Minuman Beralkohol Bisa Sebabkan Diare, Ini Penjelasannya

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   01 Januari 2021
Minuman Beralkohol Bisa Sebabkan Diare, Ini PenjelasannyaMinuman Beralkohol Bisa Sebabkan Diare, Ini Penjelasannya

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu minum alkohol dan kemudian membuat perutmu sakit hingga diare? Kenapa bisa demikian? Ketika kamu minum alkohol, alkohol bergerak ke dalam perut dan diserap bersama dengan nutrisi makanan ke dalam aliran darah melalui sel-sel di dinding perut. Kondisi ini memperlambat pencernaan alkohol.

Jika kamu belum makan, alkohol berlanjut ke ke usus kecil di mana ia melewati sel-sel dinding usus dengan cara yang sama, tetapi dengan kecepatan yang jauh lebih cepat. Kondisi ini yang memicu diare, terutama ketika perutmu kosong. Informasi selengkapnya mengenai alkohol bisa menjadi penyebab diare bisa dibaca di sini!

Alkohol Mudah Diserap Tubuh

Faktanya, alkohol mudah diserap oleh jaringan di tubuh. Begitu alkohol memasuki tubuh, alkohol masuk ke aliran darah di mana beberapa penyerapan terjadi di perut. Jika ada makanan di perut pada saat itu, kecepatan penyerapannya akan melambat. Inilah mengapa orang lebih cepat merasakan efek alkohol saat perut kosong.

Baca juga: 5 Penanganan untuk Atasi Gangguan Penyalahgunaan Zat

Setelah keluar dari perut, alkohol mulai diserap oleh usus kecil. Sebagian besar alkohol diserap di sini, tetapi sisanya masuk ke usus besar dan keluar bersama tinja dan urine. Perlu diketahui, alkohol dapat menyebabkan perubahan serius pada fungsi normal sistem pencernaan. Perubahan tersebut meliputi:

  1. Peradangan

Saluran gastrointestinal menjadi meradang saat bersentuhan dengan alkohol. Alkohol juga dapat menyebabkan lebih banyak produksi asam di perut, yang meningkatkan iritasi dan peradangan, sehingga menyebabkan diare.

  1. Penyerapan air

Air biasanya diserap dari makanan dan cairan yang mencapai usus. Usus besar mengeluarkan cairan dari tinja sebelum mengeluarkannya dari tubuh. Saat ada alkohol, usus besar tidak berfungsi dengan baik sehingga menyebabkan tinja cair dan terjadi dehidrasi.

  1. Pencernaan lebih cepat

Alkohol mengganggu usus dan menyebabkan mereka bereaksi dengan mempercepat pencernaan. Otot-otot di usus besar berkontraksi lebih sering, mendorong tinja keluar lebih cepat dari biasanya. Percepatan ini dapat menyebabkan diare, karena usus tidak punya waktu untuk mencerna makanan yang lewat dengan baik.

Baca juga: Waspada, Depresi Bisa Sebabkan Gangguan Penyalahgunaan Zat

  1. Ketidakseimbangan bakteri

Ada berbagai bakteri di usus yang bekerja untuk menjaga keseimbangan tubuh dengan menyerang patogen berbahaya. Alkohol dapat membunuh beberapa spesies bakteri atau membiarkan bakteri lain tumbuh dengan cepat, yang menyebabkan gangguan fungsi usus.

Kalau kamu punya pertanyaan seputar bahaya alkohol, tanyakan saja langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menanyakan masalah kesehatan apapun ke Halodoc dan dokter terbaik di bidangnya akan memberikan solusi. Cukup download aplikasi Halodoc dan kamu bisa berbicara dengan dokter, kapan saja dan di mana saja.

Semua Jenis Alkohol Bisa Memicu Diare?

Kemudian muncul pertanyaan, apakah semua minuman beralkohol yang dapat menyebabkan diare? Penting untuk diketahui kalau minuman beralkohol dapat memengaruhi setiap orang dengan cara yang berbeda.

Bir biasanya menjadi salah satu penyebab terbesar diare. Bir memiliki lebih banyak karbohidrat dibandingkan dengan bentuk alkohol lainnya. Tubuh bisa kesulitan memecah karbohidrat ekstra ini saat minum alkohol.

Baca juga: Konsumsi Alkohol Jangka Panjang Sebabkan Delirium Tremens

Wine juga dapat menyebabkan diare lebih sering pada orang-orang tertentu. Jika seseorang mengalami diare lebih banyak saat minum wine, mereka mungkin memiliki alergi terhadap tanin. Tanin adalah senyawa yang ditemukan di kulit buah anggur, dan reaksi terhadapnya dapat menyebabkan gejala sakit kepala, mual, dan diare.

Gula yang berlebihan dari minuman campuran juga dapat memperparah diare bagi sebagian orang. Kelebihan gula menyebabkan tubuh mendorong isi usus lebih cepat. Nah, apakah kamu termasuk orang yang kerap mengalami masalah pencernaan saat mengonsumsi alkohol? Selalu perhatikan setiap gejala yang terjadi pada tubuh agar mengetahui cara menanganinya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. What causes diarrhea after drinking alcohol?
Medical News Today. Diakses pada 2020. What causes diarrhea after drinking alcohol?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan