Penanganan Mucormycosis yang Efektif Dilakukan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   16 Desember 2022

“Mucormycosis adalah infeksi akibat jamur yang dapat menimbulkan kondisi fatal jika dibiarkan. Maka dari itu, penanganan dari gangguan ini perlu dilakukan secara efektif dan sedini mungkin.”

Penanganan Mucormycosis yang Efektif DilakukanPenanganan Mucormycosis yang Efektif Dilakukan

Halodoc, Jakarta – Mucormycosis adalah penyakit yang disebabkan oleh jamur lalu menyebarkan infeksinya ke paru-paru. Gangguan ini perlu mendapatkan penanganan segera, sebab dapat menimbulkan masalah yang fatal jika dibiarkan. Tentu saja penanganan yang dilakukan perlu efektif dalam mengatasi infeksi yang menyebar.

Cara Efektif dalam Mengatasi Mucormycosis

Untuk mengatasi gangguan yang disebabkan oleh infeksi jamur ini, langkah paling awal yang dilakukan adalah dengan memberikan obat antijamur melalui intravena. Setelah itu, debridemen bedah juga perlu dijalankan. Tindakan ini dilakukan untuk memotong semua jaringan yang terinfeksi, agar infeksinya tidak menyebar luas.

Jika semua tindakan tersebut berjalan sesuai dengan rencana, dokter dapat melepas infus dan memberikan obat yang dikonsumsi secara oral. Beberapa obat yang umum diresepkan oleh dokter untuk mengatasi mucormycosis, antara lain:

  • Amfoterisin B (melalui infus).
  • Posaconazole (melalui infus atau oral).
  • Isavuconazole (melalui infus atau oral).

Jika obat di atas tidak bekerja dengan baik, beberapa alternatif lain akan diberikan seperti flukonazol, vorikonazol, dan echinocandins.

Seseorang yang mengidap kondisi ini perlu mendapatkan tindakan pengobatan ini sesegera mungkin. Jangan sampai infeksi yang masuk ke dalam tubuh sudah menyebar luas, sebab sesuatu yang fatal atau bahkan kematian bisa terjadi.

Cara Mencegah Mucormycosis Sebelum Terjadi

Sebelum mengetahui cara pencegahannya, perlu paham cara penyebaran dari jamur  penyebab penyakit ini. Seseorang dapat mengalaminya akibat melakukan kontak dengan spora jamur di lingkungan. Contohnya, seseorang bisa saja menghirup spora dari udara, sehingga infeksi pada paru-paru atau sinus terjadi. 

Infeksi ini juga dapat masuk ke tubuh melalui kulit yang tergores, terluka, atau jenis cedera kulit lainnya. Meski begitu, tidak perlu khawatir tertular dari orang lain karena penyebarannya tidak terjadi antara manusia ataupun hewan.

Selain itu, cara mencegah infeksi ini terjadi adalah dengan melakukan perawatan diri. Pada seseorang dengan sistem kekebalan yang lemah, pastikan untuk melindungi diri dengan baik saat di luar ruangan. Contohnya, kenakan masker dan membalut luka yang ada hingga sembuh.

Perlindungan tambahan lainnya yang bisa dilakukan adalah menghindari keluar rumah saat musim panas. Sebab, saat hal tersebut terjadi akan ada peningkatan jumlah jamur di lingkungan dan berpotensi berterbangan di udara.

Lalu, jika kamu bekerja yang melibatkan kontak dengan tanah atau debu, seperti di perkebunan, cobalah untuk menerapkan hal ini:

  • Gunakan sepatu, celana panjang, dan baju lengan panjang saat bekerja atau bepergian ke area hutan.
  • Kenakan sarung tangan saat harus berinteraksi dengan tanah, lumut, atau pupuk.
  • Untuk mengurangi risiko terjadinya infeksi pada kulit, gunakan sabun dan air setelah beraktivitas seharian.

Nah, itulah beberapa cara penanganan dan pencegahan dari mucormycosis, infeksi akibat jamur yang berbahaya. Maka dari itu, jika kamu memiliki risiko untuk mengidap penyakit ini, sebaiknya selalu mempraktekkan cara pencegahannya. Terlebih jika kamu memiliki sistem imunitas yang lemah dan bekerja di area perkebunan.

Apabila masih memiliki pertanyaan lainnya, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk berinteraksi langsung dengan ahlinya. Hanya dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan terkait akses kesehatan bisa didapatkan kapan dan dimana saja. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Mucormycosis.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2022. Mucormycosis.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan