• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pentingnya Menjaga Kebersihan Kaki untuk Mencegah Cantengan

Pentingnya Menjaga Kebersihan Kaki untuk Mencegah Cantengan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Kuku yang bersih dan sehat dapat membuat kamu terhindar dari banyak gangguan yang dapat terjadi. Salah satu gangguan yang dapat terjadi ketika kebersihan kaki tidak terjaga adalah cantengan. Hal ini terjadi akibat kuku di jempol kaki tumbuh hingga menusuk ke dalam kulit bahkan daging.

Saat gangguan ini terjadi, rasa sakit yang parah dapat terasa karena perasaan tertusuk oleh kuku. Jika dibiarkan, bengkak dapat terjadi hingga mungkin infeksi yang serius. Maka dari itu, kamu harus tahu cara yang efektif untuk mencegah cantengan pada kaki. Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan kaki. Berikut cara membersihkan kaki yang baik!

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Kuku Cantengan

Cara Efektif Mencegah Cantengan

Cantengan atau kuku kaki tumbuh ke dalam adalah kondisi yang umum terjadi saat sisi-sisi kuku tumbuh hingga menusuk ke dalam kulit dan daging. Hal ini dapat menimbulkan rasa sakit, bengkak, hingga infeksi jika tidak segera diatasi. Kuku yang biasanya mengalami gangguan ini adalah jempol kaki.

Umumnya, seseorang yang mengalami cantengan dapat mengatasi gangguan ini sendiri tanpa bantuan medis. Jika rasa sakitnya parah atau sudah menyebar, dokter dapat mengambil beberapa langkah medis untuk menghilangkan perasaan tersebut. Selain itu, hal ini juga dapat mencegah komplikasi yang dapat timbul saat seseorang mengalami pertumbuhan kuku yang masuk ke dalam daging.

Maka dari itu, kamu harus mengetahui beberapa cara yang efektif untuk mencegah cantengan. Hal ini umumnya berhubungan dengan menjaga kebersihan kaki. Berikut beberapa caranya:

  • Hindari untuk memotong kuku terlalu pendek dan tidak rata pada sudut-sudutnya, tetapi dipotong secara lurus.
  • Selalu menggunakan kaus kaki dan sepatu yang pas atau tidak kekecilan. Kamu harus bisa menggoyangkan jari-jari kaki dengan mudah meski di dalam sepatu.
  • Pastikan untuk menghindari pada jari-jari kaki. Jika kamu melakukan olahraga yang membutuhkan banyak gerakan kaki, cobalah untuk melepaskan alas kaki selama satu hingga dua jam setelahnya.
  • Pastikan untuk rajin membersihkan kaki dan mengeringkan kaki sebelum menggunakan alas kaki.

Jika kamu masih mempunyai pertanyaan terkait cara mencegah cantengan yang lebih efektif, dokter dari Halodoc siap membantu untuk memberi saran yang jitu. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc dan manfaatkan fitur Chat atau Voice/Video Call pada aplikasi tersebut!

Baca juga: Jangan Biarkan Cantengan Kalau Tak Mau Dioperasi

Terkadang, meski sudah melakukan semua cara untuk mencegah cantengan, gangguan tersebut tetap terjadi. Meski begitu, beberapa pengobatan rumahan dapat dilakukan untuk mengatasinya jika tidak menunjukkan tanda-tanda infeksi, seperti bengkak dan berbau busuk. Berikut adalah beberapa metode rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi cantengan:

1. Rendam dalam Air Sabun yang Hangat

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi cantengan yang terjadi adalah merendam jari yang mengalaminya ke air sabun yang hangat. Hal ini dapat membantu untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang timbul. Kamu dapat merendam kaki tiga kali sehari selama 20 menit agar gangguan tersebut hilang. Selain itu, menambahkan garam epsom juga dapat membuat air rendaman menjadi lebih efektif untuk mengatasi pertumbuhan kuku berlebih tersebut.

2. Rendaman Cuka Apel

Cuka apel adalah obat tradisional yang dapat digunakan untuk mengatasi gangguan jari kaki yang tumbuh ke dalam ini. Saat dicampur dengan air, kandungan antiseptik dan anti-peradangan dapat memberi efek baik pada gangguan kaki tersebut. Kamu hanya perlu mengisi air hangat pada baskom dan campur dengan beberapa sendok cuka apel. Rendam kaki selama 20 menit setiap hari dan keringkan setiap habis direndam.

Baca juga: Cantengan Tak Kunjung-Kunjung Sembuh, Apa Alasannya?

Itulah pembahasan mengenai cara mencegah dan mengatasi cantengan yang terjadi pada kuku kaki tersebut. Dengan mengetahui beberapa hal yang ampuh untuk cegah cantengan, diharapkan gangguan tersebut dapat kamu hindari selamanya. Sehingga, kesehatan kaki dapat terjaga sepenuhnya.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. How to Prevent and Treat Ingrown Toenails.
Healthline. Diakses pada 2020. Ingrown Toenail: Remedies, When to See Your Doctor, and More.