• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pengobatan Kanker Usus Besar Berdasarkan Stadium
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pengobatan Kanker Usus Besar Berdasarkan Stadium

Pengobatan Kanker Usus Besar Berdasarkan Stadium

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 25 Agustus 2021
Pengobatan Kanker Usus Besar Berdasarkan Stadium

“Ada banyak pilihan pengobatan yang bisa diambil dokter untuk menangani kanker usus besar. Umumnya, langkah pengobatan yang diambil didasarkan pada stadium atau tingkat keparahan kanker. Ada yang hanya memerlukan operasi, ada pula yang memerlukan terapi lanjutan.”


Halodoc, Jakarta - Seperti namanya, kanker usus besar terjadi ketika sel-sel kanker menyerang usus besar atau kolon. Pengobatan kanker usus besar sebagian besar didasarkan pada stadium kanker. Namun, dokter juga bisa mempertimbangkan faktor lainnya yang tidak kalah penting.

Seseorang dengan kanker usus besar yang belum menyebar ke tempat yang jauh biasanya menjalani operasi sebagai pengobatan utama atau pertama. Selain itu, kemoterapi dapat digunakan setelah operasi (disebut pengobatan adjuvant), selama sekitar 6 bulan.

Baca juga: Mengidap Kanker Usus Besar, Ini Gejalanya

Memahami Pengobatan Kanker Usus Besar

Seperti disinggung tadi, pengobatan kanker usus besar biasanya tergantung pada stadium atau tingkat keparahan kanker. Berikut ini pengobatan yang bisa dilakukan berdasarkan stadium kanker:

1.Stadium 0

Karena kanker usus besar stadium 0 belum tumbuh melampaui lapisan dalam usus besar, pembedahan untuk mengangkat kanker sering kali merupakan satu-satunya pengobatan yang diperlukan. 

Pada kebanyakan kasus, hal ini dapat dilakukan dengan menghilangkan polip atau mengambil area kanker melalui kolonoskop (eksisi lokal). Pengangkatan sebagian usus besar (kolektomi parsial) mungkin diperlukan jika kanker terlalu besar untuk diangkat dengan eksisi lokal.

2.Stadium I

Kanker usus besar stadium I telah tumbuh lebih dalam ke lapisan dinding usus besar, tetapi belum menyebar ke luar dinding usus besar itu sendiri atau ke kelenjar getah bening di dekatnya. 

Jika polip diangkat sepenuhnya selama kolonoskopi, tanpa sel kanker di tepi (margin) potongan yang diangkat, tidak ada perawatan lain yang mungkin diperlukan. Jika kanker di polip tingkat tinggi, atau ada sel kanker di tepi polip, operasi lebih lanjut mungkin direkomendasikan. 

Pengidap kanker usus besar mungkin juga disarankan untuk menjalani lebih banyak operasi jika polip tidak dapat diangkat sepenuhnya atau jika harus diangkat dalam banyak bagian, sehingga sulit untuk melihat apakah sel kanker berada di tepinya.

Untuk kanker tidak dalam polip, kolektomi parsial operasi untuk mengangkat bagian usus besar yang terkena kanker dan kelenjar getah bening di dekatnya adalah pengobatan standar. Biasanya tidak memerlukan perawatan lagi.

3.Stadium II

Banyak kanker usus besar stadium II telah tumbuh melalui dinding usus besar, dan mungkin ke jaringan terdekat, tetapi mereka belum menyebar ke kelenjar getah bening.

Pembedahan untuk mengangkat bagian usus besar yang mengandung kanker (kolektomi parsial) bersama dengan kelenjar getah bening di dekatnya mungkin merupakan satu-satunya pengobatan yang diperlukan. 

Namun, dokter mungkin merekomendasikan kemoterapi ajuvan (kemo setelah operasi) jika kanker memiliki risiko lebih tinggi untuk datang kembali (berulang). 

Baca juga: Kenali 12 Penyebab Kanker Usus Besar

4.Stadium III

Kanker usus besar stadium III biasanya telah menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya, tetapi belum menyebar ke bagian lain dari tubuh. Pembedahan untuk mengangkat bagian usus besar dengan kanker (kolektomi parsial) bersama dengan kelenjar getah bening di dekatnya, diikuti dengan kemo adjuvant adalah pengobatan standar untuk tahap ini.

Untuk beberapa kanker usus besar stadium lanjut yang tidak dapat diangkat sepenuhnya melalui pembedahan, kemoterapi neoadjuvant yang diberikan bersama dengan radiasi (juga disebut kemoradiasi) mungkin direkomendasikan untuk mengecilkan kanker sehingga dapat diangkat kemudian dengan pembedahan. 

5.Stadium IV

Kanker usus besar stadium IV biasanya telah menyebar dari usus besar ke organ dan jaringan yang jauh. Kanker usus besar paling sering menyebar ke hati, tetapi juga dapat menyebar ke tempat lain seperti paru-paru, otak, peritoneum (lapisan rongga perut), atau ke kelenjar getah bening yang jauh.

Dalam kebanyakan kasus, operasi tidak mungkin untuk menyembuhkan kanker ini. Namun, jika hanya ada beberapa area kecil penyebaran kanker (metastasis) di hati atau paru-paru dan mereka dapat diangkat bersama dengan kanker usus besar, pembedahan dapat membantu hidup lebih lama.

Kemoterapi biasanya juga diberikan setelah operasi. Dalam beberapa kasus, infus arteri hepatik dapat digunakan jika kanker telah menyebar ke hati. Namun, jika kanker telah menyebar terlalu banyak untuk mencoba menyembuhkannya dengan operasi, kemoterapi adalah pengobatan utama.

Itulah berbagai pengobatan untuk kanker usus besar berdasarkan stadiumnya. Buatlah janji dengan dokter di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc, untuk membicarakan lebih lanjut seputar langkah pengobatan yang bisa dilakukan, karena setiap pengidap bisa saja membutuhkan penanganan yang berbeda.

Referensi:
American Cancer Society. Diakses pada 2021. Treatment of Colon Cancer, by Stage.
WebMD. Diakses pada 2021. What Are Colorectal Cancer Treatments by Stage?