Mitos atau Fakta, Kucing Tidak Suka Terkena Air?

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   22 April 2021
  Mitos atau Fakta, Kucing Tidak Suka Terkena Air?  Mitos atau Fakta, Kucing Tidak Suka Terkena Air?

Halodoc, Jakarta – Ada apa antara kucing dan air, benarkah kucing tidak suka terkena air? Faktanya tidak demikian, tergantung dengan jenis kucingnya. Pada umumnya, semua kucing suka berinteraksi dengan air. 

Berinteraksi bukan berarti kucing senang diceburkan ke dalam air. Berinteraksi bisa dengan menyentuhkan dirinya dengan air yang mengalir atau membuat cipratan dari air yang tergenang. Intinya, kucing suka berinteraksi dengan air jika memang dia yang menghendakinya. Kucing bisa membersihkan dirinya sendiri, sehingga dia tidak suka kalau kamu memasukkannya ke dalam bak mandi atau menyemprotkannya dengan air.

Baca juga: Ketahui Seluk-beluk Merawat Anak Kucing

Kenapa Ada Kucing Tak Suka Air?

Sudah disebutkan sebelumnya, ada kucing yang suka dengan air dan ada yang tidak. Kalaupun si kucing suka dengan air, dia lebih senang memaparkan dirinya sendiri tanpa bantuan. Beberapa jenis kucing benar-benar menyukai air. Memercik dan mengais-ngais aliran air mungkin lebih berkaitan dengan permainan cahaya dan kilau air, sehingga membuat si kucing tertarik. 

Beberapa ras kucing memang dikenal gemar berenang, seperti Turkish Van, yang dijuluki “kucing perenang”. Lantas mengapa ada kucing yang suka air dan ada yang tidak suka? Untuk yang tidak suka air, berikut penjelasannya: 

1. Secara perilaku, kucing umumnya kurang toleran terhadap perubahan dan pengalaman baru bila dibandingkan dengan hewan peliharaan, contohnya anjing. Kucing yang tidak pernah terkena air mungkin tidak akan suka jika tubuhnya basah kuyup. Sedangkan kucing yang sering terpapar air ketika masih kecil mungkin lebih bisa menerima air ketika dewasa.

2. Kucing juga termasuk makhluk yang rumit. Mereka menghabiskan banyak waktu untuk merawat diri mereka sendiri dan kemungkinan besar mereka bukan penggemar berat memiliki sesuatu yang tidak berbau "normal" pada bulunya. Di mata kucing, kamu terkesan kurang kerjaan kalau memandikannya dengan air. 

3. Ada kemungkinan alasan biologis. Meskipun banyak kucing menyukai rasa ikan, mereka bukanlah makhluk laut atau sungai secara historis. Kucing peliharaan merupakan keturunan dari kucing yang biasanya hidup di daerah kering. Mereka tidak pernah belajar berenang karena tidak ada kebutuhan evolusioner untuk itu. Perilaku ini telah melekat pada kucing modern. 

4. Kucing bisa mencium bahan kimia di dalam air. Indra kucing terhadap bebauan sangat andal. Kamu mungkin tidak dapat mendeteksi bahan kimia dalam air keran, tetapi hidung kucing sangat sensitif. Kucing mungkin merasa tidak masalah untuk mencelupkan kakinya ke dalam air, tapi tidak jika merendam badannya dengan air yang sudah tercampur bahan kimia. Kucing tidak toleran terhadap bau di luar bau bulunya.

Baca juga: Tak Hanya Anjing, Kucing Juga Bisa Alami Rabies

Jenis Kucing yang Suka Air

Tidak semua kucing tidak menyukai air, tetapi ada juga kok jenis kucing yang suka air. Apa saja? 

1. Maine Coon

Kucing jenis Maine Coon suka dengan air dan tidak ragu untuk memerciki diri dengan air setiap ada kesempatan. Secara historis, kucing jenis Maine Coon dipercaya sebagai pengendali hama di kapal layar. Hal tersebut menjelaskan mengapa mereka begitu nyaman berada di sekitar perairan.

2. Turkish Van

Turkish Van adalah jenis kucing yang senang berenang. Anak kucing jenis ini sangat menyukai air, sehingga banyak pemilik hewan peliharaan ini mencari kolam kucing supaya kucingnya bisa berenang sesuka hati. 

3. Abyssinian

Kucing lain yang menyukai air adalah jenis Abyssinian. Kucing jenis ini tidak ragu mencelupkan cakarnya ke dalam bak air. 

Baca juga: 5 Masalah Kesehatan yang Umum Dialami Kucing

Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada kucing yang suka air dan tidak suka air. Pertanyaannya, ketika kucingmu kotor, apakah kamu bisa memandikannya, terlepas dia suka atau tidak suka air?

Dalam keadaan khusus, kamu sebenarnya bisa memandikan kucing. Ini bisa jadi rumit, tetapi titik awal yang baik adalah membuat hal-hal penting dengan benar. Pastikan kamu telah menyiapkan keset lantai antiselip, sampo khusus, handuk, dan sikat. Informasi selengkapnya mengenai perlu tidaknya atau cara memandikan kucing bisa kamu tanyakan pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc, ya!

Referensi:
PetMD. Diakses pada 2021. Pet Myths: Do Cats Really Hate Water?
Pets Best.com. Diakses pada 2021. 3 Reasons Why Cats Hate Water (And Why Some Like It!).
Purina. Diakses pada 2021. Why Do Cats Hate Water?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan