Mengenal Pentingnya Peran Ibu bagi Kesehatan Keluarga

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 Desember 2021

“Peran Ibu sangat penting dalam menjaga kesehatan keluarga, baik dari segi perawatan fisik maupun emosional. Dukungan, perhatian, dan upaya Ibu memiliki dampak positif bagi kesejahteraan dan kualitas hidup anggota keluarga.”

Mengenal Pentingnya Peran Ibu bagi Kesehatan KeluargaMengenal Pentingnya Peran Ibu bagi Kesehatan Keluarga

Halodoc, Jakarta – Hakikatnya, menjaga kesehatan keluarga adalah kewajiban setiap anggota. Setiap anggota keluarga memainkan perannya tersendiri. Namun, faktanya Ibu memainkan peran penting dalam menentukan kualitas kesehatan seluruh anggota keluarga.

Kehadiran Ibu menjadi sosok yang penting, khususnya dalam perawatan dan pengasuhan anak-anak. Pendidikan anak bermula di tingkat keluarga bermula dari seorang Ibu.

Pentingnya Peran Ibu Bagi Kesehatan Keluarga

Ibu tidak hanya memainkan peran dalam perawatan fisik saja, tetapi juga memainkan peran yang signifikan dalam aspek-emosi dan psikologis anggota keluarga.

Berikut merupakan penjelasan mengapa peran Ibu begitu penting dan bagaimana pengaruhnya dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan keluarga secara keseluruhan.

1. Pencetus gaya hidup sehat

Ibu seringkali menjadi pendorong di balik memperkenalkan gaya hidup sehat ke dalam keluarga. Dengan memberikan contoh langsung, Ibu bisa mempengaruhi pilihan makanan keluarga dan mendorong konsumsi makanan bergizi.

Dengan mempertahankan gaya hidup sehat, Ibu bisa membantu mencegah penyakit dan meningkatkan kualitas hidup keluarga secara keseluruhan.

2. Perawatan kesehatan anak

Ibu berperan sentral dalam merawat dan menjaga kesehatan anak. Mereka adalah pengasuh pertama yang mencari tanda-tanda penyakit atau masalah kesehatan pada anak. Peran proaktif Ibu dalam perawatan kesehatan anak membantu mencegah penyakit dan mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. 

3. Dukungan emosional dan kesehatan mental

Seorang Ibu berperan dalam memberikan dukungan emosional dan kesehatan mental kepada anggota keluarga. Mereka adalah sumber cinta, keamanan, dan stabilitas bagi anak-anak dan pasangan.

Menghadapi tekanan atau tantangan sehari-hari, kehadiran Ibu yang peduli dan pengertian bisa membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan psikologis keluarga secara keseluruhan. 

4. Pendidikan kesehatan

Karena mereka yang paling dekat dengan anak dan anggota keluarga lainnya, Ibu memegang peranan penting dalam pendidikan kesehatan. Mereka memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang hidup sehat yang baik seperti kebersihan pribadi, kebersihan dan pencegahan penyakit.

Ibu juga dapat membantu meningkatkan kesadaran dan pemahaman akan pentingnya menjaga kesehatan dalam keluarga. 

Untuk mengetahui lebih lanjut bisa juga membaca artikel mengenai Pentingnya Peran Ibu dalam Membentuk Karakter Anak.

Bagaimana dengan Ibu Bekerja?

Peran ibu dalam menjaga kesehatan keluarga sering kali menjadi sorotan, terutama ketika Ibu juga bekerja di luar rumah. Namun, meskipun Ibu bekerja, peran ibu tetap memiliki pengaruh signifikan terhadap kesehatan keluarga secara keseluruhan.

Berikut beberapa cara untuk Ibu yang bekerja namun tetap memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan keluarga.

1. Mengatur waktu dengan bijak

Ibu yang bekerja harus menggunakan waktu mereka dengan bijak untuk memenuhi tanggung jawab keluarga mereka.

Mereka dapat mengoptimalkan jam kerjanya untuk memprioritaskan kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan keluarga, seperti menyiapkan makanan sehat, membuat anak tetap aktif, atau menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga.

Dengan perencanaan yang baik, Ibu bekerja dapat mengatur waktu dengan bijak dan menjaga aspek kesehatan keluarga. 

2. Mendelegasikan tugas

Ibu yang bekerja dapat mendelegasikan tugas kepada anggota keluarga lainnya untuk memastikan kesehatan keluarga.

Mereka mungkin melibatkan pasangan dan anak-anak mereka dalam tugas-tugas rumah tangga seperti memasak, bersih-bersih atau kebutuhan sehari-hari.

Dengan melibatkan anggota keluarga dalam tugas sehari-hari, dapat mengurangi beban kerja Ibu tetapi tetap memastikan pemeliharaan kesehatan keluarga. 

3. Mencari dukungan

Ibu yang bekerja bisa mencari dukungan dari orang lain, seperti pasangan, keluarga atau pengasuh mereka, untuk mendukung kesehatan keluarga.

Ketika para ibu mendapatkan bantuan untuk mengasuh anak atau pekerjaan rumah tangga, mereka memiliki lebih banyak waktu dan tenaga untuk fokus pada kebutuhan perawatan kesehatan keluarga mereka.

Dukungan sosial yang baik juga membantu Ibu mengurangi stres dan menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan keluarga. 

4. Membangun komunikasi yang baik

Komunikasi yang baik antara Ibu, pasangan dan anak sangat penting untuk menjaga kesehatan keluarga. Ibu yang bekerja dapat melibatkan keluarganya dalam membentuk pola makan sehat, merencanakan aktivitas fisik, atau menjadwalkan waktu bersama. 

Melalui perbincangan terbuka, Ibu dapat memahami kebutuhan dan preferensi masing-masing anggota keluarga, sehingga menjaga kesehatan keluarga secara holistik. 

Hari Ibu menjadi momen yang tepat untuk menghargai dan merayakan pentingnya peran Ibu dalam menjaga kesehatan keluarga. Sebagai sosok yang penuh perhatian memainkan peran krusial dalam memastikan kesehatan dan kesejahteraan anggota keluarga.

Hari Ibu adalah kesempatan untuk mengucapkan terima kasih dan menghargai Ibu atas dedikasinya yang tak tergantikan dalam menjaga kesehatan keluarga dan menciptakan lingkungan yang bahagia dan sehat.

Jika Ibu atau anggota keluarga lain mengalami masalah kesehatan, segera untuk memeriksakannya ke dokter. Melalui Halodoc, bisa membuat janji temu dengan dokter ahli di rumah sakit terdekat tanpa perlu mengantri.

Selain itu, kamu bisa juga membeli kebutuhan suplemen dan vitamin jika perlu dengan mudah. Tentunya sangat praktis, bukan? Jadi tunggu apalagi, segera download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
The Henry J. Kaiser Family Foundation. Diakses pada 2023. Women, Work, and Family Health: A Balancing Act.
International Journal of Global Health and Health Disparities. Diakses pada 2023. Women and Family Health: The Role of Mothers in Promoting Family and Child Health.
Masters of Science in Psychology at Massey University. Diakses pada 2023. The Role of Mothers in Family Health.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan