Penting, Ini Beberapa Titik Akupunktur yang Dapat Atasi Sakit Kepala

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   31 Januari 2023

“Ada empat titik akupunktur yang dapat diberikan tekanan untuk mengatasi sakit kepala. Mulai dari titik tekanan telinga, titik tekanan tangan, hingga drilling bamboo atau titik kandung kemih 2.”

Penting, Ini Beberapa Titik Akupunktur yang Dapat Atasi Sakit KepalaPenting, Ini Beberapa Titik Akupunktur yang Dapat Atasi Sakit Kepala

Halodoc, Jakarta – Saat ini perawatan tradisional akupuntur merupakan salah satu perawatan yang memiliki banyak peminat. Sebab, perawatan ini diklaim dapat mengatasi berbagai masalah pada tubuh. Salah satunya adalah mengatasi sakit kepala atau migrain. Hal ini dilakukan dengan merangsang titik-titik tertentu yang terletak di sejumlah bagian tubuh. 

Ketika titik tersebut dirangsang, hal ini diyakini dapat memberikan kelegaan dan ketenangan sehingga meredakan sakit kepala. Nah, jika saat ini kamu berpikiran untuk melakukan akupunktur demi mengatasi sakit kepala, sebaiknya ketahuilah apa saja titik yang perlu diberi rangsangan. 

Titik Akupunktur untuk Mengatasi Sakit Kepala

Meski diklaim dapat memberikan sejumlah manfaat, teknik ini tidak boleh sembarangan dipraktikkan. Karena itu, akupunktur hanya boleh dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman dan bersertifikat. Untuk prosedurnya, akupunktur membagi tubuh menjadi serangkaian zona dan titik tekanan. 

Nantinya jarum akupunktur dimasukkan ke titik-titik tekanan yang berbeda, tergantung pada gejala. Titik jarum ini biasanya berada di dekat saraf di tubuh. Jarum merangsang saraf untuk melepaskan hormon, seperti endorfin, yang memicu respons dari tubuh. Stimulasi sistem kekebalan dan sirkulasi inilah yang diklaim oleh para pendukung akupunktur meredakan migrain dan sakit kepala karena tegang.

Berikut adalah beberapa titik akupunktur untuk mengatasi sakit kepala: 

1. Titik Tekanan Telinga

Ada beberapa titik tekanan di sekitar telinga yang dapat membantu meringankan beberapa gejala migrain. Contohnya termasuk:

  • Gerbang telinga. Terletak di antara bagian atas telinga dan pelipis. Menggosok atau memberi tekanan pada titik ini dapat meredakan nyeri wajah atau nyeri rahang.
  • Puncak telinga. Titik ini terletak di ujung telinga. Adapun menerapkan tekanan langsung ke area ini diyakini dapat membantu mengurangi rasa sakit yang terkait dengan sakit kepala migrain.

2. Titik Tekanan Tangan

Untuk meredakan sakit kepala, seseorang dapat mencoba menggosok titik tekanan di tangan yang disebut “Hegu” atau “LI-4”. Titik tekan ini terletak di pangkal ibu jari dan jari telunjuk. Pusat Kanker Memorial Sloan Kettering menunjukkan bahwa memberikan tekanan pada Hegu dapat membantu meringankan sakit kepala. 

3. Titik Tekanan Kaki

Merangsang titik akupresur tertentu di kaki juga dapat membantu meringankan gejala migrain. Contohnya termasuk:

  • Great Surge, Tai Chong, atau Liver 3. Letaknya sekitar 1 sampai 2 inci dari pangkal jempol kaki dan telunjuk kaki. Menerapkan tekanan di sini dapat membantu menghilangkan insomnia atau kecemasan, dan dapat menurunkan tekanan darah.
  • Titik GB41. Terletak di belakang jari kaki keempat dan kelima pada kaki. Beberapa bukti menunjukkan bahwa memberikan tekanan pada titik ini dapat membantu mengurangi jumlah serangan migrain yang dialami seseorang.
  • Titik bergerak atau Liver 2. Terletak di antara jempol kaki dan telunjuk kaki. Beberapa bukti menunjukkan bahwa memberikan tekanan pada titik ini dapat membantu mengurangi rasa sakit yang terkait dengan sakit kepala migrain.

4. Drilling Bamboo

Drilling bamboo atau Kandung Kemih 2 merupakan titik akupunktur yang letaknya ada di kedua sisi hidung, dekat tempat menyambung alis. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa akupunktur di lokasi ini mungkin sama efektifnya dengan pengobatan dalam mencegah serangan migrain. Namun, penelitian ini masih perlu dilakukan secara lebih mendalam. 

Itulah beberapa titik akupunktur untuk meredakan sakit kepala. Namun, praktik ini tidak boleh dilakukan secara sembarang. Karena itu, pastikan untuk memilih praktisi berpengalaman jika kamu ingin melakukan akupunktur. Di sisi lain, pastikan juga untuk periksakan kondisi kesehatan secara berkala. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi berbagai masalah kesehatan sedari dini. 

Jika kamu ingin memeriksakan diri, kamu bisa melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu lama. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2023. Acupuncture for Headaches and Migraines. 
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2023. Acupuncture for headache. 
Medical News Today. Diakses pada 2023. Acupressure points for migraine relief: What to know. 

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan