Pakai High Heels saat Hamil Bisa Memicu Nyeri Punggung

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   03 Februari 2021
Pakai High Heels saat Hamil Bisa Memicu Nyeri PunggungPakai High Heels saat Hamil Bisa Memicu Nyeri Punggung

Halodoc, Jakarta - Kata siapa sakit punggung cuma dimonopoli oleh lansia saja? Faktanya, banyak kok orang-orang di usia produktif, bahkan anak-anak yang mengalami kondisi ini. Penyebab nyeri punggung amat beragam, bisa dipicu oleh cedera hingga gerakan keliru. 

Nah, bagi wanita yang tengah mengandung, rasanya juga perlu waspada terhadap nyeri punggung. Pasalnya, nyeri punggung merupakan salah satu keluhan yang sangat umum terjadi pada wanita hamil. 

Lantas, apa sih penyebab nyeri punggung saat hamil? Benarkah penggunaan sepatu high heels bisa memicu kondisi ini?

Baca juga: Makin Besar, Ini Cara Atasi Nyeri Punggung Trimester Ketiga

Sepatu High Heels Membebani Otot Punggung 

Terdapat berbagai alasan wanita hamil yang masih ‘berani’ untuk mengenakan high heels, salah satunya untuk menambah rasa percaya diri. Namun, kebiasaan ini sebenarnya tidak direkomendasikan, pasalnya jenis sepatu ini bisa berdampak buruk bagi postur tubuh. Tak cuma itu saja, sepatu high heels juga bisa meningkatkan risiko terjadinya cedera. 

Lantas, apa sih hubungannya sepatu high heels dengan nyeri punggung pada ibu hamil? Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), sepatu high heels memang bisa nyeri punggung saat hamil.

Jenis sepatu ini dapat membuat postur tubuh condong ke arah depan dan menyebabkan kaki harus menambah ekstra beban tubuh. Nah, hal ini yang membebani otot punggung bagian bawah sehingga memicu nyeri punggung. 

Ketika berjalan dengan mengenakan sepatu high heels, otot-otot punggung dan lutut yang berperan dalam setiap pergerakan kaki, harus bekerja keras. Posisi ini juga membuat lutut mendapatkan tekanan lebih besar. Jenis sepatu ini juga membatasi pergerakan dan tenaga dari sendi pergelangan kaki. Singkat cerita, sepatu high heels berisiko memicu masalah bagi tubuh, salah satunya adalah nyeri punggung. 

Oleh sebab itu, bumil direkomendasikan untuk mengenakan sepatu yang nyaman agar terhindar dari nyeri punggung. Menurut ACOG, contohnya sepatu bertumit rendah (tetapi tidak datar) dengan penyangga lengkungan yang baik, seperti sepatu jalan (walking shoes) atau sepatu atletik (athletic shoes).

Baca juga: Langkah Sederhana untuk Atasi Sakit Punggung

Nah, untuk lebih jelasnya lagi, kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai alas kaki atau sepatu yang baik dan aman digunakan oleh bumil. 

Penyebab Nyeri Punggung Saat Hamil

Penyebab nyeri punggung pada bumil amat beragam, bukan hanya karena penggunaan sepatu high heels saja. Menurut para ahli, pertumbuhan bayi dan rahim yang semakin membesar juga memicu nyeri punggung.

Pertumbuhan janin dan rahim ini dapat menekan pembuluh darah dan saraf di area panggul dan punggung sehingga menimbulkan rasa nyeri. Selain itu, ada beberapa penyebab nyeri punggung saat hamil, yaitu:

  • Perubahan hormon.
  • Pertambahan berat badan.
  • Perubahan postur tubuh.
  • Jarang berolahraga.
  • Stres.

Baca juga: 8 Cara Simple Hindari Sakit Punggung

Nah, bagi bumil yang mengalami nyeri punggung saat hamil atau keluhan kesehatan lainnya, bisa kok memeriksakan diri ke rumah sakit pilihan. Sebelumnya, buat janji dengan dokter di aplikasi Halodoc sehingga tidak perlu mengantre sesampainya di rumah sakit. Praktis, kan? 



Referensi:
National Health Service - UK. Diakses pada 2021. Back pain in pregnancy
American Pregnancy Association. Diakses pada 2021. Back Pain During Pregnancy
Web MD. Diakses pada 2021. Back Pain in Pregnancy
American College of Obstetricians and Gynecologists. Diakses pada 2021. Back Pain During Pregnancy.
Verywell Health. Diakses pada 2021. Why High Heels Are Bad for You

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan