• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Manfaat Kemiri untuk Kesehatan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Manfaat Kemiri untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Manfaat Kemiri untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 11 Oktober 2021
Mengenal Manfaat Kemiri untuk Kesehatan Tubuh

“Berkat kandungan nutrisinya, kemiri memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Bila diolah dan digunakan sebagai minyak, kemiri dapat menyehatkan rambut, membuat kulit tampak bercahaya, melindungi kulit dari gangguan kesehatan tertentu, hingga mengatasi ketombe. Bila dikonsumsi, manfaat kemiri dipercaya dapat melancarkan pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh.” 

Halodoc, Jakarta – Kemiri adalah salah satu biji tanaman yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai penyedap rasa. Namun, selain digunakan sebagai penyedap rasa, biji yang bernama lain Aleurites moluccana tersebut ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Sebab, kemiri memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal, linoleat, dan linolenat, dan nutrisi penting lainnya. Misalnya seperti vitamin, mineral, serta senyawa antioksidan yang berperan penting dalam melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain dikonsumsi sebagai bumbu masakan, kemiri umumnya juga diolah untuk dijadikan sebagai minyak. Nantinya minyak tersebut dipergunakan sesuai dengan kebutuhan. Lantas, apa saja manfaat kemiri bagi kesehatan tubuh? Yuk simak informasinya di sini!

Manfaat Kemiri untuk kesehatan

Berdasarkan kandungan nutrisinya, berikut ini adalah beberapa manfaat kemiri bagi kesehatan tubuh, antara lain:

  1. Menyehatkan Rambut

Kemiri memiliki kandungan minyak yang cukup tinggi, sehingga dapat dimanfaatkan untuk membuat minyak kemiri. Dilansir dari laman Livestrong, penggunaan minyak kemiri dapat menjadikan rambut tidak mudah rontok dan tampak lebih lebat. Bahkan, minyak kemiri juga dapat membuat warna rambut hitam secara alami. Agar manfaatnya dapat diperoleh lebih optimal, cobalah untuk mengoleskan minyak kemiri pada kulit kepala. Diamkan semalaman, keesokannya bersihkan sisa minyaknya dengan keramas dan menggunakan kondisioner.

  1. Membuat Kulit Tampak Lebih Bercahaya

Minyak kemiri dapat membuat kulit yang kering, kusam, dan menua tampak lebih sehat dan bercahaya.  Perlu diketahui bahwa minyak kemiri mengandung senyawa antioksidan penting yang berasal dari vitamin A, C, dan E. Senyawa antioksidan dikenal dapat melindungi kulit dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada sel-sel kulit. Selain itu, minyak kemiri dapat menembus dan meresap pada kulit dengan mudah dan membuatnya terasa halus dan lembut. Tanpa membuat kulit terasa berminyak setelah dioleskan.

Baca juga: Berbagai Jenis Pengobatan untuk Mengatasi Keloid di Tubuh

  1. Mengatasi Gangguan Kesehatan Kulit

Minyak kemiri dikabarkan mengandung 42 persen asam linoleat dan 29 persen asam alfa-linolenat. Kedua kandungan tersebut dapat bermanfaat untuk mengatasi gangguan kesehatan kulit tertentu. Misalnya seperti eksim, kulit pecah-pecah, kulit terbakar matahari atau sunburn, hingga kulit pecah-pecah. 

Minyak kemiri juga mudah diserap oleh lapisan kulit terdalam. Ketika sudah terserap kulit, nantinya minyak tersebut akan membentuk lapisan pelindung pada kulit. Lapisan tersebut dapat melindungi kulit dari berbagai kerusakan yang disebabkan oleh faktor lingkungan. Termasuk sinar matahari yang dapat membuat kulit terbakar bila terlalu lama terpapar. 

Baca juga: 5 Cara Mudah Merawat Rambut di Rumah

  1. Mengurangi Ketombe

Salah satu penyebab ketombe adalah kulit kepala yang terlalu kering akibat berbagai faktor. Nah, salah satu manfaat minyak kemiri adalah mengatasi kulit kepala yang gatal atau berketombe. Sebab, minyak kemiri mengandung asam gamma-linolenat yang berperan sebagai kondisioner alami dengan mengembalikan kelembaban, dan memberikan kilau pada rambut. Selain itu, minyak kemiri juga memiliki efek regeneratif yang sama pada rambut dan kulit kepala.

Bila ingin mencobanya, kamu dapat mengoleskan minyak kemiri di tangan lalu usap dan pijat perlahan pada kulit kepala. Agar hasilnya lebih optimal, kamu dapat mendiamkannya sekitar 20 hingga 60 menit sebelum rambut dibilas. Lakukanlah hal ini secara rutin agar ketombe yang ‘membandel’ cepat hilang dan kulit kepala kembali terasa nyaman.

  1. Melancarkan Pencernaan

Kemiri mengandung serat yang dapat memperlancar proses pencernaaan. Selain itu, kemiri juga memiliki sifat antimikroba yang berperan penting dalam mengatasi diare. Oleh sebab itu, mengonsumsi kemiri secara teratur diharapkan dapat menjaga kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

  1. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Manfaat kemiri lainnya adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh berkat kandungan vitamin E dan C di dalamnya. Selain itu, kandungan antioksidan pada kemiri juga berperan penting dalam melawan kerusakan akibat radikal bebas. Maka dari itu, mengonsumsi kemiri secara teratur diharapkan dapat menghindarkan tubuh dari berbagai infeksi.

Nah, itulah beberapa manfaat kemiri bagi kesehatan, baik minyaknya maupun bila dikonsumsi sebagai bahan makanan. Mulai dari menyehatkan rambut, hingga memperkuat kekebalan tubuh.

Baca juga: Ketombe atau Dermatitis Seboroik? Ketahui Bedanya

Apabila kamu merasakan keluhan atas munculnya ketombe ‘membandel’ yang tak kunjung membaik, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Sebab, bisa jadi ketombe yang tak kunjung membaik tersebut adalah gejala akan penyakit dermatitis seboroik yang tidak disadari. Hal ini bertujuan agar penanganan dapat teratasi sedari dini sehingga dapat mengurangi risiko komplikasi yang parah.

Melalui aplikasi Halodoc, kamu dapat membuat janji untuk memeriksakan kesehatan di rumah sakit pilihanmu. Tentunya tanpa perlu mengantri atau menunggu berlama-lama. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi:

Livestrong. Diakses pada 2021. What Are the Benefits of Using Kukui Nut Oil?
The University of Texas El Paso. Diakses pada 2021. Candlenut Tree (Aleurites moluccana)
Tempo. Diakses pada 2021. Manfaat Kemiri untuk Kesehatan Tubuh
Nilai Gizi. Diakses pada 2021. Kemiri 
Healthline. Diakses pada 2021. 13 Herbs That Can Help You Lose Weight