Menu Buka Puasa Sehat yang Dianjurkan untuk Ibu Hamil

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 Maret 2024

“Pemilihan menu makanan yang sehat untuk berbuka puasa pada bumil, dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bayi selama kehamilan. Karenanya, penting sekali untuk memahami kandungan nutrisi apa saja yang dibutuhkan.”

Menu Buka Puasa Sehat yang Dianjurkan untuk Ibu HamilMenu Buka Puasa Sehat yang Dianjurkan untuk Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta – Buka puasa bersama-sama saat bulan Ramadhan adalah momen yang sangat dinanti-nanti oleh banyak orang. Namun bagi ibu hamil, memilih makanan yang tepat untuk berbuka puasa juga sangat penting untuk kesehatan ibu dan perkembangan bayi. 

Umumnya selama kehamilan, prinsip dasar makan sehat tetap sama yakni senantiasa untuk mengonsumsi banyak buah, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak sehat. 

Referensi Menu Buka Puasa untuk Ibu Hamil

Nah, terdapat beberapa rekomendasi menu buka puasa sehat untuk ibu hamil, seperti:

1. Buah-buahan dan Sayuran Segar

Buah-buahan dan sayuran segar harus menjadi pilihan utama dalam menu buka puasa sehat ibu hamil. Makanan yang kaya serat, vitamin, dan mineral ini membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang penting bagi pertumbuhan bayi.

Ibu hamil dapat memilih berbagai jenis buah dan sayuran seperti apel, pisang, jeruk, brokoli, wortel, dan lain-lain. 

Agar asupan vitamin bisa lebih optimal, bumil juga sebaiknya mengkonsumsi vitamin. Cek rekomendasinya di sini: “Catat, Ini Rekomendasi Vitamin Ibu Hamil yang Bagus”.

2. Protein Nabati

Ibu hamil membutuhkan protein yang cukup untuk membantu membangun jaringan tubuh bayi yang sedang berkembang. Sumber protein nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan kedelai sangat baik untuk kesehatan ibu dan perkembangan bayi.

Misalnya, menu buka puasa sehat ibu hamil yang kaya protein nabati adalah tumis tahu atau tempe dengan sayuran segar.

3. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, dan kentang merupakan sumber energi yang penting bagi ibu hamil. Pilihlah jenis karbohidrat kompleks yang rendah gula dan tinggi serat untuk membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Menu buka puasa sehat ibu hamil yang mengandung karbohidrat kompleks dapat menggunakan nasi merah dan lauk sayur.

4. Asam Folat

Folat adalah vitamin B yang membantu mencegah masalah serius pada perkembangan otak dan sumsum tulang belakang (cacat tabung saraf). Bentuk sintetis folat yang terdapat dalam suplemen dan makanan terkenal sebagai asam folat.

Tahukah kamu, menu berbuka yang mengandung asam folat dapat berasal dari sereal. Sayuran berdaun hijau tua, buah jeruk, kacang kering, kacang polong dan lentil juga merupakan sumber folat alami yang baik. 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang buah-buahan yang baik dikonsumsi. bumil dapat membaca artikel ini: “Jenis Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil”.

5. Zat Besi 

Tubuh menggunakan zat besi untuk membuat hemoglobin. Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke jaringan tubuh. Selama kehamilan, membutuhkan dua kali lipat jumlah zat besi. Tubuh ibu hamil membutuhkan zat besi lebih banyak darah guna memasok oksigen terhadap bayi.

Menu sehat tinggi zat besi yang baik bagi ibu hamil ketika berbuka puasa dapat memilih olahan daging merah tanpa lemak, unggas dan ikan. Pilihan lainnya seperti sereal, kacang-kacangan dan sayuran.

6.  Kalsium

Di masa kehamilan, ibu memenuhi asupan kalsium janin dengan memberikan kalsium dari tulang sendiri. Nah, agar tulang ibu tetap kuat, kebutuhan kalsium harus selalu terpenuhi. 

Untuk itu, saat berbuka puasa, bumil sebaiknya perbanyak makan makanan tinggi kalsium. Contohnya seperti susu, keju, yoghurt, salmon atau sayuran hijau sejenis bayam atau pak choy. 

Makanan yang mengandung tambahan kalsium juga sebaiknya dikonsumsi, seperti sereal, roti, atau minuman dari kedelai. 

Itulah beberapa rekomendasi menu sehat untuk berbuka puasa bagi ibu hamil sesuai dengan kebutuhan asupan nutrisi. Selama berpuasa, pastikan ibu terpenuhi kebutuhan cairan, istirahat dan terhindar dari stres.

Apabila terdapat masalah kehamilan selama berpuasa, sebaiknya periksakan diri ke dokter kandungan. Konsultasi dapat dengan mudah dilakukan melalui Halodoc. Jadi, tunggu apalagi, yuk, langsung saja download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Dapatkan juga vitamin, obat, dan produk kesehatan lainnya yang menunjang kehamilan di  Toko Kesehatan Halodoc. Produk kesehatannya 100% asli dan tepercaya, diantar dalam waktu 1 jam, privasi dalam kemasan terjaga dengan baik.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Pregnancy diet: Focus on these essential nutrients
OASH. Diakses pada 2023. Eat Healthy During Pregnancy: Quick Tips
Web MD. Diakses pada 2024. Get the Calcium You Need During Pregnancy. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan