dari Sisi Medis

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 Februari 2023

“Ada banyak keluhan kesehatan yang bisa diatasi dengan terapi chiropractic. Termasuk nyeri leher, skoliosis, hingga perbaikan postur.”

Mengenal Fungsi Terapi Chiropractic dari Sisi MedisMengenal Fungsi Terapi Chiropractic dari Sisi Medis

Halodoc, Jakarta – Terapi chiropractic kian populer beberapa tahun belakangan. Ini adalah prosedur yang dilakukan oleh chiropractor menggunakan tangan, atau instrumen kecil untuk menerapkan kekuatan terkontrol pada sendi tulang belakang. 

Tujuannya adalah untuk memperbaiki gerakan tulang belakang dan meredakan gejala banyak masalah kesehatan. Terapi ini umumnya aman untuk kondisi yang tepat, oleh terapis yang terlatih dengan baik dan berlisensi untuk mempraktikkan perawatan chiropractic. 

Fungsi Terapi Chiropractic

Terapi chiropractic memiliki banyak fungsi atau manfaat bagi berbagai masalah kesehatan, seperti:

1. Mengatasi Nyeri Leher

Nyeri leher adalah masalah umum, terutama jika kamu sering duduk berjam-jam sehari, sering menekuk leher untuk menggunakan ponsel, atau memiliki postur tubuh yang buruk. Terapi chiropractic dapat membantu meredakan nyeri leher dengan meluruskan kembali tulang belakang dan meredakan ketegangan pada otot leher.

2. Meredakan Nyeri Punggung

Terapi chiropractic mungkin merupakan alternatif yang baik untuk perawatan yang lebih invasif. Seperti pembedahan atau suntikan untuk mengobati sakit punggung jangka pendek atau kronis.

Selain dengan terapi ini, beberapa pilihan perawatan lain yang juga dapat mengganggu adalah:

  • Olahraga.
  • Akupunktur.
  • Yoga.
  • Tai chi.
  • Relaksasi otot progresif.
  • Meditasi.

3. Mengurangi Gejala Osteoarthritis

Nyeri osteoarthritis terjadi akibat degenerasi tulang rawan pada sendi yang menyebabkan ujung tulang bergesekan. Beberapa jenis terapi chiropractic dapat membantu menyelaraskan sendi dan mengurangi seberapa banyak tulang bergesekan.

Belum banyak penelitian tentang manfaat terapi ini untuk osteoarthritis. Namun, sebuah studi terhadap hewan pada 2020 di jurnal Scientific Reports menemukan beberapa bukti bahwa terapi ini dapat membantu memperlambat perkembangan radang sendi. Dengan cara meningkatkan status tulang rawan, tulang, dan kapsul sendi.

4. Meringankan Gejala Sakit Kepala

Terapi chiropractic mungkin efektif untuk mengobati sakit kepala tegang dan sakit kepala yang berasal dari nyeri leher. Namun, karena sakit kepala bisa jadi tanda dari banyak masalah kesehatan, sangat penting untuk mencari tahu penyebab pastinya terlebih dahulu, ya. 

5. Membantu Memperbaiki Postur Tubuh

Menjalani terapi ini berpotensi membantu memperbaiki postur tubuh yang buruk. Terutama jika postur tubuh yang buruk terjadi akibat terlalu banyak duduk seharian.

6. Dapat Membantu Kinerja Atletik

Terapi chiropractic berpotensi meningkatkan kinerja atletik. Ini bisa jadi karena peningkatan mobilitas sendi, berkurangnya rasa sakit, dan lebih sedikit pembatasan jaringan.

Masih perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas terapi ini pada performa olahraga. Namun, terapi ini mungkin efektif untuk mengatasi rasa sakit yang terjadi akibat cedera.

7. Mengurangi Gejala Skoliosis

Terapi chiropractic dapat membantu memperbaiki sudut Cobb orang dengan skoliosis. Adapun, sudut Cobb adalah pengukuran seberapa besar kelainan bentuk sisi ke sisi yang ada di tulang belakang.

Sebuah studi pada 2016 di The Journal of Physical Therapy Science, menemukan bahwa sudut Cobb dalam kelompok lima anak dengan skoliosis membaik setelah 8 minggu perawatan chiropractic. Perbaikan nyata terlihat setelah 4 minggu pengobatan.

Adakah Efek Sampingnya?

Risiko dan efek samping yang terkait dengan terapi chiropractic dapat meliputi:

  • Sakit kepala
  • Kelelahan
  • Ketidaknyamanan pada bagian tubuh yang mendapat perawatan

Selain itu, ada juga risiko yang sangat jarang terjadi, tapi serius, yang terkait dengan terapi ini, yaitu:

  • Stroke.
  • Cauda equina syndrome.
  • Memburuknya saraf kejepit.

Itulah beberapa fungsi terapi chiropractic bagi kesehatan tubuh. Meski banyak manfaat yang terapi ini tawarkan, penting untuk kamu ingat bahwa ini adalah pengobatan alternatif. 

Jangan hanya andalkan terapi ini untuk mengatasi kondisi medis yang kamu alami. Sangat penting untuk mengutamakan pengobatan medis dari dokter. Agar mudah, download Halodoc saja untuk membuat janji rumah sakit, jika kamu mengalami masalah kesehatan apapun.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. 10 Benefits of Chiropractic Care.
Scientific Reports. Diakses pada 2023. Beneficial Effects Of Manually Assisted Chiropractic Adjusting Instrument In a Rabbit Model Of Osteoarthritis.
The Journal of Physical Therapy Science. Diakses pada 2023. The Effect Of Chiropractic Techniques On The Cobb Angle In Idiopathic Scoliosis Arising In Adolescence.
Very Well Health. Diakses pada 2023. The Safety of Chiropractic Adjustments.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan