Penanganan Black Lung Disease yang Efektif Dilakukan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   19 Desember 2022

“Penanganan untuk kondisi black lung disease bisa dilakukan dengan cara konsumsi obat. Selain itu, ada juga program rehabilitasi untuk menjaga paru-paru supaya tetap bisa menjalankan fungsinya dengan baik.”

Penanganan Black Lung Disease yang Efektif DilakukanPenanganan Black Lung Disease yang Efektif Dilakukan

Halodoc, Jakarta –  Black lung disease adalah penyakit yang umumnya dialami oleh pekerja tambang akibat paparan debu dan partikel di area pertambangan. Sampai saat ini, penanganan yang dilakukan untuk kondisi ini adalah untuk meredakan gejala, mencegah kerusakan lebih lanjut pada paru-paru, dan meningkatkan kualitas hidup pengidapnya.

Penanganannya berupa konsumsi obat untuk menjaga saluran udara tetap terbuka dan pemberian oksigen tambahan. Program rehabilitasi fungsi paru-paru juga menjadi bagian dari penanganan efektif untuk kondisi ini.

Yuk baca informasi lengkap mengenai penyakit paru hitam di sini!

Penanganan Black Lung Disease

Tidak ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit ini. Semua perawatan yang ada bertujuan untuk meningkatkan kualitas paru dan kebertahanan hidup pengidapnya. 

Pengidapnya harus melakukan kunjungan rutin ke dokter untuk pemeriksaan keberlanjutan. Paru-paru perlu diuji secara rutin, mulai dari tes fungsi paru-paru atau rontgen dada untuk memantau perkembangan penyakit. 

Kemudian, pengelolaan gejala dapat dilakukan dengan menerapkan langkah-langkah berikut ini: 

  • Pertahankan berat badan dan nutrisi dengan diet seimbang. Jadi, pastikan untuk tetap aktif dengan berolahraga secara teratur tetapi berhati-hatilah agar tidak terlalu memaksakan diri.
  • Cegah infeksi pernapasan yang dapat memperburuk paru-paru. Ini dapat dilakukan dengan vaksinasi flu setiap tahun dan vaksin pneumonia pneumokokus seperti yang direkomendasikan oleh dokter.
  • Tetap waspada terhadap perubahan gejala sekecil apapun. Ini sangat penting untuk mengetahui perkembangan infeksi. Temui dokter sesegera mungkin jika ada yang gejala yang berkembang.
  • Miliki rencana untuk mengelola penyakit ketika terjadi wabah penyakit berbeda. Misalnya, di situasi pandemi COVID-19.

Dalam kasus yang sangat jarang, dokter mungkin merekomendasikan transplantasi paru-paru. Bila ini menjadi alternatif pengobatan, pengidapnya akan melewati banyak pengujian untuk memastikan bahwa kamu cukup sehat untuk operasi dan transplantasi. Dua metode pengobatan ini dilakukan karena menjadi pilihan terbaik guna meningkatkan kualitas hidup jangka panjang.

Paru-paru yang sehat akan tampak merah muda. Seperti namanya, pada pengidap black lung disease paru-parunya akan berwarna hitam yang disebabkan oleh debu tambang batu bara.

Kemudian, pada paru-paru akan ditemukan bintil-bintil hitam akibat bekas luka. Area hitam akan semakin membesar seiring dengan semakin parahnya bekas luka.

Cara Mendiagnosisnya

Tidak ada tes spesifik untuk mendiagnosis penyakit ini. Dokter akan menggunakan metode berbeda untuk menentukan apakah seseorang mengidap penyakit tersebut atau tidak. Adapun tesnya mencakup:

  • Catatan Riwayat Medis

Penyakit ini dikaitkan dengan pekerjaan tertentu, sehingga membuat dokter perlu tahu akan riwayat pekerjaan dan catatan medis orang yang diduga mengidap kondisi ini. 

  • Pemeriksaan Fisik

Pemeriksaan fisik memungkinkan dokter untuk memeriksa area dada dan mendengarkan pernapasan.

  • Tes Pernapasan

Tes ini akan mengukur seberapa baik paru-paru dapat menghirup oksigen.

  • Tes Pencitraan

Rontgen dada atau CT scan akan memungkinkan dokter untuk melihat ke dalam paru-paru untuk memeriksa bekas luka dan peradangan.

Informasi selengkapnya mengenai penanganan black lung disease yang efektif seperti apa bisa dibaca dengan download aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa bertanya langsung ke dokter dengan menggunakan Halodoc ya!

Homelab Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Is Black Lung Disease?
WebMD. Diakses pada 2022. What Is Black Lung Disease?
American Lung Association. Black Lung Disease.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan