Pengobatan Kanker, Ini Prosedur Melakukan Kemoterapi

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   03 Februari 2023

“Kemoterapi biasanya diberikan dalam bentuk pil atau langsung ke pembuluh darah melalui suntikan atau infus. Secara umum, memiliki berbagai manfaat seperti mengurangi kemungkinan penyebaran kanker.”

Pengobatan Kanker, Ini Prosedur Melakukan KemoterapiPengobatan Kanker, Ini Prosedur Melakukan Kemoterapi

Halodoc, Jakarta – Saat ini penyakit kanker payudara tengah ramai dibicarakan di internet. Lantaran seorang komedian tanah air, Nunung ‘Srimulat’, yang didiagnosis terkena penyakit tersebut. 

Adapun, Nunung sudah menjalani biopsi atau pemeriksaan jaringan kankernya. Namun, wanita 59 tahun tersebut merasa enggan untuk menjalani operasi dan kemoterapi karena merasa takut. Padahal, kemoterapi merupakan salah satu prosedur medis yang penting dalam perawatan kanker. 

Persiapan yang Perlu Dilakukan

Sebelum kemoterapi dilakukan, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan oleh pengidap kanker, yaitu: 

  • Minta bantuan orang lain. Mencuci pakaian, membeli bahan makanan, dan melakukan tugas lain mungkin terlalu sulit untuk dilakukan pengidap kanker pasca kemoterapi. Karena itu, cobalah untuk meminta bantuan orang lain sedari dini untuk menyelesaikan aktivitas tersebut. 
  • Antisipasi efek samping. Tanyakan kepada dokter terkait efek samping apa yang mungkin dapat dialami dan bagaimana mengatasinya. Jika infertilitas bisa menjadi efek samping dan pengidap kanker ingin mengandung anak, mereka mungkin perlu menyimpan dan membekukan sperma, sel telur, atau embrio yang telah dibuahi. 
  • Mulailah terapi kelompok. Berbicara dengan seseorang di luar keluarga dan lingkaran teman tentang apa yang dialami mungkin dapat membantu pengidap kanker tetap optimistis. 

Prosedur Kemoterapi 

Kemoterapi biasanya diberikan dalam bentuk pil atau langsung ke pembuluh darah melalui suntikan atau infus. Selain dua bentuk ini, kemoterapi juga dapat diberikan dengan beberapa cara lain yaitu:

  • Kemoterapi dapat diberikan langsung ke dalam tumor, tergantung pada lokasi tumor. Jika pengidap kanker menjalani operasi untuk mengangkat tumor, dokter dapat menanamkan cakram obat yang larut untuk melepaskan obat dari waktu ke waktu dalam tubuh.
  • Beberapa kanker kulit dapat diobati dengan krim kemoterapi.
  • Kemoterapi dapat diberikan ke bagian tubuh tertentu melalui pengobatan lokal, seperti langsung ke perut, dada, sistem saraf pusat, atau ke kandung kemih melalui uretra.
  • Beberapa jenis kemoterapi dapat diminum melalui pil.
  • Obat kemoterapi cair dapat diberikan dalam satu suntikan, atau kamu dapat memasang port tempat jarum dimasukkan untuk setiap perawatan. Metode infus dengan port hanya melibatkan rasa sakit di tempat suntikan selama kunjungan pertama. Tetapi jarum port dapat mengendur tergantung pada tingkat aktivitas yang dilakukan pengidap kanker.

Lokasi pengidap kanker menerima perawatan kemoterapi akan bervariasi. Sebab, hal ini tergantung pada jenis kanker yang diidap sekaligus metode pengiriman yang dipilih dann diperlukan. Misalnya, jika pengidap kanker menggunakan krim atau pil, dirinya bisa melakukan perawatan sendiri di rumah. Prosedur lain biasanya dilakukan di rumah sakit atau pusat pengobatan kanker.

Sementara itu, jadwal kemoterapi, seperti seberapa sering seseorang menerima perawatan, akan disesuaikan. Jadwal ini dapat diubah jika tubuh pengidap kanker tidak menangani pengobatan dengan baik. Selain itu jadwal juga dapat ditingkatkan atau dikurangi tergantung pada seberapa baik sel kanker bereaksi terhadap pengobatan.

Manfaat Kemoterapi

Secara umum, kemoterapi digunakan memiliki sejumlah manfaat bagi pengidap kanker, yaitu:

  • Menurunkan jumlah total sel kanker dalam tubuh. 
  • Mengurangi kemungkinan penyebaran kanker. 
  • Mengecilkan ukuran tumor. 
  • Mengurangi gejala yang dirasakan pengidapnya saat ini. 

Jika seseorang telah menjalani operasi untuk mengangkat tumor kanker, seperti lumpektomi untuk kanker payudara, ahli onkologi mungkin merekomendasikan kemoterapi. Tujuannya untuk memastikan bahwa sel kanker yang tersisa juga terbunuh. Dalam kasus kanker stadium akhir, prosedur ini juga dapat membantu menghilangkan rasa sakit.

Itulah penjelasan mengenai prosedur kemoterapi dalam pengobatan kanker. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar kanker atau memiliki keluhan kesehatan, segeralah hubungi dokter. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc kamu bisa tanya dokter tepercaya untuk mendapatkan informasi medis yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Chemotherapy.
Healthline. Diakses pada 2023. Chemotherapy. 
Detik Health. Diakses pada 2023. Didiagnosis Kena Kanker Payudara, Nunung Srimulat Takut Kemoterapi. 

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan