• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta: Buah Naga Tak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Lambung
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta: Buah Naga Tak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Mitos atau Fakta: Buah Naga Tak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 21 Desember 2022

“Terkait keyakinan yang mengatakan buah naga tak boleh dikonsumsi pengidap penyakit asam lambung, hal ini masih belum bisa dibuktikan. Selain itu, buah naga merah, kuning, dan putih memiliki kisaran pH yang sama yang berkisar dari 6 hingga 7.”

Mitos atau Fakta: Buah Naga Tak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam LambungMitos atau Fakta: Buah Naga Tak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Halodoc, Jakarta – Penyakit asam lambung atau yang kerap dikenal dengan GERD merupakan gangguan kesehatan yang lazim menyerang masyarakat Indonesia. Selain dapat menyerang siapa saja, penyakit ini juga diketahui menimbulkan gejala yang dapat menghambat aktivitas pengidapnya.

Alhasil pengidap penyakit asam lambung perlu cermat dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi, khususnya buah. Sebab, beberapa buah diketahui mengandung asam yang malah dapat memperparah gejala GERD. 

Namun, bagaimana dengan buah naga? Iya, buah yang satu ini masih menjadi perdebatan. Lantaran menurut mitos yang beredar di masyarakat dianggap tak boleh dikonsumsi pengidap asam lambung. Berdasarkan keyakinan tersebut, penting untuk mengetahui faktanya agar tidak keliru.

Belum Ada Data Ilmiah yang Cukup

Jika kamu adalah pengidap GERD atau asam lambung, kamu pasti menyadari kalau beberapa makanan dapat memicu terjadinya heartburn. Makanan tersebut bahkan mungkin termasuk buah dan sayuran yang sehat. Misalnya seperti bawang putih, bawang merah, tomat, nanas atau jeruk. 

Nah, buah naga adalah buah padat nutrisi yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, terutama karena manfaat kesehatannya. Jika kamu belum pernah mencoba buah naga sebelumnya, kamu mungkin tidak tahu bagaimana buah tropis ini dapat memengaruhi gejala refluks asam.

Terkait keyakinan yang mengatakan buah naga tak boleh dikonsumsi pengidap penyakit asam lambung, hal ini masih belum bisa dibuktikan. Sebab, sampai sekarang belum ada penelitian atau data ilmiah yang benar-benar dapat memastikan efek buah naga pada refluks asam. 

Namun, profil nutrisi buah naga menunjukkan bahwa buah tersebut  aman untuk pasien refluks asam. Bahkan, buah ini dikabarkan dapat membantu mengatasi gejala refluks asam dengan memberikan nutrisi tertentu ke tubuh, seperti serat makanan.

Memiliki Kisaran pH yang Sama

Skala pH yang berkisar dari 0 – 14 digunakan untuk menentukan seberapa asam atau basa suatu zat. Segala sesuatu di bawah 7 bersifat asam, termasuk buah-buahan seperti stroberi dan bluberi. Sementara itu, makanan yang memiliki tingkatan pH di atas 7 bersifat basa, termasuk sebagian besar sayuran, rempah-rempah, dan kacang-kacangan.

Zat netral dengan pH 7 tidak bersifat asam atau basa. Misalnya, popcorn dan pisang adalah makanan netral karena skornya mendekati 7 pada skala pH. Nah, buah naga merah, kuning, dan putih memiliki kisaran pH yang sama. Semua varietas berkisar dari 6 hingga 7, sehingga dianggap agak asam atau netral. Dibandingkan dengan buah naga merah, buah naga kuning dan putih mengandung lebih banyak antioksidan dan mineral, tetapi itu tidak meningkatkan nilai pH-nya.

Sebaiknya Dikonsumsi saat Perut Tidak Kosong

Buah naga diketahui mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari air, karbohidrat, serat, gula, asam, zat besi, kalsium, hingga magnesium. Selain itu, buah ini juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin B1, B2, B3, dan C. Artinya, selain memiliki rasa yang manis, buah naga juga memiliki rasa asam. Nah, berdasarkan hal ini, buah naga sebaiknya dikonsumsi ketika perut sedang tidak kosong. Sebab, mengonsumsinya ketika perut kosong dikhawatirkan dapat meningkatkan kadar asam pada lambung. Hal ini pada dasarnya dapat memperparah gejala penyakit asam lambung ketika kambuh. 

Itulah penjelasan mengenai keyakinan yang mengatakan kalau pengidap penyakit asam lambung tidak boleh mengonsumsi buah naga. Jika kamu merupakan pengidap penyakit asam lambung, penting untuk senantiasa menjaga makanan yang akan dikonsumsi. Pastikan juga untuk memeriksakan kondisi kesehatanmu secara rutin. 

Jika saat ini kamu ingin memeriksakan kondisimu, kamu bisa membuat janji temu dokter di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Needed for Health. Diakses pada 2022. Is Dragon Fruit Good For Acid Reflux?
Tribun News. Diakses pada 2022. Bahaya Buah Naga untuk Penderita Asam Lambung. 
Food Champs. Diakses pada 2022. IS DRAGON FRUIT ACIDIC?