• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penanganan Demam Anak Tanpa Drama dengan Trik Ini

Penanganan Demam Anak Tanpa Drama dengan Trik Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Saat anak demam, umumnya ia akan lebih “drama” dari biasanya. Anak menjadi tidak tenang, dan bisa saja terus-menerus menangis sehingga membuat ibu ikut tidak nyaman. Ketika orang dewasa sakit, kita bisa paham rasa tidak nyaman yang ditimbulkannya. Berbeda dengan anak-anak yang belum sepenuhnya paham bagaimana tubuh mereka bekerja.

Akhirnya, anak menjadi drama karena ia mengandalkan orangtuanya untuk dapat memberi kenyamanan saat sedang sakit. Jadi, orangtua harus pintar-pintar menyikapinya. Jangan khawatir, simak beberapa trik yang bisa dilakukan untuk membuat anak enggak drama meski sedang demam.

 

Jangan Paksa Anak Beristirahat Saat ia Tidak Mau

Biarkan anak memutuskan sendiri kapan mereka ingin beristirahat atau tidur. Cara ini ampuh untuk membuatnya merasa lebih nyaman. Pada anak-anak, demam biasanya muncul saat suhu tubuh lebih dari 37 derajat celcius. Banyak orangtua yakin bahwa semakin tinggi suhu tubuh anak maka makin parah sakitnya. Padahal tidak demikian, anak dengan suhu tubuh 37,9 bisa saja merasa nyaman dan masih aktif bermain.

Namun, saat demam membuat anak lemas, anak pasti sadar bahwa tubuhnya perlu istirahat dan ia tidak memaksakan dirinya untuk bermain. Tapi mungkin, ia masih ingin melakukan aktivitas yang disukai seperti bermain dengan mainannya, menonton televisi, atau main gadget. Biarkan ia melakukan aktivitas yang ia suka dan terpenting selalu mengawasi mereka. 

 

Buatlah Menu Sehat yang Kreatif

Umumnya, selera makan anak menurun saat sakit, dan bertambah rewel jika dipaksa makan. Daripada memaksanya makan, lebih baik ibu menyiasatinya dengan membuat menu kreatif namun tetap sehat. Ibu bisa tanyakan pada anak makanan apa yang sedang ia inginkan, dan buatlah makanan tersebut dalam versi yang lebih sehat. Ini juga berlaku untuk minuman. 

Memastikan anak terhidrasi dengan baik selama demam adalah hal yang penting karena suhu tubuh yang tinggi bisa sebabkan mereka mudah kehilangan cairan. Jika bosan minum air putih, ibu bisa memberikannya jus buah, smoothies, atau bahkan sup ayam yang hangat nan lezat sebagai pengganti air putih biasa. Selain itu, jangan memaksa anak makan saat ia tidak suka. Biarkan ia makan pelan-pelan saja, tetapi pastikan jangan sampai melewatkan makan sama sekali.

 

Ajak Anak Bercerita

Saat anak terus rewel, ibu bisa menggendongnya dan menceritakan sesuatu kepadanya. Ibu bisa mencoba bercerita menggunakan Hansaplast Cooling Fever yang memiliki motif karakter favorit anak yaitu Disney Frozen dan Marvel Avengers. Jadi, momen bercerita ibu untuk menghibur Si Kecil jadi semakin mudah, kan?

Aktivitas bercerita dan mengajak anak membuat cerita sendiri juga menjadi salah satu kiat mengatasi drama anak saat demam. Tidak hanya itu, Hansaplast Cooling Fever Disney ini juga akan memberikan sensasi sejuk di dahi anak sehingga penanganan demam anak lebih mudah dan menyenangkan. Cara mendapatkannya juga mudah, ibu bisa menggunakan aplikasi Halodoc dan membuka fitur beli obat. Hanya dalam waktu kurang dari satu jam, obat dan keperluan kesehatan akan dikirimkan langsung ke rumah ibu.

 

Pastikan Ibu Juga Tetap Tenang

Saat anak drama karena demam, mungkin ibu juga jadi lelah dan bingung cara menyikapinya. Usahakan untuk tetap tenang dan jangan tunjukkan muka kesal, marah atau lainnya. Hal ini bisa membuat anak tambah rewel. Lakukanlah hal-hal seperti yang disebutkan di atas. Saat anak tertidur pun, ibu juga bisa ikut tidur untuk beristirahat. 

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2019. How to Bring Down Baby Fever

Dr Steven Silvestro. Diakses pada 2019. Fever in Children: How to Treat and When to Worry.