• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Minyak Kelapa Bisa Atasi Ruam Popok, Ini Penjelasannya

Minyak Kelapa Bisa Atasi Ruam Popok, Ini Penjelasannya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Berbagai gangguan kesehatan dapat dialami oleh bayi yang baru dilahirkan. Salah satu gangguan yang sangat umum terjadi adalah ruam popok. Kondisi yang dikenal juga dengan istilah diaper rash ini merupakan iritasi dan peradangan yang terjadi pada kulit bayi akibat penggunaan popok. Berbagai pemicu dapat menjadi alasan mengapa bayi mengalami ruam popok, mulai dari popok yang terlalu ketat, adanya infeksi pada kulit, hingga adanya paparan urine atau feses.

Baca juga: 4 Bahan Ini Bisa Atasi Ruam Popok pada Si Kecil

Ruam popok dapat menyebabkan bayi mengalami kemerahan dan iritasi pada kulit di daerah bokong, lipatan paha, hingga area kelamin bayi. Tentunya kondisi membuat bayi merasa tidak nyaman sehingga bayi akan lebih rewel. Segera atasi ruam popok agar kondisi kesehatan kulit bayi segera membaik. 

Berbagai pengobatan secara medis dapat dilakukan untuk mengatasi ruam popok, tetapi benarkah minyak kelapa dapat membantu atasi ruam popok dari rumah? Simak ulasannya, di sini!

Benarkah Minyak Kelapa dapat Membantu Mengatasi Ruam Popok?

Ruam popok menjadi salah satu gangguan kulit yang sering terjadi pada bayi, khususnya bayi yang baru dilahirkan. Meskipun kondisi ini tidak berbahaya, tetapi ruam popok yang tidak diatasi dengan baik dapat menyebabkan bayi menjadi lebih rewel. Umumnya, ruam popok dapat diatasi secara mandiri di rumah. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi ruam popok yang terbilang ringan di rumah:

  1. Menjaga popok tetap kering jika ibu menggunakan popok kain.
  2. Sering mengganti popok sekali pakai agar urine maupun feses tidak menumpuk dan menyebabkan infeksi atau adanya perkembangan bakteri.
  3. Memastikan sirkulasi udara pada area penggunaan popok sekali pakai maupun popok kain tetap terjaga dengan baik.
  4. Bersihkan bagian tubuh anak yang tertutup popok dengan baik.
  5. Hindari penggunaan sabun atau tisu basah yang mengandung pewangi atau alkohol untuk sementara.
  6. Cuci popok kain dengan tepat dan hindari pewangi.
  7. Jika menggunakan popok sekali pakai, pakaikan popok dengan ukuran yang lebih besar untuk sementara.

Baca juga: Ruam Popok Bisa Terjadi pada Orang Dewasa, Benarkah?

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan ibu untuk mengatasi ruam popok secara mandiri di rumah. Namun, benarkah penggunaan minyak kelapa juga dapat membantu ibu atasi ruam popok pada bayi? Melansir Healthline Parenthood, minyak kelapa menjadi salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan pada kulit serta menjaga kesehatan kulit. Termasuk dalam mengatasi ruam popok yang dialami oleh bayi.

Penggunaan minyak kelapa dapat membuat kulit bayi lebih lembap dan mengatasi iritasi yang terjadi lebih cepat. Menurut penelitian dalam sebuah jurnal International Journal of Molecular Sciences, bahkan minyak kelapa dinilai mampu mengatasi dermatitis atopik yang terbilang ringan pada anak-anak.

Minyak kelapa menjadi salah satu bahan alami yang cukup aman pada anak-anak. Namun, gunakan minyak kelapa dalam jumlah yang sedikit pada bagian yang mengalami masalah kulit saja. Biarkan minyak kelapa benar-benar kering pada kulit sebelum anak kembali menggunakan popok.

Pengobatan Ruam Popok Secara Medis

Segera gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter jika ruam popok yang dialami oleh anak tidak kunjung membaik dalam beberapa hari. Kunjungi rumah sakit terdekat dan lakukan pemeriksaan ketika ruam popok disertai dengan gejala lain, seperti demam, ruam menjadi luka, hingga muncul cairan dari ruam.

Baca juga: Ini Gejala dan Pengobatan Ruam Popok pada Bayi

Untuk mengatasi ruam popok, biasanya dokter akan menggunakan beberapa jenis krim untuk pengobatan, seperti krim hydrocortisone, krim antibiotik, hingga krim antijamur. Oleskan krim tersebut pada kulit bayi yang sudah dibersihkan dan kering. Untuk menghindari ruam popok, sebaiknya selalu jaga kebersihan area kelamin bayi, pastikan anak menggunakan popok yang tepat, segera ganti popok yang kotor atau basah agar kesehatan kulit bayi tetap terjaga dengan baik.

Referensi:
Healthline Parenthood. Diakses pada 2020. Is Coconut Oil a Safe and Effective Treatment for Diaper Rash?
International Journal of Molecular Sciences. Diakses pada 2020. Anti-Inflammatory and Skin Barrier Repair Effects of Topical Application of Some Plants Oil.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Diaper Rash.