Menyimpan Dendam Berbahaya bagi Kesehatan Mental

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Januari 2023

“Menyimpan dendam dapat mengakibatkan masalah kesehatan mental. Beberapa di antaranya adalah depresi, gangguan kecemasan, gangguan stres pasca trauma, serta menurunkan imun tubuh.”

Menyimpan Dendam Berbahaya bagi Kesehatan MentalMenyimpan Dendam Berbahaya bagi Kesehatan Mental

Halodoc, Jakarta –  Drama asal Korea Selatan The Glory yang tayang Desember 2022 lalu menjadi viral. Tidak hanya karena ceritanya yang menguras emosi, melainkan kabar kalau drakor tersebut terinspirasi dari kisah nyata. 

Pada 2006 silam, pernah terjadi perundungan di negara tersebut mirip seperti adegan di The Glory. Lengan korban dijepit dengan catokan rambut kemudian badannya dipukul dengan tongkat baseball. Di serial The Glory, belasan tahun kemudian korban menuntut balas dengan menyiapkan rencana balas dendam. 

Bahaya Menyimpan Dendam bagi Kesehatan Mental

Perundungan tidak hanya menyebabkan luka fisik dan psikis. Lebih jauh dari itu, jika korban tidak bisa melupakan pengalaman buruk tersebut, emosi tersebut bisa menjadi dendam yang malah berbahaya untuk kesehatan mentalnya.

Menurut jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Journal of Social Psychiatry and Psychiatric Epidemiology, disebutkan kalau menyimpan dendam dapat menempat seseorang mengalami serangan jantung dan darah tinggi.

Tidak berhenti di situ, menyimpan dendam dan kemarahan dapat berdampak bagi kesehatan mentalnya. Berikut beberapa bahayanya:

1. Memicu gangguan kecemasan

Pengalaman buruk dari peristiwa perundungan membuat korban menjadi selalu awas. Ada rasa takut kalau kejadian tersebut terulang kembali, sehingga dia selalu bersikap waspada dan cemas. 

2. Mengalami depresi

Rasa sakit hati yang tidak tersalurkan dapat membuat seseorang mengalami depresi.

Tidak seperti kesedihan biasa, depresi dapat berlanjut selama berminggu-minggu, yang pada akhirnya mengganggu pekerjaan, relasi, dan membuat kamu tidak bisa menikmati hidup. 

3. Gangguan stres pasca trauma

Pengalaman buruk yang masih dipendam dan susah dilepaskan dapat memicu gangguan stres pasca trauma.

Gejala-gejala seperti kilas balik pengalaman buruk, tidur tidak lelap, overthinking, tekanan emosional, akan membayangi kehidupan orang dengan gangguan pasca trauma.

4. Mengalami panic disorder

Menyimpan dendam juga dapat membuat orang mengalami panic disorder. Biasanya ditandai dengan mengubah rutinitas, menciptakan kebiasaan baru, dan menghindari situasi tertentu yang mungkin mengingatkan akan peristiwa trauma tersebut.

Kondisi panic disorder bisa jadi muncul sebagai bentuk coping system perlindungan terhadap pengalaman buruk yang ingin dilupakan. 

Menyimpan Dendam Dapat Merusak Sistem Imun

Dendam juga bisa merusak sistem kekebalan tubuh. Ini disebabkan karena orang yang punya dendam senantiasa hidup dalam keadaan tegang.

Akibatnya, situasi ini menonaktifkan mekanisme perbaikan tubuh meningkatkan peradangan dan hormon stres kortisol dalam tubuh.

Berbeda dengan dendam, sikap memaafkan akan melibatkan sistem saraf parasimpatis, yang membantu sistem kekebalan tubuh berfungsi lebih efisien dan memberi ruang bagi hormon perasaan baik seperti serotonin dan oksitosin.

Otak tidak mengetahui apa yang nyata dan apa yang dibayangkan. Jika kamu mengingat kembali pengalaman yang dialami enam bulan lalu, tubuh akan bereaksi seolah-olah kamu mengalami pengalaman yang sama berulang kali.

Bayangkan jika yang kamu ingat adalah pengalaman buruk, itu berarti kamu membuat tubuh merasakan rasa sakit yang sama.

Memaafkan dan move on adalah langkah tepat yang perlu dilakukan ketimbang menyimpan dendam. Sikap memaafkan akan membantu kamu melepas rasa sakit dan emosi negatif. 

Jika kamu saat ini merasa sulit untuk melepaskan rasa sakit hati, kamu bisa konsultasikan masalah kesehatan mentalmu dengan psikolog lewat aplikasi Halodoc untuk melakukan janji medis.

Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga ya!

Referensi:
PsychCentral. Diakses pada 2023. What Are Anxiety Disorders?
Piedmont.org. Diakses pada 2023. What does holding a grudge do to your health?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan