Mengenal Vaksin COVID-19 Semprot Hidung yang Sedang Diuji Coba

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   13 Agustus 2021
Mengenal Vaksin COVID-19 Semprot Hidung yang Sedang Diuji CobaMengenal Vaksin COVID-19 Semprot Hidung yang Sedang Diuji Coba

“Vaksin COVID-19 selama ini dimasukkan ke dalam tubuh melalui suntikan langsung ke otot alias intramuskular. Namun, baru-baru ini negara Thailand menyebut akan mencoba melakukan uji coba vaksin dengan cara disemprotkan ke hidung atau nasal spray. Seperti namanya, jenis vaksin ini akan dimasukkan ke dalam tubuh melalui rongga hidung.

Halodoc, Jakarta – Vaksin Covid-19 sejauh ini dimasukkan ke dalam tubuh dengan cara disuntikkan ke otot atau intramuskular (IM), yaitu di lengan. Cairan vaksin akan masuk ke dalam tubuh untuk kemudian mulai merangsang pembentukan antibodi terhadap virus tertentu, dalam hal ini virus corona. Maka dari itu, pemberian vaksin saat ini merupakan salah satu cara ampuh untuk mencegah infeksi. 

Selain vaksin yang dimasukkan dengan cara disuntik, ternyata ada jenis vaksin yang tengah direncanakan untuk bisa digunakan dengan cara disemprot melalui hidung. Jenis vaksin ini dikenal dengan istilah vaksin COVID-19 semprot hidung alias COVID-19 shots via nasal spray. Thailand disebut akan mulai melakukan uji coba vaksin semprot hidung pada manusia. Mungkinkah hal ini akan terjadi? 

Baca juga: Persiapkan Hal Ini Sebelum Mendapatkan Vaksinasi COVID-19

Cara Kerja Vaksin COVID-19 Semprot Hidung 

Sebenarnya, pemberian vaksin melalui semprotan hidung merupakan hal yang baru. Sejak tahun 2003 lalu, vaksin untuk influenza (FluMist) sudah beredar di pasaran dan banyak digunakan. Saat ini, sejumlah peneliti dan pengembang tengah mencoba untuk melakukan hal yang sama pada vaksin corona. Melansir Healthline, saat ini, 7 dari 100 vaksin yang tengah dikembangkan di dunia adalah vaksin semprot hidung. 

Ada ahli yang menyebut bahwa penggunaan vaksin melalui semprotan hidung mungkin lebih efektif untuk kasus COVID-19. Pasalnya, virus ini masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernapasan, terutama hidung. Maka dari itu, memasukkan vaksin dari hidung diduga bisa meningkatkan sistem pertahanan pada area tersebut sehingga virus tidak mudah masuk dan menginfeksi tubuh. 

Baca juga: Ini Syarat Vaksinasi COVID-19 Untuk Anak 12-17 Tahun

Rencana Uji Coba di Thailand 

Sejumlah peneliti percaya, ada kemungkinan vaksin COVID-19 nantinya akan dimasukkan ke tubuh melalui nasal spray alias semprotan hidung. Sebelumnya, uji coba sudah dilakukan dengan melibatkan tikus dan menunjukkan hasil yang menjanjikan. Maka dari itu, negara Thailand menyebut ada kemungkinan akan mulai melakukan uji coba jenis vaksin ini pada manusia. 

Melansir Reuter, uji coba vaksin semprot pada manusia direncanakan akan dilakukan pada tahun ini. Ada dua vaksin yang dikembangkan Thailand, dan akan mulai diuji coba. Vaksin tersebut dikembangkan oleh Pusat Nasional untuk Rekayasa Genetika dan Bioteknologi. Menurut Wakil Juru Bicara Pemerintah Ratchada Thandirek, vaksin-vaksin tersebut berdasarkan adenovirus dan influenza. 

Katanya, uji coba akan dilakukan terhadap virus corona varian Delta. Pemberian vaksin dilakukan untuk melihat adakah perlindungan yang efektif untuk jenis virus tersebut. Saat ini, virus corona varian Delta sudah menyebar pesat di banyak negara dan masih menjadi sorotan. Uji coba vaksin semprot pada manusia disebut akan dimulai akhir tahun ini, menunggu persetujuan dari regulator makanan dan obat Thailand.

Jika nanti hasilnya bagus, uji coba akan dilanjutkan ke tahap kedua yang direncanakan pada Maret 2022. Dilanjutkan dengan produksi dan penggunaan jenis vaksin ini secara luas, jika ternyata vaksin COVID-19 semprot hidung terbukti lebih efektif dalam mencegah infeksi virus. Nyatanya, sejauh ini sejumlah penelitian terkait penggunaan vaksin semprot hidung sudah dilakukan di seluruh dunia. 

Baca juga: Waspada, Ini Cara COVID-19 Memengaruhi Kesehatan Otak

Jika kamu mengalami gejala penyakit parah dan butuh bantuan medis segera, pakai aplikasi Halodoc untuk menemukan daftar rumah sakit terdekat. Atur lokasi dan cari tahu rumah sakit yang bisa dikunjungi. Halodoc juga bisa digunakan untuk membuat janji temu dengan dokter. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2021. Why Some Experts Think Nasal Sprays Are the Best Approach for COVID-19 Vaccines.
Reuters. Diakses pada 2021. Thailand to start human trials on COVID-19 shots via nasal spray. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan