Mengenal Lebih Dalam Istilah-Istilah Epidemiologi

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   02 Juni 2021
Mengenal Lebih Dalam Istilah-Istilah EpidemiologiMengenal Lebih Dalam Istilah-Istilah Epidemiologi

Halodoc, Jakarta - Sejak masa pandemi COVID-19, banyak bermunculan istilah-istilah dalam epidemiologi, baik dalam berita televisi atau online, hingga dalam obrolan sehari-hari. Istilah pandemi adalah salah satu bagian dalam epidemiologi. 

Hampir sebagian besar orang awam tidak mengenal atau asing dengan istilah-istilah epidemiologi yang marak bermunculan. Mungkin ada baiknya kamu lebih mengenal istilah-istilah epidemiologi supaya tidak bingung dan tersesat saat membaca/mendengar berita. 

Baca juga: Meski Sudah Sembuh, Virus Corona Kemungkinan dapat Aktif Kembali

Istilah-istilah dalam Epidemiologi

Endemi hingga pandemi adalah istilah dari epidemiologi. Perlu diketahui, epidemiologi adalah metode yang digunakan untuk menemukan penyebab penyakit pada populasi, atau kejadian yang berhubungan dengan kesehatan. Dalam epidemiologi, pasien adalah komunitas dan individu yang dipandang secara kolektif. 

Menurut definisi, epidemiologi adalah studi (ilmiah, sistematis, dan berdasarkan data) dari distribusi (frekuensi, pola) dan determinan (penyebab, faktor risiko) keadaan dan kejadian yang berhubungan dengan kesehatan dalam populasi tertentu (lingkungan, sekolah, kota, negara bagian, negara, global). Selain itu, aplikasi penelitian epidemiologi ini untuk pengendalian masalah kesehatan. 

Ada beberapa istilah epidemiologi yang saat ini kian familiar di masa pandemi COVID-19, yaitu: 

1.Pandemi

Pandemi adalah wabah penyakit yang terjadi dalam populasi yang luas, yaitu di seluruh dunia. Artinya, penyakit ini sudah menjadi masalah bagi seluruh warga dunia. Contoh penyakit yang termasuk pandemi, yaitu HIV/AIDS dan COVID-19.

Meskipun penyakit influenza tampak ringan, dulu penyakit ini sempat dikategorikan sebagai pandemi. Hal ini karena menjadi masalah bagi seluruh warga dunia. 

2. Endemi

Endemi adalah penyakit yang muncul dan menjadi karakter pada wilayah tertentu. Salah satu contoh penyakit endemi, yaitu penyakit malaria di Papua. Kapanpun, penyakit tersebut akan selalu ada, meski dalam frekuensi atau kasus yang rendah. 

Baca juga: Ini Yang Mungkin Terjadi Jika Physical Distancing Diakhiri Terlalu Cepat

3. Epidemi

Jika suatu penyakit menyebar dengan cepat ke wilayah atau negara tertentu dan mulai berdampak pada penduduk wilayah atau suatu negara, maka kondisi tersebut dinamakan endemi.

Beberapa contoh penyakit endemi, yaitu penyakit SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) pada tahun 2003 yang terjadi hampir di seluruh dunia, penyakit Ebola di negara-negara Afrika, dan penyakit yang disebabkan oleh virus Zika. 

4. Wabah

Ketika suatu penyakit menyebar dan menular ke penduduk dalam jumlah lebih banyak dari biasanya di dalam suatu area atau populasi, atau pada musim tertentu, maka kondisi tersebut dinamakan wabah.

Wabah bisa berlangsung dalam jangka waktu lama, mulai hitungan hari hingga tahunan. Wabah tidak hanya terjadi di satu wilayah, tapi juga bisa menyebar ke daerah atau negara sekitar.

5. Herd Immunity

Kekebalan kelompok atau herd immunity adalah kondisi saat sebagian besar jumlah orang dalam suatu kelompok yang sudah memiliki kekebalan daya tahan tubuh terhadap infeksi penyakit tertentu. Semakin besar jumlah orang yang kebal terhadap suatu penyakit, maka semakin sulit penyakit menyebar. Hal ini karena sedikit orang yang bisa terinfeksi. 

6. Carrier

Carrier bisa berupa manusia atau hewan tanpa penyakit yang jelas yang memiliki agen infeksi tertentu dan mampu menularkan agen infeksi tersebut pada orang lain. Kondisi carrier bisa terjadi pada individu dengan infeksi yang tidak tampak sepanjang perjalanannya, atau selama masa inkubasi, pemulihan, dan pasca pemulihan pada individu dengan penyakit yang bisa dikenali secara klinis. Status carrier pada seseorang bisa berdurasi pendek atau panjang (carrier sementara atau carrier kronis). 

Baca juga: Ini Alasan Tingkat Kematian Akibat Corona Berbeda Tiap Wilayah

7. Cluster

Kumpulan kasus penyakit atau kondisi yang berkaitan dengan kesehatan lainnya. Misalnya penyakit kanker dan cacat lahir, yang dikelompokkan secara dekat dalam waktu dan tempat.

Itulah beberapa istilah epidemiologi yang mungkin dalam beberapa waktu belakangan terdengar familiar. Jangan ragu untuk berdiskusi dengan dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai penyakit yang kamu alami saat ini. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Health. Diakses pada 2021. What Is 'Herd Immunity' and How Can That Stop the Coronavirus?
CDC. Diakses pada 2021. Epidemiology Glossary
CDC. Diakses pada 2021. What is Epidemiology?
Healthline. Diakses pada 2021. How Is a Pandemic Different from an Epidemic?


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan